Keuntungan Investasi Obligasi di Pasar Sekunder - KangMasroer.Com

Keuntungan Investasi Obligasi di Pasar Sekunder

Keuntungan Investasi Obligasi di Pasar Sekunder
https://www.freepik.com/free-photo/cropped-business-man-making-notes-from-his-smartphone-calendar-organizer_5699210.htm

Kegiatan investasi obligasi yang dilakukan di pasar sekunder memiliki keuntungan tersendiri bagi para investor. Namun sebelum itu, tahukah Anda perbedaan dari pasar sekunder dan pasar primer. 

Dua jenis pasar modal tersebut bisa dijadikan sebagai jalur untuk melakukan investasi obligasi maupun jenis instrumen investasi lainnya. Sehingga Anda bisa melakukan pembelian surat berharga negara dengan aman dan terpercaya.

Jenis investasi obligasi merupakan salah satu instrumen investasi dalam bentuk surat pernyataan utang dari penerbit obligasi pada pihak pemegang obligasi. Jenis obligasi yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu obligasi pemerintah karena lebih terpercaya dengan keuntungan yang optimal dan risiko gagal bayar yang hampir nihil.

Perbedaan Investasi di Pasar Primer dan Pasar Sekunder Beserta Keunggulannya

Perbedaan Investasi di Pasar Primer dan Pasar Sekunder Beserta Keunggulannyahttps://www.freepik.com/free-photo/man-checking-e-mail-using-high-speed-internet-connection-electronic-devices-male-with-smart-phone-his-hand-sitting-front-open-laptop_9531562.htm

Ada beberapa perbedaan yang dimiliki oleh dua jenis pasar modal, baik pasar primer maupun pasar sekunder. Berikut ini beberapa perbedaan dari pasar primer dan pasar sekunder yang perlu Anda ketahui sekaligus keuntungan yang dimiliki untuk melakukan investasi.

1. Investasi Obligasi di Pasar Primer

Pembelian produk investasi seperti obligasi di pasar primer bisa Anda lakukan saat instrumen investasi tersebut dilepas untuk publik. Sehingga Anda akan menemukan penawaran obligasi yang dijual dengan nilai value yang sama 100% dengan nilai yang ditawarkan pada publik.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi dengan membeli obligasi di pasar primer seiring dengan banyaknya jumlah peminat investor di obligasi tersebut. Beberapa seri obligasi yang bisa Anda temukan di pasar primer seperti halnya seri ORI, SBR, SR dan ST.

Walaupun obligasi yang akan dibeli di pasar primer merupakan obligasi yang dilepas untuk publik, terdapat keterbatasan waktu pembelian obligasi di pasar modal yang satu ini. Sehingga Anda hanya bisa membeli obligasi di periode waktu tertentu.

Tidak hanya itu, Anda tidak bisa menemukan semua jenis obligasi di pasar primer. Karena beberapa obligasi diperjualbelikan di pasar sekunder oleh pihak penerbit obligasi. Sehingga Anda bisa menyesuaikan jenis pasar modal yang akan digunakan sebagai jalur untuk investasi obligasi sesuai kebutuhan.

2. Investasi Obligasi di Pasar Sekunder

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang obligasi di pasar primer, Anda juga perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan pasar sekunder beserta keuntungannya. Beli obligasi di pasar sekunder tergolong lebih fleksibel daripada pembelian obligasi yang dilakukan di pasar primer. 

Hal tersebut terjadi karena pembelian produk obligasi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan dan kebutuhan investor. Selain itu, jangka waktu obligasi yang ditawarkan juga tergolong cukup panjang yaitu sekitar 5 sampai dengan 10 tahun.

Selain itu, pasar sekunder juga bisa dijadikan cara alternatif saat Anda tidak bisa melakukan pembelian obligasi saat IPO (Initial Public Offering). Sehingga Anda bisa beli obligasi yang diinginkan di pasar sekunder sebagai wadah untuk memperdagangkan efek maupun surat berharga seperti obligasi.

Tidak hanya itu, obligasi yang diperjualbelikan di pasar sekunder terkenal lebih terjangkau seperti obligasi pemerintah. Terdapat dua seri yang seringkali digunakan obligasi pemerintah di pasar sekunder, yaitu obligasi pemerintah dengan mata uang konvensional (IDR) dan obligasi pemerintah dengan mata uang USD (INDON,INDOIS).

Investasi Obligasi Pemerintah di Aplikasi digibank by DBS Beserta Keunggulannya

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait perbedaan dua jenis pasar modal beserta keuntungannya, Anda juga perlu mengetahui keuntungan investasi di Aplikasi digibank by DBS. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi obligasi di Aplikasi digibank by DBS.

1. Kupon (Imbal Hasil)

Keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk investasi obligasi yaitu bisa mendapatkan kupon imbal hasil. Pada umumnya, kupon (imbal hasil) yang diberikan secara berkala memiliki presentase yang tetap dan telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Hal tersebut juga berlaku jika Anda melakukan investasi obligasi di Aplikasi digibank by DBS. Presentase kupon yang diberikan oleh penerbit obligasi pada pemegang obligasi yaitu sebesar 5,95% p.a.

2. Mendapatkan Keuntungan Setiap Bulannya

Selain mendapatkan kupon atau imbal hasil dengan presentase yang jelas dan menggiurkan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan setiap bulannya. Sehingga investasi obligasi yang dilakukan di Aplikasi digibank by DBS bisa dijadikan sebagai pendapatan tetap setiap bulannya.

3. Jumlah Minimal Pembelian Mulai dari Rp1 Juta

Kemudian, Anda juga bisa mendapatkan kemudahan dengan investasi obligasi di Aplikasi digibank by DBS dengan minimal pembelian mulai dari Rp1 Juta untuk Obligasi rupiah dan $1000 untuk Obligasi US Dollar. Sehingga dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda sudah bisa melakukan investasi yang optimal.

Kemudahan ini juga membuat instrumen investasi yang satu ini banyak dipilih oleh para investor yang memiliki background kelas menengah. Karena dengan begitu, setiap orang bisa mulai menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk berinvestasi.

4. Investasi Obligasi dengan Mudah Melalui Aplikasi

Terakhir, Anda juga bisa lebih mudah melakukan investasi melalui via Aplikasi digibank by DBS. Karena dengan begitu, Anda bisa melakukan jual beli obligasi pemerintah maupun registrasi SID (Single  Investor Identification) kapanpun dan dimana saja.

Hal tersebut tentunya sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk mendatangi suatu tempat hanya untuk melakukan registrasi maupun jual beli obligasi. Sehingga cukup dengan adanya akses internet dan gadget dalam genggaman, Anda sudah bisa melakukan investasi sesuai keinginan dan kebutuhan.

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi terkait pasar primer dan pasar sekunder beserta kelebihan Aplikasi digibank by DBS obligasi pemerintah? Demikian ulasan mengenai keuntungan investasi obligasi di pasar sekunder, semoga bermanfaat.

0 Tanggapan untuk " Keuntungan Investasi Obligasi di Pasar Sekunder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel