Ayo Lawan Virus Corona! Inilah 5 Hal yang Perlu Kita Lakukan - Kang Masroer

Ayo Lawan Virus Corona! Inilah 5 Hal yang Perlu Kita Lakukan

Lawan Virus Corona

Dalam beberapa bulan terakhir ini, dunia digemparkan oleh wabah virus corona Covid-19. Akhir tahun lalu, makhluk kecil ini memang masih sebatas menebar teror kepada masyarakat yang tinggal Wuhan, China saja. Namun, kini ia telah menjadi pandemi dan menyebar ke ratusan negara di seluruh dunia. Tak ayal saja, keberadaannya pun saat ini menjadi momok menakutkan bagi seluruh penghuni planet bumi ini.

Bagaimana tidak, jumlah korban wabah virus corona Covid-19 ini tidak main-main. Menurut data WHO, hingga artikel ini ditulis, yaitu per 28 April 2020, tercatat ada 3.075.517 kasus manusia yang terinveksi virus yang satu ini. Sebanyak 925.090 orang dinyatakan sembuh dan 211.788 orang meninggal dunia. Di Indonesia sendiri, sesuai data Kementerian Kesehatan dan JHU per 28 April 2020, tercatat ada 9.511 kasus. Dari jumlah itu, 1.254 berhasil sembuh dan 773 di antaranya meninggal dunia.

Sampai detik ini, kasus virus corona Covid-19, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain di berbagai penjuru dunia juga masih berlangsung dan cenderung terus meningkat. Pasalnya, hingga saat ini memang belum ditemukan vaksin yang tepat untuk menangkal virus ini. So, kita pun harus melangkah bersama untuk melawan virus corona ini.

Virus Corona

Apa saja yang harus kita lakukan untuk melawan virus corona ini? Berikut adalah 5 hal yang perlu kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19.

Tetap Berada di Rumah

Mengingat belum ditemukannya vaksin virus corona Covid-19, maka cara paling ampuh untuk memutus mata rantai penyebarannya adalah dengan tetap berada di rumah. Sebisa mungkin, kita tetap bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah. Dengan begitu, maka akan meminimalisir kita untuk tertular virus corona dan menularkannya kepada orang lain.

Bagi para perantau seperti saya, selama pandemi ini belum usai, sebaiknya kalian juga tidak mudik ke kampung halaman. Pasalnya, virus mematikan ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Virus ini juga bisa berpindah dari satu orang ke orang lain di mana saja dan kapan saja melalui kontak fisik. So, sementara pendam rindumu ya, Guys! Yakinlah, saat pendemi berakhir kerinduanmu akan terbayar tuntas dengan pertemuan yang lebih membahagiakan.

Rajin Cuci Tangan

Selain menular lewat droplet atau cairan yang keluar saat seseorang batuk ataupun bersin, virus corona ini juga bisa menyebar melalui media tangan yang menyentuh barang-barang yang terkena droplet orang yang telah terinfeksi. Misalnya saja, gagang pintu, stang kendaraan, mesin ATM, dan lain sebagainya.

cuci tangan

Itulah sebabnya, cara kedua yang harus kita lakukan agar terhindar dari virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Cuci tangannya juga tidak asal-asalan, Guys! Para ahli telah merekomendasikan bahwa cuci tangan untuk menghindari virus corona ini dilakukan setidaknya 20 detik. Pasalnya, sabun butuh waktu sekitar 20 detik untuk mengangkat kuman dan virus yang menempel pada tangan untuk kemudian dibuang bersama aliran air.

Lakukan Physical Distancing

Physical distancing merupakan hal sederhana berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19. Penerapan physical distancing ini bisa kita lakukan dengan menjaga jarak fisik kita dengan orang lain sekitar 1 hingga 2 meter serta menghindari kerumunan orang. Dengan menerapkan physical distancing saat kita beraktivitas di luar rumah, itu artinya kita sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Sederhana, bukan?

Pakai Masker Saat Harus Keluar Rumah

Virus corona Covid-19 memang tidak menyebar melalui udara. Namun, penggunaan masker terbukti dapat meminimalisir penularan virus corona. Sebab, sebagaimana kita ketahui, virus ini dapat menyebar melalui droplet untuk kemudian masuk ke dalam tubuh melalui mata, mulut, ataupun hidung. Jadi, saat kalian terpaksa keluar rumah karena sesuatu hal yang penting, pastikan sudah menggunakan masker ya!

pakai masker

Meningkatkan Imun Tubuh

Tak hanya melakukan tindakan pencegahan di luar tubuh saja, kita juga perlu melakukan upaya pencegahan dari dalam. Ya, penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara untuk menangkal virus corona adalah memiliki imunitas tubuh yang baik. Nah, untuk meningkatkan imunitas tubuh, kita bisa melakukan beberapa hal. Mulai dari istirahat yang cukup, olahraga teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi, hingga berjemur di pagi hari.

Itulah 5 hal yang perlu kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19. Sebisa mungkin tetap stay di rumah aja ya, Guys! Meski di rumah, kalian tetap bisa kok mengikuti berita perkembangan terbaru tentang Covid-19 serta informasi kesehatan lainnya melalui aplikasi Halodoc.

hallodoc

HaloDoc merupakan aplikasi yang memungkinkan kita bisa berkonsultasi tentang kondisi kesehatan kita kepada dokter yang berpengalaman dan terpercaya secara gratis. Kita juga bisa memilih berbagai metode komunikasi, mulai dari chat, voice call hingga video call dari smartphone kapan saja dan di mana saja. Termasuk dari rumah tentunya.

Dengan aplikasi ini, kita juga bisa membeli obat ataupun kebutuhan medis lainnya dengan lebih cepat, aman dan nyaman. Kita tak perlu ribet keluar rumah, karena obat dan kebutuhan kesehatan yang kita perlukan akan langsung diantar ke rumah kita. Yuk, ikut serta memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19!


2 Tanggapan untuk "Ayo Lawan Virus Corona! Inilah 5 Hal yang Perlu Kita Lakukan"

  1. Semoga vaksin atau obatny bisa cepet ketemu. Biar kondisi bisa pulih kembali

    ReplyDelete
  2. Mini.... banget tapi bikin kehebohan di dunia. Itulah di corona.
    AYo kita jaga kesehatan dan rajin cuci tangan agar si mini ini segera menghilang

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel