Pengin Traveling ke Bhutan? Nih, 3 Tempat Budaya Terbaik di Bhutan!

Bhutan merupakan sebuah kerajaan Buddha di tepi timur Himalaya, dikenal dengan wihara-wiharanya, benteng (atau dzong) dan lanskap dramatis yang di dataran subtropis hingga pegunungan dan lembah yang curam. Bisa dibilang Bhutan ini hidden gems yang belum diketahui banyak orang. Kamu juga baru tahu pas liat Instastories selebgram yang traveling ke Bhutan, kan? Langsung deh kepo cek jadwal penerbangan dan harga tiket ke Bhutan.

Bhutan atau the Land of the Thunder Dragon, adalah perpaduan unik antara unsur old school dan modern. Kerajaan Buddha dengan tradisinya yang kental dan belum pernah terjamah tapi tidak menutup diri dari perkembangan seni kontemporer. Berikut beberapa tempat budaya terbaik di Bhutan yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

National Museum of Bhutan
Sumber foto: www.bhutan.travel

Natiional Museum of Bhutan atau Museum Nasional Bhutan adalah museum budaya di kota Paro, Bhutan barat. Museum ini bertindak sebagai pelestari dan promotor budaya Bhutan yang memamerkan artefak dari sekitar 4000 SM hingga sekarang. Dengan kata lain,museum ini mencatat perjalanan Bhutan dari zaman batu sampai kerajaan Budha modern.

Menara pengawas enam lantai, yang dibuka untuk umum pada tahun 1968, menampilkan banyak artefak, termasuk thangka (gambar Buddha dilukis pada kain), pakaian dan perhiasan Bhutan, serta benda-benda ritual, seperti petir dan hiasan kepala yang digunakan dalam upacara Buddha. Museum ini harus masuk dalam rencana perjalanan kamu saat kamu sedang sibuk cek jadwal penerbangan dan harga tiket ke Bhutan.

National Folk Heritage Museum
Sumber foto: https://www.bhutan.travel

Museum ini bertempat di sebuah rumah kaca dan rumah kayu tradisional berusia 19 abad yang berusia lebih dari 150 tahun. National Folk Heritage Museum mencakup ladang padi, gandum dan millet, watermill, kebun dapur, pemandian batu panas, dan lain-lain. Museum ini menampilkan berbagai materi yang berkaitan dengan budaya dan cara hidup orang Bhutan. Kalau kamu pengin tahu gimana kehidupan masyarakat Bhutan, wajib banget hukumnya datang ke sini.

Kamu bisa menyaksikan demonstrasi kegiatan rumah tangga seperti markhu tsene (mengekstraksi minyak), tham dhunghi (beras berdebar), dan proses pembuatan bir ara kayne, minuman beralkohol khas Bhutan. Pengunjung dapat menikmati prasmanan terbuka di museum, yang menampilkan berbagai hidangan lokal, dengan pemesanan terlebih dahulu. Paket lengkap!

Vajrayana Art Gallery
Sumber foto: www.kuenselonline.com

Vajrayana Art Gallery terletak di kota Paro, Bhutan barat, merupakan galeri seni musiman dengan pameran yang diadakan dua kali dalam setahun, yaitu di musim semi dan musim gugur, bertepatan dengan festival keagamaan Bhutan termasuk festival Tsechu pada bulan Oktober.

Vajrayana Art Gallery menjadi tuan rumah untuk pameran pertamanya pada tahun 1996, menampilkan lukisan abstrak Chhime yang bergaya mengeksplorasi ikonografi Budha, khususnya untaian Vajrayana Buddhismeyang mengajarkan rasa hormat untuk semua bentuk kehidupan dan alam. Sebagian besar karya Chhime menampilkan objek-objek religius seperti mandala, simbol spiritual Buddhisme, dan bendera doa yang dicetak dengan manis (mantra agama).

Kalau kamu mengunjungi tiga tempat yang penuh akan budaya Bhutan di atas, dijamin makin pinter! Buruan cek jadwal penerbangan dan harga tiket ke Bhutan. Mau liburan mengesankan dithe Land of the Thunder Dragon? #gampang!


0 Tanggapan untuk "Pengin Traveling ke Bhutan? Nih, 3 Tempat Budaya Terbaik di Bhutan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel