Tips Menerima Paket Saat Pandemi Virus Corona Covid-19 - Kang Masroer

Tips Menerima Paket Saat Pandemi Virus Corona Covid-19

perusahaan logistik di indonesia
(Image source: pixabay)

Semenjak virus corona Covid-19 menjadi pandemi di dunia, gaya belanja masyarakat mengalami banyak perubahan. Terlebih sejak pemerintah Indonesia menginstruksikan kepada masyarakat untuk meminimalisir keluar rumah, mereka pun cenderung lebih memilih untuk belanja melalui sistem online.

Dari hasil riset yang dirilis oleh Nielsen didapati data, bahwa sebanyak 50 persen masyarakat Indonesia sudah mulai mengurangi aktivitasnya di luar rumah, dan sebanyak 30 persen di antaranya lebih sering berbelanja secara online. Seiring kesadaran masyarakat untuk menghindari keramaian, ketertarikan berbelanja online yang dilakukannya pun diprediksi akan terus meningkat dari waktru ke waktu.

Ya, dalam kondisi pandemi virus corona Covid-19 seperti ini, belanja online sepertinya memang menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, kita bisa membeli berbagai kebutuhan apapun hanya bermodal gadget, internet dan mobile banking ataupun kartu kredit. Apalagi, nyaris semua kebutuhan sehari-hari kini bisa kita dapatkan di toko-toko online. Mulai dari bahan makanan pokok, peralatan rumah tangga, kebutuhan kesehatan, hingga produk-produk hobi baik outdoor maupun indoor.

Namun, sebenarnya apakah menerima paket di tengah pandemi Covid-19 ini terjamin keamanannya? Pasalnya, sebelum paket-paket yang kita terima tersebut sampai di tangan kita tentu sudah disentuh oleh banyak orang, bukan?

Sebagaimana kita ketahui, menurut sebuah hasil studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, virus corona Covid-19 itu ternyata bisa bertahan selama 24 jam di atas permukaan kardus, serta bertahan selama 2  hingga 3 hari pada permukaan plastik dan stainless steel. Melihat fakta itu, tentu saja kita harus tetap berhati-hati saat menerima paket dari luar kota agar terhindar dari risiko terpapar virus corona Covid-19.

Perusahaan logistik di Indonesia sekaligus perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, yaitu PT. Serasi Autoraya (SERA) memiliki beberapa tips untuk kita saat menerima paket di tengah pandemi virus corona Covid-19. Tips ini tentu saja sangat bermanfaat agar kita terhindar dari virus corona saat menerima paket dari luar kota. Apa saja tipsnya?

Meminta Kepada Kurir untuk Meletakkan di Luar Rumah

Langkah pertama yang bisa kita lakukan saat menerima paket dari luar kota agar terhindar dari virus corona Covis-19 adalah dengan tidak melakukan kontak dengan kurir atau pengirim paket.

Sebagai alternatifnya, kita bisa meminta kurir untuk meletakkan paket di depan pintu ataupun pagar. Atau jika dibungkus plastik, bisa juga paketnya digantungkan di pagar ataupun pintu rumah. Tentu saja, hal ini harus kita komunikasikan dengan kurir atau petugas pengirim paketnya.

Semprot Paket dengan Desinfektan

Sebelum mengambil paketnya, sebaiknya kita tetap membiarkan paket terpapar sinar matahari selama kurang lebih 30 menit. Pasalnya, sebagaimana kita ketahui, virus corona Covid-19 itu membutuhkan media droplet atau cairan yang keluar dari batuk ataupun bersin. Jadi, sebelum mengambilnya, pastikan paket benar-benar dalam keadaan kering.

Jika sudah kering, alangkah baiknya jika kita juga menyemprotkan cairan disinfektan pada bungkus paket. Langkah ini perlu kita lakukan untuk meminimalisir adanya kemungkinan masih ada virus corona Covid-19 yang tertinggal di permukaan pembungkus paket yang kita terima.

Buka Paket di Luar Rumah

Setelah menyemprotkan paket dengan cairan disinfektan, sebaiknya paket segera dibuka di luar rumah. Hal ini bertujuan agar kondisi di dalam rumah tetap aman dan terjaga dari risiko terpapar virus corona. Jika memungkinkan, ada baiknya jika saat membuka paket, kita juga menggunakan sarung tangan.

Setelah isi paket kita ambil, sebaiknya pembungkus paket langsung dibuang ke tempat sampah. Usahakan tempat sampahnya juga diletakkan di luar rumah, agar lebih aman bagi kita dan anggota keluarga lainnya. Langkah terakhir, jangan lupa cuci tangan dengan sabun antiseptik minimal 20 detik untuk memastikan tidak ada virus yang menempel di permukaan tangan kita.

Nah, itulah tips menerima paket dari SERA yang bisa kita terapkan saat pandemi Covid-19 tengah melanda di dunia, termasuk di negara kita. Semoga bermanfaat ya!


0 Tanggapan untuk "Tips Menerima Paket Saat Pandemi Virus Corona Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel