Mengenal dr. Rini Hersetyati, SpM, Salah Satu Dokter Mata dengan Operasi Katarak Terbanyak di Jakarta

Semua pasti sepakat, jika mata adalah jendela dunia. Itu sebabnya kenapa mata sehat menjadi dambaan setiap manusia. Ya, sebisa mungkin kita harus menjaga kesehatan mata sebaik-baiknya agar terhindar dari berbagai gangguan mata, mulai masalah di retina hingga katarak.

Gangguan Retina

Gejala yang biasanya berkaitan dengan gangguan retina meliputi penurunan ketajaman penglihatan, metamorfopsia atau gangguan pada bentuk objek yang dilihat, kilatan cahaya, floaters atau bintik hitam yang melayang-layang pada lapang pandang, serta terjadinya penyempitan pada lebar pandangan secara tiba-tiba. Beberapa gejala tersebut dapat timbul saat perubahan pada retina masih sangat ringan,  sehingga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap mata yang cermat dan menyeluruh.

Katarak

Penyebab utama katarak adalah proses degenerasi akibat penuaan. Adapun penyebab lainnya meliputi trauma karena kecelakaan, peradangan pada mata, hingga kelainan bawaan. Gejala katarak yang ringan biasanya berupa penurunan ketajaman penglihatan, pandangan kabur atau buram, kesulitan mengemudi di malam hari, dan berkurangnya kemampuan melihat warna. Pada kondisi yang lebih parah, katarak dapat menyebabkan kebutaan atau hilangnya penglihatan secara total.

Penanganan Gangguan Mata

Bentuk penanganan gangguan mata tentunya bermacam-macam sesuai dengan jenis gangguannya. Untuk gangguan masalah retina, penyembuhannya bias melalui injeksi obat secara intravitreal langsung ke dalam rongga vitreous yang terletak pada bagian tengah mata. Selain itu, bias juga dengan metode fotokoagulasi laser, baik laser konvensional maupun terapi fotodinamik atau photodynamic therapy dengan menggunakan verteporfin.

Untuk kelainan refraksi, rabun jauh atau mata minus rabun dekat atau mata plus, serta mata silinder bisa diatasi dengan LASIK (Laser Assisted In-Situ Keratomileusis). Tindakan operasi LASIK ini dilakukan dengan memanfaatkan laser untuk membentuk kembali kornea, atau bagian yang jernih dan bulat pada bagian depan mata. Menurut para ahli, LASIK merupakan sebuah solusi bagi para pasien yang menderita kelainan refraksi atau gangguan penglihatan seperti yang disebutkan di atas. Adapun untuk penyembuhan katarak biasanya melalui operasi.

Mengenal dr. Rini Hersetyati, SpM, Salah Satu Dokter Mata dengan Operasi Katarak Terbanyak di Jakarta

dr. Rini Hersetyati, SpM adalah salah satu dokter mata dengan operasi katarak terbanyak di RS KMN Jakarta Selatan. Dengan bekal pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, pelatihan tambahan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo serta Jakarta Eye Center (JEC), dokter dengan kepribadian tegas dan jelas, serta jujur dalam memberikan terapi ini memiliki keahlian dalam diagnosa dan penanganan Katarak, LASIK, kasus retina dan Retinopati pada bayi prematur.
Salah satu pasien beliau memberi kesan bahwa dr. Rini adalah dokter yang ahli dan humoris sehingga pasiennya sama sekali tidak merasa tegang saat operasi katarak. Oleh karena ketenarannya, pasien beliau yang dari luar negeri pun mau mengantre dan tidak mau digantikan dengan dokter mata lain.

0 Tanggapan untuk "Mengenal dr. Rini Hersetyati, SpM, Salah Satu Dokter Mata dengan Operasi Katarak Terbanyak di Jakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel