Tips Aman Beli Mobil Bekas Agar Terhindar dari Penipuan - KangMasroer.Com

Tips Aman Beli Mobil Bekas Agar Terhindar dari Penipuan

Tips Aman Beli Mobil Bekas Agar Terhindar dari Penipuan
(Image source: pixabay)

Memiliki mobil menjadi salah satu impian semua orang. Dapat dikatakan barang yang satu ini merupakan barang yang mewah dikarenakan untuk membelinya sendiri butuh biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, terdapat cara tepat yang bisa dilakukan untuk membeli mobil dengan harga murah yaitu dengan membeli mobil bekas. Untuk itu ketika ingin membeli mobil bekas ada lima tips penting yang bisa dilakukan agar terhindar dari penipuan. Seperti berikut:

Pastikan Budget Sudah Sesuai

Sebelum Anda membeli mobil bekas pastikan budget yang Anda miliki sudah sesuai dengan mobil yang Anda inginkan. Walaupun hanya membeli sebuah mobil bekas, hindari membeli mobil bekas yang harganya sendiri di luar kemampuan Anda. Hal ini berguna untuk menghindari kacaunya perencanaan keuangan di kemudian hari. 

Pastikan Penjual Memiliki Kredibilitas Baik

Dalam hal membeli mobil bekas, Anda juga harus mencari tahu mobil siapa yang nantinya Anda beli. Anda bisa melihat profil penjual seperti track record selama menjual mobil lalu Anda juga bisa melihat ulasan dari para pelanggan yang pernah membeli. Dengan melakukan ini bisa melindungi Anda dari penipuan. 

Cek interior dan eksterior

Ketika Anda ingin membeli mobil bekas, pastikan Anda wajib melihat bagian interior dan eksterior mobil terlebih dahulu. Dikarenakan Anda akan membeli mobil yang telah digunakan bukan mobil dengan kondisi baru jadi melakukan langkah ini perlu dilakukan. Untuk bagian interior mobil Anda bisa mengecek sistem audio, setir mobil, lampu AC hingga kenyamanan kursi mobil. Pastikan ketika sebelum membeli Anda juga kebersihan dari kursi dan lantai mobil. Jangan sampai Anda membeli mobil yang terdapat kotoran mengendap ataupun berkerak, hal ini justru akan merugikan. 

Periksa Kondisi Mesin

Bagian penting lainnya ketika Anda ingin membeli mobil bekas yaitu segera periksa kondisi performa mesin pada kendaraan. Jika Anda tidak mengerti seputar mesin mobil, ada baiknya Anda mengajak orang yang mengerti seputar mesin mobil. Dengan melakukan langkah ini, justru akan menghindari Anda dari kerugian jika mendapatkan mobil dalam kondisi mesin yang tidak bagus. 

Cek Kelengkapan Surat Penting

Setelah mengecek kondisi mobil, hal penting lainnya yang perlu dilakukan yaitu memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan baik STNK ataupun BPKB. Pastikan nama yang tercantum sudah sesuai antara STNK dan BPKB. Setelah mengecek kedua dokumen tersebut, Anda bisa mengcek mengani nomor mesin dan nomor rangka. Ini juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan pasalnya, jika dari kedua nomor seri tersebut ada yang tidak sesuai maka bisa dianggap sebagai mobil curian. 

Cukup mudah bukan kelima tips penting diatas yang bisa dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Bagaimana jika membeli mobil bekasnya secara online? Tentu Anda juga sudah tidak perlu khawatir lagi karena sekarang tersedia jual beli mobil bekas melalui platform mobbi. Platform ini merupakan mobbi member of ASTRA, mendegar kata ASTRA sudah tidak asing ditelinga bukan. Sudah terbukti mobbi memiliki banyak mobil bekas jakarta, mobil bekas bandung, hingga mobil bekas Surabaya. Kelebihan jika membeli melalui mobbi yaitu Anda bisa mendapatkan saldo Astrapay sebesar 1juta rupiah hingga gratis jaminan asuransi. 


0 Tanggapan untuk " Tips Aman Beli Mobil Bekas Agar Terhindar dari Penipuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel