Cara Memakai Kartu Kredit secara Bijak dan Nggak Berlebihan - KangMasroer.Com

Cara Memakai Kartu Kredit secara Bijak dan Nggak Berlebihan

Cara Memakai Kartu Kredit secara Bijak dan Nggak Berlebihan
https://www.pexels.com/photo/a-father-and-children-shopping-online-6995146/

Salah satu manfaat memiliki kartu kredit adalah tetap bisa melakukan transaksi jual beli lebih praktis dan cepat, walaupun belum memiliki uang tunai yang mencukupi. Adanya kemudahan dalam proses pengajuan kartu kredit online, membuat siapa saja kini bisa memilikinya.

Bank Indonesia (BI) menyebutkan kartu kredit adalah Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) yang dapat digunakan dalam melakukan pembayaran kegiatan ekonomi. Kegiatan transaksi yang bisa dilakukan termasuk jual beli dan tarik tunai.

Tidak hanya kemudahan dalam melakukan transaksi, dengan menggunakan kartu kredit Anda dapat mengontrol keuangan dan mendapatkan banyak keuntungan. Kartu kredit sering menawarkan berbagai program diskon dan cashback yang mendukung kebutuhan belanja penggunanya.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan melakukan pengajuan kartu kredit online sebaiknya ketahui syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Simak penjelasannya berikut ini.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Online

Banyak orang masih ragu untuk apply kartu kredit karena mengkhawatirkan persyaratan yang ribet. Padahal ketentuan untuk mengajukan kartu kredit cukup sederhana. Mengenai syarat dan ketentuan mengajukan kartu kredit online setiap penerbit atau bank pastinya berbeda-beda. Tetapi, syarat secara umum yang harus Anda dilengkapi, yaitu:

  • Minimal berusia 21 tahun dan maksimal 65 tahun,
  • Memiliki kartu identitas berupa KTP/SIM/paspor bagi WNI,
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (bagi yang sudah memiliki),
  • Fotokopi slip gaji/keterangan pendapatan,
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir (bagi pengusaha),
  • Fotokopi keterangan izin praktik (bagi profesional),
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan (TDP) dan SIUP (bagi pengusaha).

Sejalan dengan perkembangan teknologi digital, pelayanan dan sistem online selalu disesuaikan demi kenyamanan para penggunanya. Termasuk saat melakukan pengajuan kartu kredit tanpa harus datang langsung ke kantor bank untuk menyelesaikan administrasi. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet Anda bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja.

Semua proses pengajuan bisa dilakukan dengan membuka situs resmi bank penerbit pilihan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengajukan melalui perusahaan fintech atau e-commerce produk keuangan lainnya. 

Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak

Menggunakan Kartu Kredit secara Bijakhttps://www.pexels.com/photo/woman-holding-a-card-using-a-laptop-6693650/

Setelah mengetahui syarat dan ketentuannya dan kamu sudah memutuskan untuk membuat kartu kredit. Yuk, ketahui bagaimana sih cara menggunakan kartu kredit agar Anda bisa mengontrol pengeluaran dan mendapatkan keuntungan.

Jangan sampai ketika sudah memiliki kartu kredit malah mengacaukan kondisi keuangan karena tidak tahu cara menggunakannya secara tepat dan bijak. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kartu kredit.

1. Pilihlah Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan 

Sekarang banyak sekali jenis-jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh pihak penerbit atau perusahaan fintech. Pilihlah jenis kartu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Misalnya, Jika hanya untuk keperluan membeli kebutuhan sehari-hari, maka pilihlah kartu yang bekerja sama dengan merchant seperti Indomaret dan sejenisnya.

Setelah menentukan jenis kartu kredit, hal penting selanjutnya adalah menentukan limit kredit. Gunakan limit kredit sesuai dengan pengeluaran dan pemasukan per bulan, tujuannya agar Anda tetap bisa mengontrol keuangan.

2. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan Kartu Kredit

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan promo dan diskon yang diberikan penyedia kartu kredit untuk menekan pengeluaran bulanan Anda. Bagaimanapun juga, menggunakan kartu ini sama artinya Anda berhutang dan harus membayarnya.

3. Perhatikan Biaya dan Fasilitas yang Ditawarkan

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah mempertimbangkan biaya yang muncul dan fasilitas yang ditawarkan. Beberapa biaya yang ada dalam kartu kredit dan perlu Anda ketahui, yaitu biaya tahunan, denda keterlambatan membayar, hingga biaya bunga.

4. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Cara bijak menggunakan kartu kredit selanjutnya adalah dengan membayar tagihan tepat waktu. Jangan sampai terlambat membayarnya karena Anda akan dikenakan denda dan bunga yang cukup memberatkan perekonomian, hingga membuat pengeluaran bulanan bisa membengkak.

Jika sampai mengalami keterlambatan membayar karena skor kredit yang ada pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nama Anda akan buruk jika melakukan keterlambatan bayar. Akibatnya, riwayat buruk akan berpengaruh ketika Anda akan pengajuan kartu kredit online di lembaga keuangan lain.

5. Hindari Melakukan Tarik Tunai

Pada kartu kredit terdapat salah satu fitur tarik tunai. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil sejumlah uang tunai. Pengguna yang menggunakan fitur ini sama dengan mengambil pinjaman dari bank.

Semisal Anda belum bisa merencanakan keuangan dengan baik, maka fokus saja pada penggunaan kartu kredit sebagai sarana berbelanja dan menambah aset. Bukan malah menjadikan kartu kredit sebagai sumber uang cash. Sebab, fitur ini ternyata menawarkan bunga yang lebih besar.

Kartu Kredit PermataShoppingCard

Banyak perusahaan penerbit kartu kredit menawarkan kemudahan agar Anda dapat berbelanja sesuai kebutuhan. Salah satu produk kartu kredit yang cocok untuk belanja online adalah PermataShoppingCard. Kartu kredit dari PermataBank ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store (bagi pengguna android) dan App Store (bagi pengguna Apple).

Selain syarat mengajukannya mudah disetujui. Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan dari kartu kredit PermataShoppingCard. Seperti mendapat  5% cashback hingga Rp200.000. Anda dapat menikmati beragam promo menarik dari diskon hingga cicilan di berbagai merchant online ternama. 

Masih ada sejumlah kelebihan lainnya yang ditawarkan PermataShoppingCard, di antaranya cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran tahunan satu, fitur contactless, dan lainnya. Kartu kredit ini sangat cocok bagi Anda yang berencana membeli produk elektronik, tiket dan outfit. Informasi persyaratan dan langkah-langkah mendapatkan kartu kredit ini bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.  


0 Tanggapan untuk "Cara Memakai Kartu Kredit secara Bijak dan Nggak Berlebihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel