Mengenal Struktur Organisasi Bank dan Fungsinya - KangMasroer.Com

Mengenal Struktur Organisasi Bank dan Fungsinya

struktur perusahaan bank raya
(Image source: pixabay/PIRO4D)

Sebagai sebuah lembaga keuangan, dalam kesehariannya kegiatan bank tidak terlepas dari yang namanya keuangan sebagaimana pedagang ataupun perusahaan lainnya. Bedanya, jika pedagang ataupun perusahaan lainnya menjual barang atau jasa untuk mendapatkan uang, maka kegiatan yang dilakukan oleh bank secara sederhana adalah menghimpun dana menyalurkan dana kepada masyarakat umum.

Mengingat dana yang dihimpun oleh sebuah bank merupakan dana yang bersumber dari masyarakat, yang nantinya juga akan disalurkan bagi peminjam, yaitu masyarakat yang memenuhi kriteria, maka sebuah bank harus dikelola oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan kata lain susunan strukur organisasi bank harus diisi oleh orang-orang yang memang berkompeten dalam bidang keuangan.

Struktur Organisasi Bank

Struktur organisasi bank adalah suatu susunan yang menghubungkan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada sebuah organisasi bank. Tujuan dari adanya struktur organisasi bank ini adalah untuk menjalankan kegiatan operasional bank dalam mencapai suatu tujuan atau visi misi suatu bank.

Struktur organisasi bank yang baik adalah struktur yang kegiatan pekerjaan antara satu bagian dengan lainnya serta aktivitas dan fungsi masing-masing bagian tergambar dengan jelas. Struktur organisasi bank yang baik juga harus menjelaskan secara detail hubungan wewenang masing-masing bagian. Selain itu, struktur organisasi bank yang baik juga semestinya menunjukkan spesialisasi-spesialisasi berbagai pekerjaan tertentu, mulain dari saluran perintah hingga penyampaian laporan.

Biasanya, pada struktur organisasi sebuah perusahaan ataupun bank terdapat tiga tingkatan organisasi manajemen yang meliputi Top Manajemen, Middle Manajemen, dan Lower Manajemen. Berikut adalah penjelasan masing-masing tiga tingkatan manajemen tersebut.

Top Manajemen

Top Manajemen adalah posisi yang paling tinggi atau paling atas, yaitu jabatan yang memiliki wewenang besar dari suatu organisasi perusahaan. Pada umumnya, Top Manajemen pada sebuah bank terdiri dari Direksi, Komisaris, Direktur utama, serta jabatan-jabatan sejenisnya. Adapun tugas dari Top Manajemen ini adalah mengatur strategi dari organisasi yang dipegang.

Middle Manajemen

Middle Manajemen adalah posisi yang berada di bawah Top Manajemen. Tugas dari Middle Manajemen adalah menjalankan berbagai strategi yang telah ditetapkan oleh Top Manajemen. Selain melaksanakan tugas strategi tersebut, Middle Manajemen juga harus menyusun taktik dalam pencapaian strategi sebagaimana yang diinginkan oleh Top Manajemen. Pada umumnnya, posisi Middle Manajemen ditempati oleh Kepala Bagian, Manajer, Supervisor, serta jabatan-jabatan sejenisnya.

Lower Manajemen

Lower Manajemen adalah posisi yang paling bawah dalam suatu organisasi perusahaan ataupun bank. Tugas dari Lower Manajemen adalah melaksanakan segala perintah dari Top Manajemen serta Middle Manajemen. Lower Manajemen ini biasanya juga disebut sebagai pegawai atau karyawan.

Fungsi Struktur Organisasi Bank

Struktur organisasi perusahaan ataupun bank merupakan suatu sistem yang formal, terstruktur, serta terkoordinasi secara baik dari sekelompok orang yang bekerjasama satu sama lain guna mencapai suatu tujuan tertentu. Oleh karena itu, tujuan dari adanya struktur organisasi perusahaan bank adalah agar kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat dan untuk masyarakat dapat berjalan secara baik dan optimal.

Agar pelayanan lebih baik dan lebih cepat, maka struktur organisasi bank harus dibagi atas Front Office atau customer service serta Back Office. Front Office sendiri merupakan bagian-bagian organisasi yang terdiri dari para karyawan melayani nasabah secara langsung. Sedangkan Back Office merupakan bagian-bagian dari sebuah struktur organisasi bank yang tidak berhubungan dengan nasabah secara langsung. Melainkan mengurusi pembukuan, audit keuangan, urusan sumber daya manusia yang bekerja di bank, yaitu para karyawannya. Baik Front Office maupun Back office keduanya merupakan kunci dari keberhasilan sebuah bank.

Nah, itulah penjelasan mengenai struktur organisasi perusahaan bank. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas seperti apa struktur perusahaan bank yang baik, berikut ini adalah struktur perusahaan Bank Raya. Semoga bermanfaat.

0 Tanggapan untuk "Mengenal Struktur Organisasi Bank dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel