Spesifikasi Sepeda Listrik Xiaomi HIMO C20 - Kang Masroer

Spesifikasi Sepeda Listrik Xiaomi HIMO C20

Sepeda Xiaomi HIMO C20

Siapa sih yang nggak kenal Xiaomi, ya kan? Perusahaan asal Tiongkok ini memang terkenal dengan berbagai produk smartphone yang memiliki spesifikasi dan fitur yang memukau dengan harga yang terjangkau. Namun, tahukah kalian, selain smartphone ternyata Xiaomi juga telah merilis beberapa sepeda listrik lho. Salah satunya adalah Xiaomi HIMO C20.

Bagi sebagian pecinta gowes garis keras tentu saja sudah tidak asing lagi dengan electric bicycle yang satu ini ya? Namun kalian yang baru saja menyukai aktivitas bersepeda, mungkin cukup penasaran juga ya, seperti apa sih wujud Xiaomi HIMO C20 ini? Bagaimana spesifikasi dan apa saja keunggulannya?

Nah, sekitar 3 bulan yang lalu, saya berhasil mendapatkan sebuah sepeda Xiaomi HIMO C20 ini, Guys. Sepeda listrik ini merupakan hadiah juara 2 dari sebuah lomba menulis yang diselenggarakan oleh Kadin Indonesia. Waktu itu, panitia lomba memberikan kebebasan khusus kepada pemenang juara 2 untuk membeli sendiri sebuah sepeda listrik. Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya saya pun memutuskan untuk membeli Xiaomi HIMO C20 itu.

Oh iya, saat kita membeli sepeda Xiaomi HIMO C20 baru, kita akan mendapatkan sebuah kardus besar yang berisi sebuah sepeda Xiaomi HIMO C20, 1 set Spakbor alumunium, 1 set Spakbor plastik model trail, 1 set Stand, 1 Adapter Charger untuk mengecas baterai, serta sebuah Manual User atau petunjuk penggunaan. Dan, tanpa panjang lebar, berikut adalah spesifikasi sepeda listrik Xiaomi HIMO C20.

Desain

Dari segi desain, tampilan Xiaomi HIMO C20 tentu jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan sepeda listrik pada umumnya. Bagaimana tidak, jika biasanya sepeda listrik itu berbody bongsor atau cukup besar, maka Xiaomi HIMO C20 tampil dengan gaya smart, slim, dan sporty. Ukurannya hanya 1470 mm × 610 mm × 1060 mm dengan jarak tengah roda depan dan belakang 965 mm.

Desain Sepeda Xiaomi HIMO C20

Rangka yang digunakan Xiaomi HIMO C20 merupakan high quality frame berupa alumunium yang sudah bersertifikasi 3C. So, saat mengendarainya, saya merasakan bodi sepeda ini begitu ringan, namun tetap terasa kokoh. Kalau menurut pembuatnya sih, sepeda listrik ini mampu menopang beban hingga 100 kg. Kelebihan lain dalam hal desain dari sepeda elektrik ini adalah stang atau handle bar-nya yang bisa dilipat dengan mudah, sehingga akan memudahkan penggunanya ketika memarkir Xiaomi HIMO C20 di tempat yang cukup sempit.

Baterai

Baterai yang digunakan Xiaomi HIMO C20 adalah Lithium Battery Power seberat 2,5 kg. Konon, baterai ini juga merupakan jenis baterai yang digunakan pada mobil elektrik yang dibesut oleh Tesla. Menurut pembuatnya, dengan sekali mengecas selama 6 jam, baterai yang berisi kumpulan baterai sejumlah 18.650 buah ini mampu menyuplai tenaga hingga sejauh 80 km.

Baterai Sepeda Xiaomi HIMO C20

Saya sendiri memang belum pernah membuktikannya, karena Xiaomi HIMO C20 milik saya, selama ini hanya saya gunakan untuk jarak dekat saja. Paling-paling hanya untuk perjalanan pp ke tempat kerja yang jaraknya hanya beberapa km saja. Namun, saya merasakan bahwa baterainya memang cukup. Terbukti, sejak membeli hingga kini, saya baru mengecasnya sekali saja.

Teknologi Listrik

Mesin motor listrik yang digunakan Xiaomi HIMO C20 mengusung daya motor sebesar 250 W. Mesin berjenis DC Brushless motor ini akan memberikan tenaga tambahan ketika kita menggowes sepeda. Dengan konsep hybrid yang dipakai dalam teknologi elektrik Xiaomi HIMO C20 membuat kita tidak cepat merasa lelah saat bersepeda. Ya, meski berjalan kencang dengan kecepatan hingga 25 km per jam, saya tetap merasa ringan dalam menggowes.


Lah, bagaimana kalau sepeda ini kehabisan baterai? Kita tak perlu khawatir, Guys! Sepeda Xiaomi HIMO C20 ini sudah mengadaptasi Shimano 6-Speed Hub atau 6 percepatan. Pengaturan giginya juga sangat mudah. Kita bisa menyetting letak rantai pada gir-girnya sesuai dengan kebutuhan dengan cara menggeser atau memencet tombol sistem pemindah gigi yang ada di stang sebelah kanan.

Pemindah Gigi Sepeda Xiaomi HIMO C20

Panel Layar

Nah, ini yang menarik. Sebagaimana pada umumnya sebuah kendaraan bermotor, sepeda Xiaomi HIMO C20 ini juga dilengkapi dengan smart display berupa panel layar odometer yang menampilkan berbagai informasi, seperti informasi jarak tempuh, kecepatan kendaraan, dan kapasitas baterai. Melalui layar ini, kita juga dapat mengganti beberapa mode tingkat bantuan pedal, dari yang eco, medium, hingga high.

Panel Layar Sepeda Xiaomi HIMO C20

Fitur Lain

Sepeda Xiaomi HIMO C20 sudah dilengkapi dengan dua buah rem cakram, yakni di bagian depan dan belakang roda. Penggunaan double braking system ini tentu saja akan menambah sisi keamanan saat berkendara. Fitur unggulan lainnya, adalah adanya hidden inflator pump atau pompa angin yang tersembunyi di gagang sadel. Jadi, kita tak perlu khawatir saat ban berukuran 20 inch dari sepeda Xiaomi HIMO C20 tiba-tiba kempes di jalan. Tentu saja, asal kempesnya bukan karena bocor ya? Hehehe...

Cakram Sepeda Xiaomi HIMO C20

Tak hanya itu saja, sepeda Xiaomi HIMO C20 juga sudah dilengkapi dengan teknologi IPX5 yang memungkinkan seluruh bagian sepeda terlindungi dari air dan debu. So, kita bisa mengendarai sepeda ini dalam berbagai kondisi cuaca, termasuk ketika hujan tanpa khawatir terjadi korsleting listrik. Oh iya, Xiaomi HIMO C20 juga sudah dilengkapi dengan lampu depan dan belakang, pedal anti slip, serta bel manual yang ada di stang sisi kanan.

Nah, itulah spesifikasi sepeda listrik Xiaomi HIMO C20. Tentu saja, sebagaimana kata pepatah, tak ada gading yang tak retak. Setiap produk pasti ada keunggulan serta kekurangannya. Di antara berbagai keunggulannya tersebut, menurut saya Xiaomi HIMO C20 juga memiliki sedikit kekurangan.

Lampu Depan Sepeda Xiaomi HIMO C20

Salah satu kekurangannya, adalah Xiaomi HIMO C20 hanya bisa dilipat di bagian stang dan pedalnya saja, sehingga agak repot juga ketika kita akan membawanya menggunakan mobil pribadi ataupun angkutan umum seperti bus dan kereta api. Kekurangan lainnya, terletak pada usia baterai yang menurut produsennya hanya mampu berfungsi dengan baik selama 500 kali cas. Ya, meskipun baterai penggantinya cukup mudah ditemukan pasaran, tapi harganya lumayan menguras isi kantong juga, karena berkisar di angka 2 jutaan.

Namun bagaimanapun, terlepas kekurangannya tersebut, dengan berbagai fitur canggih dan modern serta desain yang kece badai, tentu Xiaomi HIMO C20 sangat cocok digunakan untuk beraktivitas di zaman sekarang ini. Bagaimana tidak, penggunaan sepeda elektrik ini ikut serta dalam mengurangi tingkat polusi udara yang semakin tak terkendali.

Tertarik untuk memilikinya? Jika iya, siapkan dana sekitar 8 jutaan untuk dapat meminangnya. Tersedia pilihan warna abu-abu dan putih ya, Guys!


0 Tanggapan untuk "Spesifikasi Sepeda Listrik Xiaomi HIMO C20"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel