Apa Itu Lean Startup? Cari Tahu Pengertian dan Manfaatnya di Sini! - KangMasroer.Com

Apa Itu Lean Startup? Cari Tahu Pengertian dan Manfaatnya di Sini!

Apa Itu Lean Startup? Cari Tahu Pengertian dan Manfaatnya Disini!

Lean startup merupakan metode populer dalam membangun sebuah perusahaan startup namun masih ada saja yang belum memahami mengenai makna sebenarnya beserta manfaatnya. 

Nah, bagi kamu yang pensaran mengenai Lean startup. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini. 

Apa Itu Lean Startup? 

Lean startup merupakan metode dalam membangun perusahaan startup dimana metode ini dilakukan dengan menguji sebuah protipe pada konsumen sehingga perusahaan bisa memperoleh feedback dari konsumen terkait sebuah produk yang sedang mereka kembangkan. 

Dengan metode ini maka perusahaan bisa mengumpulkan sebanyak mungkin masukan agar meningkatkan bisnis yang dikelola sesuai dengan keinginan konsumen. Metode ini juga menjadikan perusahaan untuk menciptakan sebuah produk yang paling tepat sesuai kebutuhan kebanyakan konsumen. 

Manfaat Lean Startup 

Metode lean startup ini memberikan banyak manfaat untuk perusahaan startup. Salah satu manfaatnya bisa menjadikan perusahaan berkembang lebih baik lagi kedepannya. 

Tujuan utama lean startup ini adalah untuk memperoleh masukan dari para pengguna supaya perusahaan bisa mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari produk bisnis yang akan mereka luncurkan nantinya. Sehingga kedepannya mereka bisa melakukan segala perbaikan untuk produk yang sesuai dengan keinginan para konsumen. 

Tujuan lainnya dari lean startup ini adalah untuk memastikan sseperti apa respon pasar atau konsumen terhadap produk yang diluncurkan supaya bisa melihat apakah produk tersebut cukup berhasil di masyarakat atau tidak. 

Sehingga perusahan bisa memutuskan untuk meluncurkan produk yang layak dikembangkan serta mana yang tidak layak dikembangkan. 

Tujuan lainnya dari lean startup ini adalah untuk membantu dalam menentukan rencana bisnis yang optimal. Metode ini akan memudahkan perusahaan memahami mana langkah terbaik yang dipilih untuk mengembangkan usaha sehingga perusahaan bisa berkembang lebih baik lagi kedepannya. 

Prinsip Dasar Lean Startup 

Prinsip dasar dari lean startup ini adalah untuk melakukan pendekatan terhadap pembuatan serta pengelolaan bisnis startup yang berkeinginan untuk menyampaikan produk agar lebih cepat sampai ke tangan konsumen. 

Metode ini juga memberikan manfaat bagi anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melanjutkan proses produksi sampai waktu perbaikan agar tidak membuang tenaga dan waktu. Berikut beberapa prinsip lean startup yang harus anda ketahui: 

1. Entrepreneurs are Everywhere 

sebagai seorang wirausaha sudah seppantasnya anda harus membuka diri untuk mendapatkan relasi yang lebih flkesibel. Anda harus mengamati banyak perkembangan bisnis serta mengembangkan startup dengan cara konvensional. 

Untuk itu jalankan bisnis ini tanpa batasan tempat dan lokasi sehingga anda bisa berkembang lebih baik lagi kedepannya. 

2. Entrepreneurs is Management 

Startup merupakan sebuah institusi yang tidak hanya mengembangkan sebuah produk melainkan diibutuhkan juga manajemen yang sesuai dengan jenis startup yang dikembangkan. 

Jaringlah sebanyak mungkin masukan dari para konsumen yang sudah menggunakan produk anda secara rutin. Tentu saja sebuah produk tidak dapat dinlai tanpa memperoleh penilaian dari para penggunanya. 

Sehingga pengalaman pengguna ini merupakan bagian yang sangat penting dari metode lean startup dalan menjalankan bisnis. 

3. Validated learning 

Startup tidak hanya menghasilkan produk atau jasa saja melainkan uang dan melayani konsumen. Startup hadir untuk mempelajari bagaimana sebuah bisnis agar bisa berjalan denga baik kedepannya. 

Dalam proses mempelajarinya dilakukan dengan menjalankan eksperimen yang setiap elemennya bisa dites dan disesuaikan dengan visi perusahaan tersebut. 

Diiperlukan juga manajemen yang tepat dalam mengelola startup salah satunya penentuan langkah manajemen yang sesuai sehingga nantinya bisa mencapai tujuan awal didirikannya startup itu sendiri karena manajemen yang  baik. 

4. Innovation Accounting 

Anda juga hrus mengukur progress, langkah selanjutnya dan memprioriitaskan pekerjaan yang sekiranya sangat penting. Hala ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan dan penerapan akuntasi yang benar. 

Dengan melihat data angka yang terdapat di pembukuan, anda bisa melihat progress penghasilan bisnis yang anda kembangkan. 

5. Build Measure Learn 

Kegiatan dasar perusahaan startup adalah untuk mengubah ide menjadi produk dengan mengukur respon dan tanggapan konsumen serta belajar untuk melanjutkan strategi yang tepat di waktu akan datang. 

Metode lean startup ini merupakan kerangka kerja yang menemukan dan memvalidasi jika anda mengidentifikasi pasar untuk produk, membangun fitur-fitur sesuai kebutuhan konsumen, menguji metode yang benar untuk mendapatkan konsumen serta menggunakan SDM terbaik untuk memperbesar skala bisnis anda. 

Fase dalam Lean Startup 

Dalam lean startup ini terdiri dari beberapa fase penting yang harus anda pahami seperti dibawah ini. 

1. Fase Membangun 

Fase membangun ini merupakan tahapan membangun atau menciptakan produk maupun jasa yang akan diberikan kepada konsumen. Hal ini merupakan langkah paling awal yang dilakukan pada saat-saat awal dengan menentukan apa yang akan menjadi produk dari startup yang akan dijalankan terlebih dahulu.  

2. Fase Mengukur 

Fasae mengukur ini biasanya akan mengukur seperti apa keberhasilan produk yang diluncurkan. Sebaiknya dapatkan masukan dari para pengguna untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan produk dan layanan yang sudah anda kembangkan. 

Hal ini tentunya akan membantu untuk mengembangkan bisnis yang lebih baik kedepannya. 

3. Fase Mempelajari 

Pada fase mempelajari ini,sebaiknya pelajarilah setiap data dan informasi yang diterima terkait dengan produk dan layanan di awal. Dari sinilah yang  akan membantu anda untuk lebih siap lagi dalam meluncurkan produk untuk jangka waktu yang lebih lama dan stabil. 

Tidak hanya itu, produk yang dikembangkan juga akan berkembang lebih baik lagi kedepannya. 


0 Tanggapan untuk " Apa Itu Lean Startup? Cari Tahu Pengertian dan Manfaatnya di Sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel