Mengatasi Berat Badan Kurang pada Si Kecil - KangMasroer.Com

Mengatasi Berat Badan Kurang pada Si Kecil

Mengatasi Berat Badan Kurang pada Si Kecil
(Image source: pixabay)

Berat badan merupakan salah satu indikator gizi anak yang paling mudah untuk diketahui oleh orang tua. Pada umumnya, anak yang mendapatkan gizi baik, pertumbuhannya akan berjalan dengan normal, sehingga pertambahan umurnya juga akan diikuti dengan peningkatan berat badan sesuai dengan standar.

Oleh karena itu, jika masih ada sebagian anak yang mengalami masalah berat badan, yaitu saat berat badan anak berada di bawah rata-rata dibandingkan dengan tinggi badan atau usianya, pada umumnya akan diindikasikan sebagai anak yang kekurangan gizi.

Bagaimana cara mengatasi masalah berat badan kurang pada si kecil? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa ditempuh oleh orang tua untuk mengatasi si kecil yang kurang dalam hal berat badan.

1. Menyusui bayi

Cara terbaik untuk menaikkan berat badan si kecil agar sesuai dengan standar berat badan sesuai umurnya adalah dengan menyusui bayi dengan ASI. Ya, seperti diketahui ASI mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi selama ia dalam masa pertumbuhannya.  

Namun, jika produksi ASI kurang, sehingga ASI dirasa tidak mencukupi kebutuhan bayi, maka orang tua juga bisa memberikan si kecil susu formula. Sebagai rekomendasi, salah satu susu formula yang gizinya sangat tinggi adalah PediaSure 1 tahun. Susu formula yang kaya akan nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak ini bisa diberikan kepada anak usia 1-10 tahun. Jika dirasa perlu, sebelum memberikan anak susu formula, orang tua juga bisa mengonsultasikannya kepada dokter anak atau konselor ASI.

2. Mengkonsumsi kentang

Jika si kecil sudah memasuki usia MPASI, cara agar berat badannya bisa naik secara drastis adalah dengan menambahkan kentang ke dalam menu makannya. Sebagai informasi, kentang mengandung karbohidrat yang ketika dikonsumsi akan diubah menjadi glukosa sebagai sumber energi. Namun, tidak semua glukosa bisa digunakan oleh tubuh.

Nah, setiap glukosa yang tidak digunakan tubuh, secara otomatis akan diubah menjadi lemak yang sangat bermanfaat untuk membantu si kecil dalam menambah berat badannya. Selain karbohidrat, kentang juga kaya akan asam amino dan serat makanan, sehingga penambahan berat badan si kecil tetap sehat. 

3. Memberikan ayam dan daging

Bagi si kecil yang sudah masa MPASI, cara lain agar berat badannya tidak kurang adalah dengan menambahkan porsi makanan yang mengandung sumber protein, seperti ayam dan daging. Menurut penelitian, ayam adalah sumber makanan yang kaya akan protein, sehingga dapat membantu si kecil dalam membangun otot-otot tubuhnya. 

Namun, agar si kecil berat badannya bertambah tanpa membuatnya terlihat lembek atau gemuk, sebisa mungkin saat memberikan ayam, berikan bagian daging yang tidak banyak mengandung lemak. Salah satu yang bagian ayam yang paling banyak mengandung lemak adalah kulitnya.

4. Memberikan makanan padat lain yang sehat

Selain kentang dan daging ayam, saat si kecil sudah memasuki masa MPASI, orang tua juga bisa memberikan makanan padat sehat bergizi lainnya untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si kecil. Beberapa makanan padat yang baik untuk menambah berat badan si kecil, di antaranya adalah buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi berat badan kurang pada si kecil. Dengan memberikannya secara teratur, maka si kecil pun tidak akan mengalami masalah kekurangan berat badan. 

0 Tanggapan untuk " Mengatasi Berat Badan Kurang pada Si Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel