Tips Membeli Rumah di Masa Pandemi - KangMasroer.Com

Tips Membeli Rumah di Masa Pandemi

Tips Membeli Rumah di Masa Pandemi
(Image source: pixabay)

Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia termasuk Indonesia saat ini, menurut sebagian pakar ekonomi, adalah momen tepat bagi masyarakat untuk membeli rumah, baik untuk hunian maupun investasi. Banyaknya insentif serta berbagai promo yang ditawarkan pemerintah dan lembaga-lembaga perbankan, sehingga tanggungan masyarakat akan terasa lebih ringan menjadi satu di antara beberapa alasannya.

Alasan lainnya, adalah karena properti merupakan instrumen investasi yang minim resiko. Ya, jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti saham, valas, deposito, atau reksadana, investasi properti menjadi instrumen investasi yang paling kecil risikonya. Buktinya, saat harga jual beberapa saham terjun bebas akibat dampak dari sentimen negatif pandemi Covid-19, harga jual rumah ternyata tetap stabil. Bahkan, harga rumah yang ada di kawasan strategis cenderung selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Namun, meski masa pandemi menjadi momen yang tepat untuk membeli rumah, tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar membeli rumah di masa pandemi tidak berdampak pada kerugian dan hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Nah, berikut ini adalah tips membeli rumah di masa pandemi.

1. Periksa Kondisi Keuangan

Tips pertama yang harus kita lakukan sebelum memutuskan untuk membeli rumah, adalah memeriksa kondisi keuangan. Berapa jumlah tabungan yang dimiliki dan bagaimana dengan sumber pendapatan per bulannya. Terlebih, jika kita akan membeli rumah dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR), maka sebelum membeli rumah kita harus melakukan simulasi biaya dan cicilan KPR terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan agar, pembelian rumah di masa pandemi tidak berdampak buruk bagi finansial kita.

2. Pertimbangkan Aspek Rumah

Agar mendapatkan rumah yang tepat, baik untuk hunian maupun investasi, sebaiknya kita juga mempertimbangkan berbagai hal yang berkaitan dengan aspek rumah, seperti tipe serta desain rumah, hingga lokasi dan harga yang ditawarkan. Agar tak salah pilih dalam membeli rumah, pastikan kita sudah menanyakan secara detail tentang aspek rumah tersebut kepada para pengembangnya.

3. Cermati Ketentuan Pembelian

Tak bisa dimungkiri, di masa pandemi Covid-19 ini, para pengembang berlomba-lomba menawarkan propertinya dengan berbagai penawaran yang menarik. Oleh sebab itu, agar tidak serta-merta tergiur dengan promo-promonya, pastikan sebelum kita menandatangani surat perjanjian, kita sudah menanyakan secara detail kepada pengembang terkait setiap klausal pembelian, termasuk apakah hipotek yang kita pilih ada biaya tambahannya atau tidak.

4. Pastikan Pengembang yang Dipilih Memiliki Reputasi Baik

Seperti kita ketahui, saat proses pembelian rumah sampai dengan rumah tersebut menjadi hak milik kita secara resmi, pengembang propertilah yang menjadi perantaranya. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, pilihlah pengembang properti yang memiliki reputasi baik. Pengembang properti yang memiliki reputasi baik biasanya terlihat dari pengalaman serta penghargaan yang diterimanya selama menjadi pengembang properti.

Sebagai rekomendasi, jika Anda tengah berencana membeli rumah di masa pandemi ini, tak ada salahnya jika menjadikan Mustika Land sebagai pengembang rumah yang akan Anda beli. Sebagai informasi, Mustika Land ini merupakan pengembang properti yang telah berpengalaman di bidangnya lebih dari 25 tahun. Ya, perusahaan properti yang berkantor di Jl. Tanah Abang I No.12ii Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat ini sejak tahun 1993 sudah mengembangkan sendiri beberapa proyek perumahan yang terjangkau, di antaranya seperti Mustika Village Sukamulya. Tercatat, hingga saat ini sudah lebih dari 22 ribu rumah yang dibangun.

Tak hanya itu, perusahaan yang berkomitmen untuk menyediakan rumah dan investasi real estat yang inovatif dan berkualitas ini juga telah menerima berbagai penghargaan. Mulai dari Indonesian Best Company & Leadership Awards, Housing Estate Awards, dan Property and Bank Awards di tahun 2016, Property Innovation Awards di tahun 2017, Bank BTN Property Awards dua tahun berturut-turut yakni 2016 dan 2017, Marketing Group Awards di tahun 2018, Bank BTN Achievement Awards di tahun 2018 dan 2019, hingga Golden Property Awards dan Bank Mandiri Awards di tahun 2019. Jadi, soal reputasi sudah tak perlu diragukan lagi.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kita perhatikan sebelum membeli rumah di masa pandemi Covid-19 ini. Dengan mempertimbangkan beberapa tips tersebut, kita akan terhindar dari kerugian serta hal-hal yang tidak diinginkan saat membeli rumah di masa pandemi ini. Sebaliknya, membeli rumah di masa pandemi justru akan memberikan keuntungan tersendiri.


0 Tanggapan untuk " Tips Membeli Rumah di Masa Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel