Kategori: ,

Mengenali Macam-macam RAM Komputer dan Fungsinya

RAM atau Random Access Memory merupakan suatu komponen berupa memori penyimpanan sementara pada perangkat komputer. Komponen ini hanya akan berfungsi sementara ketika perangkat dinyalakan. Sifat penyimpanan di dalam RAM ini hanya sementara dan akan kembali kosong ketika perangkat mati. Macam macam RAM komputer ada sangat banyak tergantung fungsinya. Yang menjadi pembeda adalah kecepatan akses data dan kapasitasnya.

Begitu pentingnya peran RAM pada sebuah perangkat komputer. Untuk lebih mengenali berbagai macam jenis RAM, simak ulasan berbagai jenis RAM untuk komputer berikut ini.

1. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

EDORAM mungkin terdengar asing bagi pengguna komputer sekarang. Jenis RAM ini mulai dikembangkan pada tahun 1995 dan teruji cukup baik dalam kecepatan transfer dan membaca data jika dibandingkan dengan jenis RAM lain. Umumnya EDORAM dipasang pada perangkat komputer Pentium atau komputer yang memiliki bus hingga 66 Mhz.

2. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Berikutnya adalah DRAM jenis RAM yang secara kecepatan lebih tinggi dari RAM, namun masih lebih rendah dibandingkan SRAM. Ram jenis ini membutuhkan kapasitor untuk menjadi tumpuan guna menyegarkan data di dalamnya. Yang membuat DRAM memiliki kecepatan cukup tinggi adalah karena komponen ini hanya menggunakan satu transistor dan kapasitor per bit. Frekuensi kerjanya berkisar di 4,7 Mhz sampai 40 Mhz.

3. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

Ini adalah wujud awal dari DRAM. Laju transfernya bisa mendekati 176 MB per detik untuk cache L2. Frekuensi kerjanya berkisar di 16 Mhz sampai 66 Mhz.

4. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

Kecepatan SDRAM bisa mencapai 100 – 133 Mhz, lebih tinggi dari dua jenis ram sebelumnya. SDRAM banyak ditemukan di perangkat komputer tahun 1996-2003. Ciri RAM ini adalah mempunyai 168 pin saluran transfer data dan memiliki dua celah pada bagian kaki. Umumnya kapasitas SDRAM hanya 16 MB sampai 1 GB.

5. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RDRAM pertama kali muncul di tahun 1995 dengan kecepatan 600 Mbyetes per detik. Kemudian di tahun-tahun berikutnya, kecepatan RDRAM makin bertambah sampai menjadi 1,6 GB per detik di tahun 1998. Oleh karena itulah komputer dengan prosesor Pentium 4 pada zamannya disarankan menggunakan ram jenis ini, terlebih untuk keperluan gaming.

6. SRAM (Static Random Access Memory)

Macam macam RAM berikutnya adalah SRAM sebuah komponen memori yang tidak membutuhkan kapasitor dan tidak perlu melakukan penyegaran secara berkala, sehingga kinerjanya pun lebih cepat. Kekurangan dari SRAM ini adalah mahalnya biaya produksi, sehingga jangan heran kalau SRAM hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja yang benar-benar penting.

7. Flash RAM

Kapasitas Flash RAM umumnya berukuran kecil saja karena hanya digunakan pada perangkat VCR, TV atau ponsel jenis lama. Flash RAM hanya bisa digunakan pada perangkat yang membutuhkan tingkat refresh dan daya kecil.

8. VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)

Fungsi dari RAM jenis yang satu ini adalah sebagai tempat penyimpanan pixel untuk sebuah tampilan grafis. Dengan menggunakan chip VGRAM, maka performa video akan menjadi lebih baik dan beban kerja CPU juga berkurang.

9. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)

Kalau yang satu ini adalah jenis RAM yang sekarang sangat umum digunakan pada perangkat komputer. Kecepatannya termasuk sangat tinggi dibandingkan jenis-jenis RAM yang tadi dijelaskan. Selain itu konsumsi daya listriknya pun lebih rendah. Selain itu, jenis DDR SDRAM juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis lainnya yakni DDR2 dan DDR3, yang mana ini merupakan pengembangan dari DDR SDRAM. Kapasitas memorinya bisa mencapai 4 GB per chip.

10. SO-DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)

Berbeda dengan komputer, laptop atau notebook umumnya menggunakan SO-DIMM. Ini adalah bentuk RAM yang secara fisik paling ringkas. Sebab ukurannya hanya kurang lebih setengah dari DDR SDRAM.

Itu tadi penjelasan tentang macam macam RAM untuk komputer dan laptop yang jarang diketahui. Jadi, RAM komputer bukan hanya DDR2 dan DDR3, namun dalam perjalanannya ternyata sudah ada banyak jenis RAM sampai akhirnya muncul jenis RAM yang ringkas seperti SO-DIMM. Jika Anda ingin meng-upgrade RAM, dapatkan produk terbaik dan harga bersahabat di Bhinneka.com.

Anda baru saja membaca Mengenali Macam-macam RAM Komputer dan Fungsinya . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment