Kategori: , ,

Sebelum Kredit Motor Second, Perhatikan 7 Hal Ini!

Masyarakat yang memiliki modal cukup, tentu akan lebih memilih membeli motor baru dengan cara cash. Selain performa motor baru yang jelas terjamin, dengan membelinya secara cash, mereka merasa tidak akan dipusingkan dengan yang namanya angsuran bulanan. Berbeda dengan masyarakat yang memiliki penghasilan pas-pasan. Mereka kebanyakan akan memilih kredit motor second sebagai salah satu alternatif yang tepat untuk dapat membeli sebuah motor.

Membeli motor second secara kredit bisa jadi memang sangat menguntungkan bagi mereka yang kondisi finansialnya sedang pas-pasan. Bagaimana tidak, membeli motor second jauh lebih terasa ringan jika dibandingkan ketika kita membeli motor baru. Terlebih jika pembeliannya dilakukan dengan cara kredit. Iya nggak?

Selain cicilannya yang lebih murah, membeli motor second juga memiliki banyak keuntungan loh. Beberapa di antaranya adalah: motor tersedia dan bisa langsung dikendarai di jalan raya, harga murah namun dengan kualitas yang masih cukup baik, dan pajaknya juga lebih ringan. Jadi, tidak ada salahnya ya jika kita melakukan kredit motor second. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk kredit motor second, ada baiknya jika kita memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Pilih Jenis Motor Sesuai Kebutuhan

Tak bisa dipungkiri, jika sepeda motor baik baru maupun second yang beredar di pasaran saat ini terdiri dari berbagai jenis dan tipe. Tiap-tiap jenis serta tipe motor tersebut tentu memiliki beragam manfaat yang berbeda-beda. Jadi, pastikan kita sudah betul-betul memahami jenis motor second apa yang sebenarnya paling tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan kita saat ini. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat kemanfaatan dari pembelian motor second yang kita lakukan.

Kenali Harga Pasaran Motor Second

Sebelum memutuskan untuk membeli motor second, carilah informasi terlebih dahulu tentang harga pasaran berbagai sepeda motor. Buatlah riset kecil-kecilan dengan membaca berbagai media cetak dan online tentang harga-harga motor second terkini. Sebagai gambaran, motor second dengan usia lebih tua biasanya harga jualnya lebih murah daripada motor keluaran terbaru. Nah, dengan mengetahui harga pasaran motor second tersebut, maka kita akan terhindar dari rasa kecewa akibat membeli motor second dengan harga yang lebih mahal daripada harga pasaran.

Teliti Kondisi Motor dengan Cermat

Secara fisik, sepeda motor second sekilas memang terlihat masih bagus. Namun,  agar tidak kecewa di kemudian hari, lakukan pengecekan secara cermat terhadap kondisi motor second yang akan kita beli, seperti mesin, bodi, rem, ban, lampu, dan komponen-komponen lainnya. Pastikan semua komponen tersebut dalam kondisi baik dan memenuhi unsur keamanan. Apabila kita tidak yakin dengan kemampuan sendiri, alangkah baiknya jika kita meminta bantuan kepada orang yang ahli dan paham untuk melakukan pengecekan motor.

Periksa Kelengkapan Surat-surat Motor

Selain meneliti kondisi motor, hal lain yang tak boleh kita lewatkan sebelum kredit motor second adalah melakukan pengecekan terhadap dokumen atau surat-surat sepeda. Pastikan jika motor second yang akan kita beli memiliki Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jangan lupa juga untuk memeriksa kecocokan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di dokumen-dokumen tersebut dengan nomor yang ada di badan motor.

Pilihlah Kreditur yang Terbaik dan Terpercaya

Untuk membeli motor second secara kredit, kita tentu membutuhkan yang namanya kreditur. Pilihlah kreditur terbaik yang akan memberikan kemudahan saat kita akan melakukan pengajuan akad kredit. Dengan demikian, maka proses pengajuan kredit tidak akan berbelit-belit dan memakan banyak waktu serta tenaga. Pastikan juga, kreditur tersebut terpercaya sehingga terjamin keamanannya. 

Sesuaikan Angsuran dengan Kondisi Keuangan

Apapun yang akan kita beli baik, termasuk motor second memang sudah seharusnya disesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki. Jadi, setelah menemukan motor second terbaik serta kreditur yang tepat dan terpercaya, cek kembali apakah kondisi keuangan kita saat ini mendukung untuk membayar uang muka sekaligus angsuran bulanan motor tersebut hingga lunas. Lakukan simulasi perhitungan kredit untuk mendapatkan perkiraan angsuran sesuai dengan kemampuan. Dengan langkah ini, maka pembayaran angsuran bulanan tidak akan terasa memberatkan, sehingga kita akan terhindar dari kredit macet di tengah jalan.

Persiapkan Rencana Kredit Motor Second dengan Matang

Walaupun kredit motor second saat ini relatif tidak terlalu sulit, namun kita tetap harus merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Jadi, sebelum memutuskan membeli motor second secara kredit, pahami dulu beberapa hal, mulai langkah-langkah pengajuan kredit motor, fasilitas kredit yang ditawarkan kreditur, besar kecilnya uang muka, biaya akad kredit, hingga besaran angsuran kredit yang harus kita bayarkan.
Nah, itulah 7 tips penting yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk kredit motor second. Jika tertarik untuk membeli motor second dengan cara kredit, jangan lupa kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor untuk lebih mengetahui berbagai informasi tentang keuntungan kredit motor second, seperti bunga murah, kemudahan syarat kredit motor second, hingga keuntungan lainnya. Di cekaja.com, kita juga bisa mengajukan kredit motor second secara online. Tertarik?

Anda baru saja membaca Sebelum Kredit Motor Second, Perhatikan 7 Hal Ini! . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment