5 Sayuran Atasi Gejala Lanjutan Infeksi Virus Dengue Penyebab Demam Berdarah - Kang Masroer

5 Sayuran Atasi Gejala Lanjutan Infeksi Virus Dengue Penyebab Demam Berdarah

(Sumber gambar: www.sehatq.com)

Demam berdarah tidak bisa dianggap enteng. Hal ini dikarenakan sudah banyak pasien meninggal akibat virus dengue ini. tingkat inkubasinya untuk melakukan infeksi terbilang sangat cepat karena kurang dari seminggu setelah gigitan nyamuk. Virus pembawa demam berdara ini mampu membuat tubuh semakin menurun daya imunitasnya. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki kelembapan dan curah hujan tinggi. kondisi ini sangat disukai nyamuk. 

Maka dari itu, banyak upaya pencegahan dengan menggalakkan 3M seperti menguras bak penampungan, menutup bak-bak penampungan dengan rapat dan mengubur barang-barang  yang dapat menimbulkan genangan. Selain upaya tersebut, Anda dapa melakukan fogging. Namun, perlu diperhatikan bahwa zat kimia yang dihasilkan pengasapan ini juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Anda bisa melakukan upaya lain dengan memanfaatkan semprotan dari bahan alami yang tidak disukai nyamuk seperti lavender maupun kemangi.

Sayuran dan Buah yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Langkah Perkuat Imunitas Tubuh

Anda perlu melakukan konsumsi buah dan sayur untuk selalu tetap sehat. Hal ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tahan terhadap gempuran infeksi virus. Anda perlu memperbanyak asupan vitamin dan mineral untuk pengaturan tubuh menjadi lebih baik. Berikut beberapa sayuran dan buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk memperkuat imunitas tubuh.

1. Jeruk 

Buah ini sangat mudah Anda temui di pasaran. Tentunya, banyak varian buah dengan citarasanya yang beragam mulai dari asam segar hingga manis. Namun, pada umumnya buah jeruk mengandung kadar vitamin C tinggi. Hal ini sangat bagus untuk memperkuat imunitas tubuh untuk peningkatan leukosit atau sel darah putih. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pertahanan dari serangan demam berdarah.

2. Brokoli 

Sayuran hijau ini sangat bagus dikonsumsi karena kaya akan mineral dan vitamin yang batu meningkatkan imunitas tubuh. Terdapat banyak kandungan vitamin seperti, A, C dan E. Selain itu, sayuran hijau cenderung memiliki antioksidan cukup tinggi sehingga sangat cocok masuk dalam menu santapan harian Anda. Jangan terlalu matang untuk memasak sayuran ini. Hal tersebut untuk menjaga nutrisinya tidak cepat hilang.

3. Pepaya 

Buah dengan daging berwarna oranye tua ini sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan buah di waktu Anda sibuk bekerja. Selain itu, pepaya sangat mudah ditemui di pasaran dan tekstur dagingnya mudah sekali dicerna. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu perkuat daya tahan tubuh. Selain itu kandungan enzim papain dan mineralnya cocok untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

4. Bayam 

Sayuran hijau ini sangat cocok untuk Anda konsumsi karena sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C nya cukup tinggi. Selain itu, bayam mampu mencegah infeksi virus terus berlangsung di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan betakaroten pada sayuran.

5. Kiwi 

Buah kiwi juga dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi selain pepaya. Selain vitamin C, buah ini juga memiliki kandungan lainnya seperti folat, kalium dan vitamin K. Kandungan tersebut dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari terjangan virus. Terutama peningkatan leukosit.

Nyamuk merupakan salah satu vektor penyebab demam berdarah yang sangat berbahaya. Virus dengue yang dikandungnya menyebabkan orang sehat bisa jatuh sakit dan berujung pada kematian. Maka dari itu, perkuat selalu sistem imunitas tubuh dengan mengonsumsi sayuran dan buah di atas. Anda bisa menjadikannya sebagai menu harian positif untuk memperkuat daya tahan tubuh.


0 Tanggapan untuk "5 Sayuran Atasi Gejala Lanjutan Infeksi Virus Dengue Penyebab Demam Berdarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel