Kategori: ,

Persiapkan 5 Hal Berikut Sebelum Berakhir Pekan di Jogja

(Jalan Malioboro, salah satu ikon kota Jogja via wikipedia)

Yogyakarta atau sebagian orang menyebutnya 'Jogja', kini memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi sebagian orang. Terbukti, hampir setiap momen liburan akhir pekan tiba, tempat-tempat wisata di provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah dan Samudra Hindia ini hampir selalu dipenuhi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancangera.

Kepopuleran Jogja sebagai tujuan wisata tentu tak terlepas dari potensinya yang memang istimewa. Ya, Yogyakarta memang istimewa dan memiliki sejuta pesona. Salah satunya, terletak pada beragamnya objek wisata yang ada di Jogja, mulai dari tempat wisata yang bertemakan keindahan alam, sejarah dan kebudayaan, kuliner, hingga tempat-tempat wisata modern yang hits dan instgramable. Maka, tidaklah mengherankan jika saat ini banyak sekali masyarakat yang menjadikan Jogja sebagai salah satu tujuan untuk berakhir pekan.

Kalian juga memiliki rencana menghabiskan akhir pekan di Jogja? Jika iya, agar liburan di Jogja berjalan lancar, ada baiknya kalian terlebih dahulu merencanakannya secara cermat. Pasalnya, kalau tidak direncanakan dengan matang, bisa jadi akan berantakan sehingga menjadikan pengalaman berakhir pekan di Jogja menjadi kurang mengesankan. Nah, berikut adalah 5 hal yang wajib kalian persiapkan sebelum liburan akhir pekan di Jogja.

1. Anggaran Liburan

Hal pertama yang harus kita persiapkan sebelum memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan dengan liburan di Jogja adalah anggaran liburan atau biaya. Kita perlu mengalokasikan biaya untuk liburan di Jogja secukupnya. Jangan sampai salah memprediksi biaya selama liburan ya, karena jika biayanya membengkak justru akan menjadi mimpi buruk bagi keuangan kita.
(Siapkan anggaran sedetail mungkin, termasuk biaya sewa kendaraan seperti di Pantai Baru, Bantul, Yogyakarta ini/Dok. Pribadi)

Nah, agar tidak menjadi mimpi buruk, maka kita harus mempersiapkan dengan sedetail mungkin biaya selama liburan di Jogja. Prediksikan dengan mencari referensi di internet terlebih dahulu berapa besar anggaran untuk transportasi, penginapan, tiket masuk ke objek-objek wisata, konsumsi sehari-hari hingga biaya-biaya yang tidak terduga lainnya.

2. Tujuan Wisata

Setelah mempersiapkan anggaran untuk liburan akhir pekan, saatnya kita menentukan destinasi wisata yang di Jogja. Tentukan terlebih dahulu berapa objek wisata di Jogja dan mana saja yang ingin kita kunjungi. Jika anggaran liburan kita terbatas, ada baiknya kita mengunjungi beberapa objek wisata yang saling berdekatan. Namun, jika anggarannya longgar, kita juga bisa memilih beberapa objek wisata yang tersebar di seluruh penjuru Jogja.
(Tamansari, salah satu objek wisata sejarah di Jogja/Dok.Pribadi)

Mengingat objek wisata di Jogja itu banyak sekali, sebagai referensi, jika kalian ingin berwisata di pantai, maka kalian bisa mengunjungi beberapa pantai yang di daerah Gunungkidul seperti pantai Baron dan Indrayanti, ataupun di Bantul seperti pantai Parangtritis dan Depok.
(Kaliadem, salah satu objek wisata di lereng Merapi, Yogyakarta/Dok. Pribadi)

Jika ingin menikmati pemandangan alam pegunungan, kalian bisa berkunjung ke daerah Jogja bagian utara, misalnya saja ke Kaliadem. Sedangkan, bagi yang suka dengan wisata sejarah dan budaya, Candi Prambanan ataupun tempat-tempat sejarah di sekitar Keraton Jogja bisa dijadikan tujuan wisata saat berakhir pekan di Jogja.

3. Transportasi

Kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu juga ke Jogja, ada beberapa alternatif pilihan alat transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju ke sana. Pertama, adalah menggunakan kendaraan pribadi. Dengan mobil pribadi, kita bisa bebas menjelajah objek-objek wisata di seluruh penjuru Jogja tanpa repot memikirkan transportasi penghubung antara objek wisata yang satu dengan yang lain.
(Kereta Solo Ekspres, salah satu moda transportasi ke Jogja/Dok. Pribadi)

Alternatif kedua adalah menggunakan transportasi umum. Bagi yang anggaran liburannya terbatas, bus dan kereta api tentu menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagi yang ingin lebih mengutamakan kecepatan dan kenyamanan daripada anggaran, tentu akan menuju ke Jogja dengan pesawat. Nah, setelah sampai di Jogja, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke objek-objek wisata dengan transportasi umum ataupun menyewa mobil untuk transportasi sehari-hari selama di Jogja.

4. Penginapan

Sebagai salah satu kota tujuan wisata populer di Indonesia, Yogyakarta memiliki banyak pilihan akomodasi atau penginapan, mulai dari kos, hotel, hingga home stay. Bahkan, saat ini banyak juga hadir apartemen yang membuat tren baru bagi para wisatawan saat menginap di Jogja. Fasilitas yang diberikan saat menginap di apartemen ini tentu berbeda-beda sesuai dengan harga yang ditawarkannya, mulai fasilitas umum seperti WiFi, tempat parkir, taman, hingga kolam renang di beberapa apartemen.
(Salah satu apartemen di Jogja via traveloka)

Kenyamanan menginap di apartemen yang nyaris sama dengan di hotel berbintang tentu menjadi alasan mengapa menyewa apartemen semakin diminati oleh wisatawan. Terlebih, harga sewa harian apartemen Jogja juga sangat terjangkau, mulai Rp250.000,00 saja perharinya. Dengan harga itu, umumnya penyewa sudah mendapatkan satu tempat tidur untuk satu orang, kamar mandi, dan perangkat elektronik seperti AC dan televisi.

5. Jadwal Liburan

Hal terakhir yang harus kita persiapkan sebelum berakhir pekan dengan liburan di Jogja adalah menyusun jadwal selama liburan. Susunlah jadwal sedemikian rupa dengan mempertimbangkan waktu liburan dan berapa lama waktu perjalanan serta waktu yang akan kita butuhkan untuk mengeksplor objek-objek wisata di Jogja.
(Susunlah jadwal sebaik mungkin untuk mengunjungi Gardu Pandang Merapi yang instagramable ini/Dok. Pribadi)

Menyusun jadwal selama liburan ini sangat penting, agar liburan yang kita rencanakan tidak berantakan. Pasalnya, jika jadwal liburan berantakan, sudah pasti akan merugikan kita, baik dari sisi waktu maupun pengeluaran. Jadi, susunlah jadwal sebaik mungkin untuk meminimalisir waktu liburan kita terbuang dengan sia-sia.

Nah, itulah 5 hal yang wajib kalian persiapkan sebelum liburan akhir pekan di Jogja. Persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin ya, agar liburan akhir pekan di Jogja benar-benar terasa mengesankan. Selamat berlibur, Guys!


Anda baru saja membaca Persiapkan 5 Hal Berikut Sebelum Berakhir Pekan di Jogja . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment