10 Kuliner Khas dari Kota Jakarta Yang Wajib Kamu Coba! - KangMasroer.Com

10 Kuliner Khas dari Kota Jakarta Yang Wajib Kamu Coba!

10 Kuliner Khas dari Kota Jakarta Yang Wajib Kamu Coba!
(Image source: pixabay)

Setiap daerah pastinya memiliki kuliner khasnya tersendiri yang menjadi daya tarik bagi orang-orang yang mengunjungi daerah tersebut. Salah satu daerah yang sering menjadi destinasi banyak orang yaitu Kota Jakarta. Kota ini merupakan salah satu kota yang memiliki ragam kuliner khas yang masih bertahan sampai saat ini.

Dari sekian banyak jenis kuliner Jakarta yang paling khas, berikut ini terdapat rangkuman beberapa makan khas kota Jakarta yang paling dicari oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke kota Jakarta. Kira-kira apa saja makanan kha situ? Apakah ada makanan favorit kamu didalamnya ? Yuk kita lihat makanan-makanan berikut.

1. Kerak Telur

Urutan pertama makanan khas Jakarta yang paling disukai yaitu kerak telur. Makanan yang terbuat dari telur yang dimasak dengan ketan dan juga campuran ebi dan serundeng ini merupakan jajanan khas kota Jakarta yang paling disukai. Bahkan karena citarasa makanan ini cukup masuk di lidah banyak orang makanan inipun kini sudah mulai dijual di kota-kota selain Jakarta.

2. Soto Betawi

Urutan selanjutnya dari makanan khas Jakarta yang paling dicari yaitu soto Betawi. Makanan khas Jakarta ini merupakan makanan berkuah yang kuahnya bisa dibuat dari campuran bumbu rempa dan juga santan ataupun susu. Kemudian soto Betawi ini biasanya disajikan dengan potongan daging, kentang, dan juga daun bawang untuk menambah citarsa dari soto Betawi ini.

3. Semur jengkol

Urutan ketiga makanan khas Jakarta yang paling disukai yaitu semur jengkol. Mungkin bagi sebagian orang makanan ini dianggap sebelah mata, tetapi sebenarnya jika diolah dengan proses yang benar semur jengkol ini bisa memiliki citarasa yang lezat. Biasanya penyajian semur jengkol ini disajikan bersamaan dengan nasi ulam ataupun nasi uduk khas Jakarta.

4. Asinan Betawi

Urutan selanjutnya yaitu Asinan Betawi yang merupakan makanan khas Jakarta yang disajikan dengan potongan sayuran segar yakni sawi, selada, dan tauge yang diasinkan kemudian barulah saat akan disajikan sayuran-sayuran tersebut disiram dengan campuran cuka dan juga kuahn cabai. Sensasi rasa yang didapatkan saat memakan asinan ini yaitu gurih, asam, dan pedas sehingga sangat cocok dimakan di sing hari.

5. Ketoprak

Selanjutnya ada ketoprak yang merupakan makanan khas Betawi yang disajikan dengan potongan lontong kemudian potongan telur dadar dan juga bihun kemudian disiram dengan kuah kacang yang manis dan gurih. Biasanya ketoprak ini bisa ditemukan saat jam-jam sarapan karena ini merupakan salah satu menu sarapan di Jakarta.

6. Roti Buaya

Jajanan khas kota Jakarta yang juga menjadi favorit adalah roti buaya. Biasanya dulu roti buaya ini hanya bisa ditemukan saat acara-acara tertentu dalam adat Betawi. Namun seiring berjalannya waktu roti Betawi pun dijual di beberapa toko roti di Jakarta dan menjadi makanan khas kota Jakarta. Roti buaya ini sebenarnya roti biasa hanya saja dibentuk mirip seperti bentuk buaya sebagai ciri khasnya.

7. Soto Tangkar

Makanan selanjutnya yang menjadi makanan favorit para wisatawan yaitu soto tangkar. Makanan ini merupakan makanan olahan iga yang direbus dan dimasak bersamaan dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga membuat rasa dari soto tangkar ini sangat kaya akan bumbu. Biasanya soto tangkar ini disajikan bersamaan dengan nasi putih, emping, dan juga sambal sebagai pelengkapnya.


0 Tanggapan untuk " 10 Kuliner Khas dari Kota Jakarta Yang Wajib Kamu Coba!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel