Kategori: ,

Strategi Jitu Jualan Wall Decor Tanpa Tekor

"Ibarat bahtera tanpa nahkoda di tengah samudra nan luas. Terombang-ambing oleh badai dan gelombang, hingga tak tahu ke dermaga mana ia akan berlabuh."

Begitulah Guys, gambaran orang yang melewati tahun baru hanya dengan happy-happy tanpa menyusun sederet resolusi. Perumpamaan itu mengajarkan kepada kita akan arti pentingnya menyusun dan memiliki resolusi dalam hidup. Terlebih, saat momentum pergantian tahun tiba sebagaimana beberapa waktu yang lalu.

Kenapa harus menyusun resolusi di tahun baru?

Karena resolusilah yang akan menjadi sebuah langkah awal agar pribadi kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Selain perjalanan hidup kita di tahun yang baru menjadi semakin baik dan lebih terarah, dengan sederet resolusi, kita juga akan lebih termotivasi untuk mengarungi hari-hari di tahun berikutnya.

Jadi, kalau memperingati tahun baru itu jangan hanya sekadar merayakannya dengan pesta kembang api aja, ya Guys. Lebih dari itu, kita juga harus menjadikan momentum pergantian tahun sebagai ajang menilai diri sendiri, untuk kemudian menyusun sederet resolusi.
Sederet resolusi di tahun 2019

Oh iya, Guys. Ngomong-ngomong tentang resolusi, saya sendiri juga sudah menyusun sederet resolusi di tahun 2019 loh, tahun yang dalam kalender Tiongkok ini disebut sebagai tahun babi tanah. Resolusi tersebut terdiri dari berbagai hal yang menjadi harapan saya di masa yang akan datang. Tentu tak hanya dalam hal kesehatan, keluarga, dan gaya hidup saja, melainkan hingga hal-hal yang berkaitan dengan keuangan.

Dalam hal keuangan, selain bertekad untuk hidup lebih hemat dengan menabung dan berinvestasi, saya juga memiliki resolusi untuk menggali sumber penghasilan tambahan. Ya, meskipun sudah memiliki penghasilan tetap, saya masih bermimpi memiliki bisnis kecil-kecilan. Selain untuk memantapkan kekuatan finansial keluarga, bisnis ini juga akan sangat bermanfaat untuk mendukung aktivitas sosial saya. 

Nah, di tahun 2019 ini, resolusi bisnis yang akan saya wujudkan yaitu jualan wall decor berupa poster kata-kata bijak dan motivasi. Pilihan untuk membuka bisnis ini bukannya tanpa alasan, ya Guys. Karena, setidaknya ada lima hal yang memotivasi saya untuk membuka bisnis di bidang digital printing ini. Apa saja?
Inilah 5 motivasi jualan poster motivasi

Pertama, persaingan bisnis masih cukup ringan. Dari hasil pengamatan saya, masyarakat yang membuka usaha percetakan poster ini masih sangat sedikit. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mencari wall decor berupa poster kata-kata bijak dan motivasi sebagai hiasan dinding di rumah. Namun, setelah berkeliling di sekitar tempat tinggal saya, Prambanan, ternyata tidak ada satu toko pun yang menjual wall decor berupa poster. Kalau pun ada yang jual wall decor, bukanlah berupa poster. Melainkan berupa lukisan dan kerajinan tangan lainnya yang harganya cenderung lebih mahal.

Kedua, sebagian besar masyarakat kita saat ini adalah mereka yang biasa kita kenal sebagai generasi Y atau yang lebih populer disebut sebagai generasi milenial. Nah, generasi ini cenderung lebih menyukai hiasan dinding berupa poster, baik itu berupa tipografi quotes dari tokoh-tokoh terkenal ataupun kata-kata bijak dan motivasi, jika dibandingkan dengan jenis hiasan dinding lainnya.

Ketiga, poster berupa tipografi quotes dari tokoh-tokoh terkenal ataupun kata-kata bijak dan motivasi, juga dapat memberikan inspirasi serta semangat bagi orang yang melihat dan membacanya. Dengan begitu, maka secara langsung ataupun tidak, berarti kita juga telah ikut serta dalam menggiatkan literasi serta menebarkan energi positif bagi sesama. Iya kan?
Salam literasi!! (Pose ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan pilpres loh Guys..)

Keempat, usaha membuat wall decor berupa poster itu bisa dibilang modalnya sedikit tapi untungnya banyak. Modalnya, hanya bahan-bahan berupa kertas dan bingkai atau pigura yang bisa kita buat dari kayu, sterofoam, fiber, ataupun bahan lainnya. Adapun alat yang dibutuhkan hanyalah laptop untuk membuat desain poster, serta printer untuk mencetaknya.

Dan kelima, proses produksinya sangatlah mudah. Namanya saja digital printing, proses mencetaknya tentu lebih ringkas dan lebih cepat.  Lebih dari itu, digital printing juga memungkinkan kita sebagai produsen untuk memberikan pelayanan print on demand alias tanpa harus ada batasan minimal order bagi konsumen. Bahkan, mencetak poster dalam jumlah satuan pun oke-oke saja. Keren kan?

Nah, itulah Guys, beberapa alasan kenapa saya menjatuhkan pilihan pada percetakan dan penjualan wall decor ini sebagai salah satu resolusi bisnis di tahun 2019. Meskipun kapasitas terbilang kecil, bagi saya bisnis seperti ini cukuplah menjanjikan. Bagaimana tidak, ibaratnya hanya modal kertas dan tinta saja, namun keuntungannya berlipat ganda.
Hanya bermodal kertas dan tinta saja, tapi keuntungannya berlipat ganda

Kalian tentu juga punya resolusi bisnis di tahun 2019 ini kan? Atau barangkali resolusi kalian juga tak jauh beda dengan resolusi bisnis yang saya buat? Apapun resolusi bisnisnya, pastikan bahwa resolusi bisnis tersebut adalah sesuatu yang siap untuk kita wujudkan ya? Percuma saja kan membuat resolusi bisnis di tahun baru jika kita sendiri tidak siap untuk mewujudkannya?

Kata sebagian orang, mewujudkan resolusi itu memang tidak semudah Bandung Bondowoso membangun seribu candi, Guys. Tidak cukup hanya dengan membalikkan telapak tangan! Terlebih lagi untuk resolusi bisnis yang memiliki resiko tekor alias rugi kalau kita tidak berhasil mengelolanya secara baik.

Makanya, jangan heran jika menurut survey dari Universitas Scranton hanya 8 di antara 100 orang saja yang berhasil mewujudkan resolusinya. Padahal, sebenarnya kalau kita tahu strateginya, ternyata sangat gampang loh mewujudkan resolusi bisnis. Mau tau apa saja strategi jitu untuk mewujudkan sebuah resolusi bisnis?
Strategi jitu jualan wall decor tanpa tekor

Nah, berikut adalah penjelasan 7 strategi jitu yang saya lakukan untuk mewujudkan resolusi bisnis jualan wall decor tanpa tekor di tahun 2019. Simak ya Guys, barangkali bisa menjadi inspirasi bagi kalian semua. Dan semoga saja, kita semua menjadi bagian dari 8% orang yang sukses mewujudkan resolusi bisnisnya.
Strategi pertama adalah memastikan bahwa resolusi bisnis yang kita susun itu original dan berasal dari kejujuran hati diri sendiri. Kenapa harus demikian? Karena kondisi seseorang, baik bakat ataupun minat satu orang dengan yang lainnya itu berbeda-beda.

Sebagai gambaran, salah satu minat saya adalah menghias dinding rumah dengan wall decor berupa poster kata-kata bijak dan motivasi. Saya juga punya keinginan agar bisnis yang saya tekuni tidak mengganggu pekerjaan utama. So, bagi saya, bisnis di bidang digital printing adalah pilihan yang tepat. Karena, bisnis ini sesuai dengan passion saya, serta bisa dijalankan tanpa mengorbankan waktu untuk bekerja di kantor. Nah, kalian tentu lebih tahu minat dan bakat kalian sendiri. Intinya, just be the best version of you, ya!
Langkah ini mungkin terkesan sangat sederhana, ya Guys? Namun siapa sangka, ternyata strategi yang satu ini dapat berpengaruh besar loh pada proses pencapaian resolusi bisnis yang kita susun. Caranya, cukup dengan menuliskannya pada sebuah kertas, kemudian menempelkannya pada salah satu sisi dinding rumah yang sering kita lewati.
Resolusi adalah impian, Guys!

Saat melihat dan membacanya, kita tentu akan selalu teringat dengan resolusi-resolusi yang ingin kita capai. Termasuk, resolusi bisnis yang akan diwujudkan di tahun 2019 ini. Harapannya, sudah pasti agar kita senantiasa berusaha untuk mewujudkannya. Resolusi adalah impian, dan sebagaimana kata banyak motivator, “Tulis impianmu, maka dia akan mengejarmu!”
Selain menuliskan resolusi, tahu nggak Guys, jika motivasi untuk bisa segera mewujudkan resolusi juga bisa kita dapatkan dari orang-orang terdekat kita? Ya, support dari orang lain atau yang populer disebut sebagai motivasi sekunder ini terbukti memang sangat berpengaruh dalam proses mewujudkan resolusi. Bahkan tak hanya sebagai supporter, mereka juga bisa berperan sebagai pengawas terhadap progres resolusi kita. Jadi, jangan lupa ya, beritahukan kepada mereka mengenai resolusi bisnis kita.
Keberadaan target sangat penting untuk mewujudkan sebuah resolusi bisnis loh, Guys. Dengan adanya target, secara otomatis kita pun akan lebih termotivasi untuk segera mewujudkannya. So, buatlah target sekaligus perencanaan kegiatan setiap jangka waktu tertentu tentang kegiatan apa saja yang harus kita lakukan dan hasil apa saja yang harus kita capai. Misalnya saja, setiap minggu kita harus bisa mencetak berapa poster, atau setiap bulan kita harus mampu menjual berapa buah poster.
Banyak di antara kita yang merasa bingung, langkah apa yang harus dilakukan untuk memulai mewujudkan sebuah resolusi bisnis? Sehingga, hal yang sering kita lakukan adalah menunggu momentum yang pas, hingga pada akhirnya resolusi bisnis itu pun tidak pernah terwujud. Nah, sebenarnya ada strategi jitu loh untuk mengatasi problem yang satu ini, yaitu dengan cara memecahnya menjadi action step kecil. Sebagai contoh saja, untuk membuka percetakan poster kata-kata bijak dan motivasi, maka kita bisa menjadikannya dalam beberapa tahap.
Action step kecil untuk mewujudkan resolusi bisnis percetakan poster

Misalnya, untuk step pertama, dimulai dengan melakukan beberapa survey lapangan, mulai dari perilaku konsumen hingga tingkat persaingannya. Tujuannya, tak lain tak bukan adalah untuk mengetahui tingkat persaingan, pangsa pasar, dan potensi bisnis percetakan wall decor berupa poster kata-kata bijak dan motivasi tersebut. Dari hasil survey tersebut, selanjutnya kita tinggal menentukan langkah serta strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan bisnis yang sejenis, sehingga bisnis kita bisa eksis dan bebas dari kerugian.

Tahapan selanjutnya, yaitu step kedua adalah menyiapkan peralatan dan bahan-bahan sebagai modal bisnis percetakan poster. Peralatan dan bahan-bahan tersebut meliputi perangkat komputer ataupun laptop, mesin cetak digital atau printer ukuran A3, mesin finishing seperti pemotong, mesin laminating, kertas, tinta, bahan laminasi dan lain sebagainya.
Printer, salah satu peralatan wajib untuk bisnis percetakan poster

Meski peralatan dan bahan-bahannya tampak cukup banyak, namun kita tak perlu bingung untuk mendapatkannya. Pasalnya, saat ini sudah ada website yang tepat untuk berbelanja berbagai kebutuhan usaha, yaitu Ralali.comKalian sudah kenal dengan Ralali.com? Kalau belum, #IniSaatnya kalian mengenalnya, karena Ralali.com-lah yang akan membuat resolusi bisnis terasa mudah untuk diwujudkan.

Ralali.com merupakan Online B2B Marketplace pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan peralatan dan bahan-bahan untuk modal bisnis bagi para pelaku usaha, termasuk usaha percetakan. Di Ralali.com, semua peralatan dan bahan-bahan untuk memulai bisnis percetakan wall decor berupa poster kata-kata bijak dan motivasi bisa kita dapatkan secara mudah. Cukup dengan tiga langkah, yaitu: pilih produk dan toko yang diinginkan, masukkan ke keranjang belanja dan lakukan checkout, kemudian melakukan konfirmasi pembayaran pesanan.



Kenapa harus di Ralali.com? Karena marketplace yang berdiri sejak 2014 ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh marketplace lainnya, mulai dari pembayarannya yang mudah, aman dan terpercaya, hingga perannya sebagai distributor online yang menyediakan ribuan seller dan ribuan supplier yang siap menjadi partner bisnis bagi UMKM dan para pelaku usaha lainnya.

Tak hanya itu saja, sebagai pusat grosir online, Ralali.com juga menawarkan produk-produknya dengan harga grosir sehingga sangat cocok untuk berbagai kebutuhan bisnis. Banyaknya promo dan diskon yang didapatkan oleh pembeli juga semakin menambah panjang deretan keuntungan saat berbelanja di Ralali.com. Nah, setelah peralatan dan bahan-bahan sebagai modal bisnis percetakan poster tersedia, lanjut ke step ketiga yaitu memulai proses produksi atau percetakan. 
Alasan kenapa Ralali.com recomended sebagai tempat belanja kebutuhan bisnis

Kemudian step terakhir, yaitu melakukan pemasaran. Di era digital ini, membangun usaha memang terasa lebih mudah, termasuk dalam hal pemasaran. Jika dulu pelaku bisnis hanya bisa memasarkan produknya secara offline saja, kini sejak adanya internet, produk-produk yang kita hasilkan bisa dipasarkan secara online. Pemasaran secara online ini jelas semakin menguntungkan para pelaku bisnis, karena jangkauannya lebih luas dan tidak terbatas oleh waktu.

Memasarkan produk secara online memang bisa dilakukan dengan banyak cara, ya Guys? Bisa melalui social media, membuat toko online sendiri, ataupun bergabung dengan beberapa marketplace yang ada seperti Ralali.com. Ya, selain memberikan kemudahan saat berbelanja kebutuhan usaha, Ralali.com juga memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis untuk ikut bergabung menjadi seller.
Bergabung menjadi seller di Ralali.com ternyata banyak untungnya!

Banyak sekali keuntungan yang didapat jika kita bergabung dengan Ralali.com. Namun, yang paling menarik bagi saya adalah adanya seller incubator gratis. Jadi, jika kita bergabung dengan Ralali.com, kita akan diberikan fasilitas edukasi dalam mengembangkan bisnis online dengan mudah dan praktis. Pelatihan bisnis ini didukung oleh trainer yang sudah berpengalaman, sehingga omzet penjualan kita pun bisa meningkat dari waktu ke waktu.
Setelah bisnis percetakan wall decor berupa poster kata-kata bijak dan motivasi tersebut telah berjalan, kita tinggal melakukan evaluasi dengan cara membandingkannya dengan target dan perencanaan yang telah kita susun sebelumnya. Apabila ada hasil yang tidak sesuai dengan target ataupun target yang selesai tidak pada waktunya, tugas kita selanjutnya adalah menganalisis penyebab-penyebabnya. Setelah itu, melakukan langkah tindak lanjut di jangka waktu berikutnya. Tahapan evaluasi ini terbukti sangat bermanfaat untuk membuat kita tidak keluar dari ‘jalur’ mewujudkan resolusi bisnis yang telah kita susun.
Saat kita telah berhasil mewujudkan sebuah resolusi bisnis, tidak ada salahnya loh jika kita memberikan hadiah kepada diri sendiri sebagai reward atas tercapainya resolusi bisnis yang telah kita buat. Keberhasilan atas terwujudnya resolusi bisnis itu bisa dirayakan dengan berbagai hal yang kita senangi. Misalnya saja, jalan-jalan ke tempat wisata bersama teman-teman ataupun keluarga.
Kalau resolusi bisnismu berhasil, jangan lupa piknik ya?

Nah, itulah 7 strategi sederhana nan jitu yang saya lakukan untuk mewujudkan resolusi bisnis percetakan wall decor berupa poster kata-kata bijak dan motivasi. Strategi ini tentu bisa kalian terapkan juga untuk mewujudkan sederet resolusi bisnis di Tahun Babi Tanah ini. Yuk, semangat mewujudkan #ResolusiBisnis2019!

Anda baru saja membaca Strategi Jitu Jualan Wall Decor Tanpa Tekor . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

18 komentar:

  1. Wall Dekor bisnis kekinian, teman saya juga ada menjalani bisnis ini mas. Hanya dari rumah menghasilkan rupiah, jadi pngen deh dan Ralali.com memang keren ya mas, banyak kebutuhan yang bisa dibeli disana. Mksih sharenya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mas Rustam, bisnis percetakan di era saat ini memang lagi ngetren.. Mudah, modalnya murah, tapi untungnya berlimpah..

      Delete
  2. Setuju kang, strategi kece memang membuat resolusi terutama bisnis harus dari hati, lihat kemampuan diri bukan melihat ke rumput tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena passion masing-masing berbeda Mbak. Kalau menjalani bisnis yang sesuai dengan minat, akan terasa ringan dan menyenangkan..

      Delete
  3. sekarang lagi musim ya mas,,wall decor gini..soalnya kece dan motivasional juga sih..apalagi buat kantor startup gitu,,banyak yang pakai wall decor gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Menurutku wall decor poster itu kekinian banget. Kantor-kantor startup kan rata-rata didominasi anak muda Mbak. Jadi banyak yang pakai hiasan dinding walldecor kayak gini...

      Delete
  4. Semangat menjalankan resolusi bisnis wall decor nya. Semoga tahun ini si bisnis berjalan cemerlang ya Kang. Keren banget ini tulisannya. Mendetail sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih banyak ya Kak atas kunjungan dan doanya.. Semoga cemerlang juga buat Kakak..

      Delete
  5. Anak saya suka banget kang dindingnya di hias macam-macam biar moodnya nambah, sukses usahanya ntar aku intip-intip jualannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.. Sama kayak saya dong Mbak.. Di dinding rumah saya juga hanya memajang poster-poster motivasi gitu, biar mood tetap terjaga.. hehehe

      Delete
  6. Inspiratif mas, memang semua butuh dimulai ya.. kalo ngga dimulai mulai kita tidak akan pernah tahu seperti apa hasilnya.. semoga sukses terus ya mas, doakan saya untuk segera mewujudkan resolusi bisnis ditahun 2019 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih Mbak.. Butuh rencana dan keberanian Mbak untuk memulai bisnis.. Semoga segera bisa mewujudkan resolusi bisnisnya ya Mbak..

      Delete
  7. Resolusi tahun ini aku juga mau bantu suami untuk melebarkan usahanya Mas, memang usaha masih kecil tapi kami berencana buka toko ke 2. Nah kebetulan baca artikel ini, jadi bisa juga sebagai salah satu jalan untuk usaha lebih besar lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisnis besar semua diawali dengan bisnis kecil terlebih dahulu kok Mbak.. Yuk, terus semangat mengembangkan bisnis.. Bisnis percetakan seperti di atas bisa Mbak coba juga loh, modalnya kecil tapi untungnya lumayan..

      Delete
  8. wah idenya bagus juga nih, apalagi orang2 banyak yang ingin mendekor rumahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak, doakan berkembang dan sukses ya Mbak..

      Delete
  9. Wahhh, keren banget bang. Sebuah bisnis yang dimulai dari skill desain. Aku juga pengen banget, tapi kudu belajar banyak dulu :D

    ReplyDelete
  10. Lancaaar dan suksess ya kang bisnis wall decornyaa. . Semogaa resolusi bisnisnyaa bsa tercapaai, aamiin. . Lamaa banget ndak bw kesini, hehehe makin kece aja kang 😄

    ReplyDelete