Cara Membuat Mainan yang Unik dari Berbagai Bahan Bekas

(Image Source: www.idntimes.com)

Tentunya masing-masing dari kita pernah mengalami masa kanak-kanak? Ya, pada masa tersebut, kegiatan kita tidak bisa lepas dari apa yang namanya mainan. Ada berbagai jenis dan bentuk mainan yang kerap kita mainkan seperti mobil-mobilan, robot-robotan, boneka, dan masih banyak lagi. Tak sulit juga bagi kita untuk menjumpai mainan, baik itu di toko mainan maupun dari para pedagang mainan yang biasa berkeliling di sekitar tempat tinggal. Nah, berbicara soal mainan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan tentang cara membuat mainan yang unik dari berbagai bahan bekas. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini:

Mobil-mobilan dari Botol Bekas :

1. Pertama-tama, siapkan satu buah botol bekas yang berukuran sedang, kemudian lepaskan labelnya. Setelah itu rendam botol ke dalam campuran air panas dan cairan sabun pencuci piring, dan biarkan kurang lebih selama 10 menitan. Dengan demikian, maka botol tersebut dapat dibersihkan dengan mudah, serta dapat membunuh bakteri yang ada di dalamnya.

2. Jika sudah demikian, silahkan buat lobang pada sisi botol dengan menggunakan pisau atau cutter. Lakukanlah dengan hati-hati, agar pisau tidak melukai tangan anda. Pembuatan lobang pada sisi botol ini bertujuan sebagai tempat pemasangan as roda.

3. Berikutnya buatlah as roda dengan menggunakan berbagai bahan seperti sedotan, stik, tusuk gigi, kawat, dan lain sebagainya. Namun agar as rodanya lebih kuat, anda bisa menggunakan pensil atau pulpen sebanyak 2 buah saja. 

4. Potonglah bagian atas botol untuk membuat kaca jendela mobil dengan menggunakan cutter, dan potonglah dengan bentuk segi empat atau persegi pada bagian atas botolnya. Potongan 3 sisi dari persegi tersebut, agar anda dapat menekuk potongannya kea rah atas, dan pastikan juga bahwa bagian yang terpotong tadi menghadap ke arah depan. 

5. Kemudian siapkan tutup botol sebanyak empat buah, yang digunakan sebagai ban mobilnya.

6. Cat tutup botol tersebut dengan warna hitam menggunakan cat luksi atau piloks, dan usahakan cara mengecatnya harus rapih. 

7. Jika tutup botolnya sudah selesai di cat, silahkan lubangi dengan menggunakan bor atau benda tajam lainnya. Namun agar hasil lubangnya lebih rapih, disarankan bagi anda untuk menggunakan bor.

8. Masukkan kedua ujung as roda mobil pada lobang tutup botol tersebut, dan perhatikan pula dudukan mobilnya. Apabila mobil tidak bisa digerakkan, maka ukuran tutup botol yang anda gunakan itu artinya terlalu besar atau terlalu kecil. Selain itu, pastikan juga bahwa anda sudah memasang tutuop botol dengan bagian luar yang menghadap ke arah botol agar pergerakkan mobilnya stabil.

9. Selanjutnya tariklah tali untuk menggerakkan mobilnya, dan mobil pun sudah bisa anda mainkan.

Tempat Charger Dari Kardus:

1. Siapkan 1 buah kardus, kemudian potong menjadi 4 bagian dengan bentuk kotak.

2. Rekatkan satu kardus ke kardus lainnya dengan menggunakan lem, dan biarkan hingga kering.

3. Jika sudah demikian, silahkan tempelkan kertas lipat berwarna pada bagian luar kardus agar tampilannya lebih menarik lagi.

4. Selesai, dan tempat charger pun sudah siap untuk anda gunakan.

Bagaimana, cukup mudah dan simple kan? Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membuat dari berbagai bahan bekas, yang tentu saja harus kamu coba sendiri. 


0 Tanggapan untuk "Cara Membuat Mainan yang Unik dari Berbagai Bahan Bekas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel