5 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK Secara Offline dan Online - KangMasroer.Com

5 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK Secara Offline dan Online

5 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK Secara Offline dan Online
(Image source: lifepal)

Sebaiknya kamu mengetahui cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK agar bisa digunakan dalam situasi tak terduga. Cara cek BPJS Ketenagakerjaan ini tergolong mudah dan praktis karena bisa dilakukan secara online maupun offline. 

Sekedar informasi, BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah badan hukum publik yang dibentuk melalui Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011. BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial berupaya untuk mewujudkan pemberian jaminan kebutuhan dasar yang layak bagi setiap peserta atau anggota keluarga. 

Terdapat beberapa program jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan BPJS yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian. 

Lantas, bagaimana cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK? Terdapat beberapa cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu :

1. Cek Via Call Center BPJS

Cara pertama untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui Call Center BPJS. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan panggilan telepon ke nomor 175 saja. Selanjutnya, kamu akan langsung tersambung dengan call center BPJS. Perlu diketahui, panggilan telepon ini berbayar. Karena itu, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup sebelum memulai melakukan panggilan. 

2. Media Sosial BPJS

Kamu juga bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK melalui media sosial. Jika ingin mengetahui akun resmi media sosial BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa kunjungi www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html.

Selain itu, tersedia juga kontak layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi WhatsApp di nomor +62 811 911 5910. Sayangnya, layanan ini hanya berlaku bagi Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di luar negeri. 

3. Mendatangi Kantor Cabang BPJS

Jika punya waktu lebih, kamu bisa datangi kantor cabang BPJS untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan kamu membawa berkas yang diperlukan seperti e-KTP, Kartu Keluarga, dan juga surat paklaring. 

Selain ketiga cara diatas, kamu juga bisa melakukan pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan akun BPJS, baik melalui aplikasi maupun situs resmi. Agar tak bingung, simak langkah-langkahnya dibawah ini !

Adapun cara cek BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU adalah sebagai berikut :

• Mengunduh Aplikasi BPJSTKU

Pertama-tama, unduh aplikasi BPJSTKU secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. 

• Login dengan Akun BPJS

Klik opsi Log In, setelah itu masukkan email dan kata sandi akun BPJS Ketenagakerjaan. Jika belum memiliki akun, buatlah akun dengan memilih opsi Buat Akun Baru. 

• Klik Kartu Digital

Setelah itu, silahkan pilih opsi Kartu Digital yang terletak di menu utama. 

• Ketuk Gambar Kartu BPJS untuk Melihat Informasi Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Terakhir, ketuk gambar kartu BPJS kamu. Setelah itu, akan muncul nomor dan status BPJS Ketenagakerjaan kamu di layar.

Sementara cara cek BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi terlebih dahulu laman resmi BPJS Ketenagakerjaan di alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Klik Log In, lalu masukkan email dan kata sandi akun BPJS Ketenagakerjaan. Jika belum memiliki akun, buatlah akun baru dengan memilih opsi Buat Akun Baru. 
  • Setelah itu, klik opsi Kartu Digital pada menu utama.
  • Kemudian, layar akan menampilkan informasi tentang nomor dan statu BPJS Ketenagakerjaan kamu. 

Itulah 5 cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan dengan NIK secara offline dan online. Kamu tertarik cara yang mana untuk cek nomor BPJS ketenagakerjaan? 


0 Tanggapan untuk "5 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK Secara Offline dan Online "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel