7 Inspirasi Dekorasi Imlek di Masa Pandemi - Kang Masroer

7 Inspirasi Dekorasi Imlek di Masa Pandemi

7 Inspirasi Dekorasi Imlek di Masa Pandemi
(Image source: pixabay)

Tak jauh beda dengan suasana Idul Fitri dan Natal tahun lalu, perayaan Tahun Baru Imlek 2021 ini juga penuh dengan suka cita. Bagaimana tidak, pandemi virus Corona Covid-19 masih menghantui masyarakat di seluruh belahan dunia. So, perayaan Imlek Tahun 2021 ini memang berbeda. Tak ada lagi tradisi mudik ke kampung halaman seperti biasanya. Tak ada lagi tradisi berdoa di klenteng atau wihara. Tak ada pula tradisi saling mengunjungi kerabat dan sanak saudara.

Namun, jangan bersedih hati ya, Guys! Kalian yang akan merayakan Imlek tetap bisa kok menyambut Imlek dengan berkumpul bersama keluarga kecil di rumah, berdoa di rumah, dan saling mengirim parcel Imlek melalui jasa pengiriman. Selain itu, kalian juga membuat suasana Imlek tetap terasa berkesan, yaitu dengan membuat dekorasi Imlek di rumah. Ya, meski sederhana, dengan mendekor rumah sedemikian rupa perayaan Imlek pun akan menjadi lebih meriah seperti biasanya. Nah, berikut ini adalah 7 inspirasi dekorasi Imlek di masa pandemi yang bisa kalian terapkan di rumah.

1. Lampion Imlek

Tiap Tahun Baru Imlek akan tiba, kalian tentu sering menyaksikan pemandangan lampion yang digantung di banyak tempat bukan? Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, lampion memang bisa membawa rezeki, keberuntungan, dan kebahagiaan. Nah, kalian juga bisa banget lho menghias rumah dengan lampion merah berpadu warna kuning yang cantik. Cukup sederhana saja, tapi keberadaannya pasti akan memberi makna yang begitu besar di rumah kamu.

2. Pohon Angpau

Setiap perayaan Imlek—dari dulu hingga sekarang—angpau memang menjadi sesuatu yang paling ditunggu-tunggu. Khususnya, bagi anak kecil dan remaja yang masih lajang. Selain sebagai simbol rezeki dan kesejahteraan, amplop merah dengan hiasan berwarna emas dan berisi sejumlah uang ini ternyata bisa dijadikan sebagai dekorasi Imlek lho, yaitu dengan membuat pohon angpao. Nah, agar terlihat sedap dipandang, kalian bisa berkreasi dengan menciptakan pohon angpau yang unik. Misalnya saja, pohon angpao dengan motif ranting dan bunga musim semi sehingga menyisakan kesan klasik.

3. Lilin Imlek

Selain lampion Imlek dan pohon angpao, lilin-lilin besar yang berwarna merah khas Imlek juga bisa banget dijadikan sebagai dekorasi Imlek selanjutnya. Saat menyala, lilin-lilin merah ini tentu akan menciptakan pemandangan yang elegan di dalam rumah. Bahkan, tak hanya menambah kemeriahan Imlek saja, keberadaan lilin ternyata juga simbol terangnya rezeki serta rasa syukur atas doa-doa yang terkabulkan. So, jangan sampai ketinggalan ya!

4. Gantungan Naga

Bagi masyarakat Tionghoa, naga juga menjadi salah satu simbol penting dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Konon, ia dipercaya bisa mengusir berbagai keburukan dan kejahatan. Nah, di momentum perayaan Imlek tahun ini, semangat naga tersebut tentu harus dihadirkan juga di rumahmu. Salah satunya, dalam bentuk gantungan sosok naga yang unik dan menarik. Selain membuat suasana rumah menjadi semarak, kalian tentu juga bisa berharap agar keburukan dan kejahatan pandemi ini segera berlalu.

5. Sarung Bantal Sofa

Dekorasi Imlek yang bisa kalian pilih selanjutnya, adalah dengan mengganti sarung bantal sofa di rumah. Agar suasana perayaan Imlek menjadi semakin semarak, kalian bisa memilih sarung bantal sofa bermotif lukisan tradisional khas Tionghoa yang memadukan warna merah dan kuning. Meskipun terlihat kecil, namun namun bantal sofa tersebut ternyata cukup memberikan nuansa ruangan menjadi lebih hidup saat kalian merayakan Imlek.

6. Bambu Rejeki

Agar suasana rumah tidak dominan berwarna merah dan kuning, kalian juga meletakkan bambu rejeki di sudut-sudut rumah. Kalian bisa memilih bentuk dan kreasi bambu rejeki sesuai selera yang biasanya dijual dengan berbagai variasi harga, mulai puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Selain bisa menjadi dekorasi Imlek yang estetik, beambu rejeki ternyata juga dipercaya sebagai tumbuhan pembawa hoki. Konon, sifat bambu yang elastis juga diyakini mampu menyeimbangkan energi-energi yang ada di rumah. 

7. Hiasan Dinding

Selain dekorasi Imlek sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, kalian juga bisa menghadirkan pernak-pernik lain yang bernuansa Imlek berupa hiasan dinding. Misalnya saja, hiasan barongsai, ukiran doa-doa dalam bahasa Mandarin, serta gambar-gambar tumbuhan dan hewan. Nah, mengingat tahun 2021 ini merupakan tahun kerbau, maka gambar kerbau berwarna merah dan kuning emas tentu akan menjadi dekorasi Imlek yang tak boleh ketinggalan.

Okey, itulah 7 inspirasi dekorasi Imlek di masa pandemi yang bisa kalian terapkan di rumah, sehingga suasana Imlek di masa pendemi ini tetap meriah. Di masa pendemi seperti saat ini, untuk mendapatkan berbagai dekorasi Imlek tersebut tetap terasa sangat mudah lho, karena semua kebutuhan dekorasi Imlek tersedia di Blibli. So, kalian benar-benar tak perlu keluar rumah untuk mendapatkannya. Cukup duduk manis, buka aplikasi Blibli yang sudah terinstall di smartphone, pilih dekorasi yang diinginkan, kemudian melakukan pembayaran, maka dekorasi Imlek pilihanmu pun akan segera diantar ke rumah. Hmm, kira-kira dekorasi Imlek mana saja yang akan kalian jadikan hiasan di rumahmu tahun ini?


0 Tanggapan untuk " 7 Inspirasi Dekorasi Imlek di Masa Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel