Berbagai Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghilangkan Bau Mulut - KangMasroer.Com

Berbagai Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghilangkan Bau Mulut

Berbagai Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghilangkan Bau Mulut
(Image source: pixabay.com/sweetlouise)
Bau mulut memang bukan termasuk masalah serius dari segi kesehatan, tapi bau mulut ini dapat membuat kita kurang percaya diri, dari aroma tak sedap mulut seringkali membuat kita merasa minder saat bercakap-cakap bersama orang sekitar. Apa pun itu penyebabnya, lebih baik jangan sampai nantinya bau mulut terus menerus menurunkan kenyamanan dan kepercayaan diri kita. Simak beberapa cara menghilangkan bau mulut berikut ini.

Hindari asupan yang bisa menyebabkan bau mulut

Walau rasanya enak, sejumlah makanan bisa menyebabkan bau mulut, misalnya saja durian, bawang putih, jengkol dan petai. Pada prinsipnya, setiap makanan yang dimakan bisa memengaruhi aroma mulut nantinya. 

Senyawa yang menyebabkan bau mulut terkandung di dalam makanan-makanan dan bisa bertahan di dalam mulut Anda. Selain itu, senyawa tersebut dapat masuk juga ke paru-paru dan darah, lalu menyebabkan aroma tertentu ketika membuka mulut.

Oleh karena itu, harus bijak memilih makanan sehari-hari agar dapat menghilangkan bau mulut.

Tidak merokok

Aroma mulut mereka yang merokok biasanya beraroma kuat dan tidak sedap. Karena perokok yang aktif akan lebih mudah mengalami masalah mulut dan gigi. Perokok lebih berisiko terkena penyakit gusi dibandingkan yang tidak. 

Penyakit gusi merupakan penyebab bau mulut. Jika sudah begini, maka cara terbaik menghilangkan aroma mulut tak sedap adalah berhenti merokok. Pada awalnya memang tak mudah, tetapi tidak mustahil juga untuk berhenti merokok.

Berhenti merokok tak hanya dapat membuat napas menjadi lebih segar. Dengan berhenti merokok, bisa juga menunjang kesehatan tubuh.

Mengunyah permen karet

Ada lagi cara lainnya yaitu dengan memakai permen karet untuk menghilangkan bau tidak sedap dari mulut saat momen-momen darurat. Permen karet ini bisa membantu membuat air liur lebih banyak keluar untuk membilas plak atau sisa-sisa makanan yang menyelip. 

Dengan permen karet, maka bisa menjadi solusi cerdas saat tidak membawa sikat gigi ketika di luar. Disarankan untuk memilih permen karet mint, hindari yang rasanya manis. Rasa mint mampu menyamarkan aroma tak sedap, sementara kandungan gula bisa berdampak tidak baik ke gigi. 

Yogurt

Minum yoghurt bisa menjadi cara lainnya untuk atasi bau mulut. Ada kandungan probiotik di dalam yogurt yang mampu melawan bakteri di mulut. Tak hanya itu, probiotik di dalam yogurt dapat juga menurunkan hidrogen sulfida dari adanya bakteri mulut. 

Hidrogen sulfida ini adalah senyawa yang bisa menyebabkan aroma khas mulut. Yogurt yang plain atau tanpa rasa menjadi pilihan terbaik agar mengatasi aroma mulut tak sedap. Tambahan gula pada yogurt rasa justru bisa menarik bakteri jahat.

Apel

Bukan hanya bermanfaat melancarkan metabolisme saja, buah berperan juga dalam menghambat bakteri beraktivitas menyebabkan bau mulut. Ada salah satu pilihan buah yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan bau di mulut yaitu apel.

Manfaat buah apel untuk kesehatan tidak perlu lagi diragukan. Selain buah apel kaya serat untuk metabolisme yang sehat, apel efektif meredakan aroma mulut tidak sedap. Apel bisa membantu menghambat bakteri bau mulut beraktivitas berkat polifenolnya. 

Polifenol buah apel dapat juga menghilangkan gas atau senyawa yang berbau. Tekstur apel saat dikunyah dapat juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan di gigi. Mengunyah apel pun bisa membuat mulut lebih banyak memproduksi air liur.

Air putih

Mulut kering bisa menyebabkan masalah bau mulut, mulut kering ini menandakan air liur diproduksi sedikit dan dapat juga memengaruhi kebersihan di dalam mulut. Tanpa adanya air liur yang cukup, bakteri yang menyebabkan bau mulut lebih cepat berkembang biak. 

Bakteri tersebut dapat tumbuh subur saat kondisi lingkungan sedang kering. Kalau bakteri sudah berkembang biak, maka kemudian bisa menghasilkan sulfur (belerang). Oleh karena itu, disarankan meminum air putih untuk dapat mengatasinya. Ingat untuk memperbanyak konsumsi air putih/ air mineral, bukan minuman yang manis-manis atau berkafein.

Rajin sikat gigi

Mulut dan gigi yang kotor merupakan penyebab bau mulut/ napas paling umum. Maka dari itu, menjaga kebersihan mulut adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan masalah bau mulut.

Sikat gigi anda dua kali setiap hari, lebih tepatnya saat pagi hari dan sebelum tidur saat malam hari memakai pasta gigi yang ber-fluorida. Mineral fluorida ini efektif dalam melindungi gigi kita dari kerusakan.

Jangan hanya asal saja menyikat gigi, coba terapkan teknik menyikat yang menyeluruh dan tepat supaya bisa merasakan hasil lebih optimal. Jangan lupa mengganti sikat tiap 3 atau 4 bulan. 



0 Tanggapan untuk " Berbagai Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghilangkan Bau Mulut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel