Yuk Belajar Tips Realistis: Belajar Membeli Saham Online untuk Pemula

Saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi pada berbagai bentuk investasi. Tentu saja investasi ada banyak macamnya, tapi investasi saham lah yang biasanya lebih digemari. Selain aman, saham juga selalu menjanjikan keuntungan yang menggiurkan baik itu jangka panjang maupun pendek. Bagaimana apa anda tertarik untuk terjun di dunia saham?

Saham pun semakin diminati ketika aksesnya mulai dipermudah, yaitu ketika bisa beli saham online. Jadi investasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Lalu Bagaimana Cara Belajar Beli Saham Online bagi Kita yang Masih Awam?

Pasti terlintas pertanyaan di benak anda, jika ingin mulai belajar beli saham online sebaiknya bagaimana ya? Berikut adalah beberapa langkahnya:

1. Menentukan tujuan

Dalam berinvestasi saham tujuan yang dicapai akan berpengaruh pada strategi yang dilakukan. Secara garis besarnya pola berinvestasi terbagi menjadi 3 kelompok:

- Investor adalah orang yang menginvestasikan dananya untuk tujuan keuntungan jangka panjang. Biasanya investor akan memilih perusahaan besar yang sudah memiliki performa yang baik untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Investasi jenis ini pada umumnya menggunakan analisis fudamental untuk melancarkan strateginya.

- Trader
Kebalikan dengan investor tujuan dari trader adalah untuk memperoleh keuntungan jangka pendek. Sehingga proses transaksi jual beli sahamnya pun memiliki jangka pendek hingga menengah, tergantung dari trader itu sendiri, bisa beberapa tahun, bulan, atau bahkan harian. Strategi yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan analisis teknikal

- Spekulan
nah bisa dibilang kategori ini adalah tujuan investasi yang jangan ditiru karena spekulan hanya bertujuan untuk bisa memperoleh keuntungan dengan hanya berspekulasi tanpa dasar (menebak) pada kondisi pasar modal, seperti hanya menebak,  ikut-ikutan, atau dapat info dari rumor.

2. Langsung Buka Rekening? Eits Jangan Dulu! Pelajarilah Ilmu Saham secara Mendalam

Jauh sebelum kamu memikirkan, duh kira-kira mau buka rekening di broker manakah? Atau mulai start prosedurnya kah. Sebetulnya akan lebih afdol jika pelajari dulu ilmunya dulu. Seperti anda harus paham dulu ilmu mengenai analisis fudamental dan analisis teknikal.

Setelah itu anda harus selalu update informasi mengenai ekonomi makro atau bagaimana kebijakan pemerintah akan memengaruhi struktur ekonomi di Indonesia dan akan berimbas pada perusahaan, pelajari pula jenis-jenis perusahaan yang sekiranya cocok pada kondisi ekonomi tertentu, atau mana yang tahan banting. Lalu setidaknya ketahui fungsi BEI juga yang berperan besar sebagai pusat pasar modal dalam mempertemukan emiten dan investor, mempelajari alur dalam jual beli saham online dll.

3. Menentukan Broker dan Membuka Rekening Saham

Sekuritas atau broker adalah pihak yang merupakan anggota bursa yang berperan dalam menghubungkan antara investor dan emiten. Sama seperti menabung di bank, anda harus menentukan sekuritas mana yang akan anda percayakan untuk membuka rekening saham. Misalnya seperti Mandiri Sekuritas yang juga turut menyediakan berbagai fasilitas dalam mempermudah jual beli saham online.


0 Tanggapan untuk "Yuk Belajar Tips Realistis: Belajar Membeli Saham Online untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel