Cara Membersihkan Toilet dengan Efektif - KangMasroer.Com

Cara Membersihkan Toilet dengan Efektif

Cara Membersihkan Toilet dengan Efektif(Image source: pixabay)

Bagi sebagian besar orang, membersihkan toilet merupakan salah satu pekerjaan yang lumayan memberatkan. Ya, kita harus berhadapan dengan noda serta kotoran-kotoran yang biasanya menjijikkan. Terlebih, jika nodanya sudah menjadi kerak. Kita tentu perlu mengetahui cara membersihkan toilet dengan efektif, sehingga noda-noda yang membandel bisa dengan mudah untuk dihilangkan. 

Noda membandel di toilet memang menjadi masalah yang kerap terjadi di kamar mandi sekitar kita. Noda membandel tersebut biasanya disebabkan oleh penumpukan kotoran. Seiring waktu, penumpukan kotoran tersebut kemudian menimbulkan toilet terlihat kotor dan tidak sedap untuk dipandang. Padahal, sebenarnya penumpukan kotoran tersebut bisa dihilangkan dengan beberapa bahan-bahan yang ramah lingkungan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara membersihkan toilet dengan efektif.

Baking Soda dan Cuka

Baking soda dan cuka putih, seperti kita ketahui, merupakan dua produk rumah tangga ramah lingkungan yang dapat membersihkan benda-benda dari berbagai macam kotoran, termasuk noda dan kotoran membandel yang ada di toilet. Caranya sangatlah mudah:

  1. Tuangkan cuka kurang lebih 1 cangkir ke permukaan toilet, kemudian ratakan dengan sikat. Setelah itu, diamkan sejenak selama satu menit.
  2. Tuangkan baking soda kurang lebih 1 cangkir pada permukaan toilet, kemudian tuangkan kembali cuka sebanyak 1 cangkir hingga 2 cangkir, dan diamkan sekitar 10 menit.
  3. Untuk noda yang sangat membandel, gunakan sikat untuk meratakan larutan baking soda dan cuka di sekitar area toilet, kemudian diamkan larutan tersebut selama 30 menit.
  4. Sikatlah toilet hingga noda benar-benar hilang. Jika masih ada sisa noda, gosoklah dengan sikat yang berbulu kaku. Setelah itu, bilaslah toilet dengan cara menyiramnya hingga bersih.

Lemon dan Garam

Selain baking soda dan cuka, kita juga bisa membersihkan toilet dengan lemon dan garam. Sebagaimana kita ketahui, sifat air lemon adalah asam, sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti cuka. Tak ayal saja, perasan air lemon merupakan salah satu bahan ramah lingkungan yang cukup efektif untuk membersihkan toilet.

Selain mampu membersihkan toilet dengan efisien, air lemon yang dikombinasikan dengan garam juga memiliki kemampuan yang tinggi untuk membunuh bakteri-besar bakteri yang ada di toilet. Bagaimana cara membersihkan toilet dengan lemon dan garam?

  1. Taburkan garam ke permukaan toilet.
  2. Kenakan sarung tangan plastik, kemudian belahlah lemon menjadi dua bagian. Gunakan bagian daging dari lemon yang telah dibelah tersebut untuk menggosok permukaan toilet bagian luar.
  3. Gunakan sikat untuk menggosok toilet secara menyeluruh dan lebih dalam. Jika nodanya sangat membandel, Anda juga bisa menambahkan baking soda ke dalam campuran lemon dan garam ini untuk membersihkan toilet yang lebih efektif.
  4. Setelah noda hilang, bilas toilet dengan menyiramkan air hingga bersih.

Asam Sitrat

Selain larutan-larutan seperti di atas, Anda juga bisa membersihkan toilet dengan berbekal asam sitrat. Sifatnya yang mirip seperti lemon dan cuka, menjadikan asam sitrat cukup efektif digunakan sebagai bahan ramah lingkungan untuk membersihkan kotoran dan noda berupa bakteri, jamur, serta mikroba yang menempel di toilet. Caranya juga cukup sederhana:

  1. Campurkan asam sitrat kurang lebih satu sendok makan dengan sebotol air, kemudian tuangkan ke permukaan toilet.
  2. Biarkan sejenak selama 15 menit hingga 20 menit. Jika nodanya cukup membandel, diamkan selama beberapa jam.
  3. Gosok permukaan toilet dengan sikat.
  4. Setelah itu, bilaslah dengan air hingga toilet terlihat bersih.

Nah, itulah beberapa bahan-bahan yang ramah lingkungan untuk membersihkan toilet sekaligus beberapa cara membersihkan toilet dengan efektif. Cukup mudah, bukan?


0 Tanggapan untuk "Cara Membersihkan Toilet dengan Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel