Berburu Senja di Sisi Timur Yogyakarta


Banyak orang yang bilang, senja itu romantis. Terlepas benar atau tidak, nyatanya bulatan mentari yang menyerupai kuning telur dengan semburat jingga saat senja itu memang mampu menghipnotis. Tak heran, suasana senja pun banyak diburu, diabadikan, lalu dibagikan di social media dengan dibumbui kata-kata yang manis. Dan saya pun tak mau ketinggalan. Bersama Traveloka Xperience, pekan lalu saya berburu senja di sisi timur Yogyakarta. Tepatnya, di candi tercantik se-Asia Tenggara, Prambanan.

***
Jarum jam pendek di tangan sudah menunjuk ke angka tiga, ketika kami—saya, istri dan si Zizi—memasuki pintu gerbang kompleks wisata Candi Prambanan sepekan yang lalu. Usai memarkir kendaraan, kami bertiga pun bergegas menuju pintu masuk Candi Prambanan.

Ya, untuk menghindari antrean panjang, sehari sebelumnya saya memang sudah membeli tiket Candi Prambanan melalui Traveloka Xperience. Selain lebih praktis karena cukup menunjukkan e-voucher kepada petugas saat akan memasuki kawasan candi, bagi saya membeli tiket dengan cara ini juga lumayan menghemat biaya liburan. Pasalnya, harganya lebih murah jika dibandingkan dengan membeli tiket di loket secara on the spot.

(Masuk Candi Prambanan pakai e-voucher tak perlu antre panjang/Dok. Pribadi)

Sebagai gambaran saja, saat membeli tiket secara langsung di loket Candi Prambanan, maka pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp50.000 per orangnya untuk kategori dewasa dan Rp25.000 untuk kategori anak. Namun karena membeli tiket melalui Traveloka, maka saya dan istri masing-masing hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp47.000 saja, sedangkan si Zizi hanya Rp23.750.

Harga tersebut tentu akan menjadi lebih murah lagi saat perusahaan travel terkemuka di Asia Tenggara ini menggelar berbagai promonya. Seperti saat promo Epic digelar beberapa pekan yang lalu, tiket masuk ke Candi Prambanan hanya dibandrol Rp25.000,00 per orangnya untuk kategori dewasa dan Rp12.500,00 untuk kategori anak. Lumayan banget, ya kan?

(Pesan tiket lewat Traveloka Xperience lebih murah/Dok. Pribadi)

Setelah kode QR pada e-voucher berhasil dipindai oleh petugas, kami pun segera masuk menuju kawasan candi yang luasnya 56 kali lapangan sepak bola ini. Dari kejauhan, gugusan candi yang menjulang tinggi terlihat berdiri dengan anggun, seolah menyambut siapapun yang datang mengunjunginya. Sambil menunggu senja tiba, terlebih dahulu kami berkeliling untuk berburu keindahan di setiap sisi salah satu situs yang masuk dalam Warisan Dunia UNESCO ini.


Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu tercantik se-Asia Tenggara. Lokasinya terletak di sisi timur Yogyakarta, tepatnya di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jika diperinci, pintu masuk dan area parkir kawasan wisata sejarah ini berada di wilayah Klaten, Jawa Tengah, sedangkan lokasi berdirinya candi berada di wilayah Sleman, Yogyakarta.

(Inilah Candi Prambanan, candi tercantik se-Asia Tenggara/Dok. Pribadi)

Saat memasuki kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini, kita akan disuguhi pemandangan tiga candi utama yang berdiri dengan megahnya. Masing-masing adalah Candi Brahma, Siwa dan Wisnu. Ketiga candi utama tersebut memiliki tiga candi pendamping yang terletak di sebelah timurnya, yaitu Candi Angsa, Nandi dan Garuda.

Tak hanya ketiga candi utama dan pendampingnya, di kompleks ini juga berdiri banyak candi-candi kecil loh, seperti Candi Kelir, Candi Apit, Candi Patok, dan Candi Perwara. Menurut catatan sejarah, gugusan candi tersebut dibangun sekitar abad ke-9 Masehi, pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya.

(Maha karya Rakai Pikatan ini memang luar biasa/Dok. Pribadi)

Entah mengapa, saat melihat susunan batu-batu candi, saya selalu merasa takjub dan terpesona dibuatnya. Begitu pula saat menyaksikan Candi Siwa, candi tertinggi yang terletak di tengah-tengah. Bagaimana tidak? Di abad ketika belum ditemukan teknologi penggunaan semen dan rumus matematika tentang konstruksi, Candi Siwa dibangun menjulang setinggi 47 meter!

Tak berhenti di situ, kekaguman saya pun terus berlanjut ketika menyaksikan relief-relief yang terpahat apik pada dinding-dinding candi serta pagarnya. Pada dinding-dinding candi, terpahat beberapa relief yang sangat menarik. Mulai dari kisah Garuda—sosok manusia setengah burung—hingga seekor singa yang diapit oleh pohon Kalpataru, pohon kehidupan yang rindang serta meneduhkan.

(Seorang turis sedang mengabadikan keindahan relief candi/Dok. Pribadi)

Sementara pada dinding pagar yang mengelilingi candi utama bagian dalam, terpampang relief indah tentang berbagai kisah fenomenal. Salah satunya adalah relief Ramayana yang bercerita tentang perjuangan Sang Rama dan Hanuman saat merebut Shinta dari Rahwana.


Usai mengeksplore keindahan candi serta relief-reliefnya, kami berteduh di sisi tenggara candi utama. Di balik keteduhan ini, pandangan saya tertuju ke pelataran. Di sana masih tersimpan ribuan kisah yang tersembunyi di balik reruntuhan batu dari dua ratusan candi yang hingga detik ini masih belum tersusun rapi.

(Berteduh di sisi tenggara candi utama/Dok. Pribadi)

Bagi saya, candi yang juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang ini memang mahakarya yang luar biasa. Selain megah, di sana juga tersimpan sejuta pesona dan cerita, yang tentu saja tak akan cukup jika hanya dilukiskan dengan kata-kata.

Ribuan batu candi yang terhampar di pelataran itu juga sukses membuat saya terpaku dan termenung cukup lama. Hingga tak terasa, senja yang dinanti pun telah tiba. Saya bergegas bangkit dan segera mencari tempat untuk mengabadikan pemandangan suasana senja di salah satu tempat terbaik di Yogyakarta ini.

(Candi Prambanan, salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja/Dok. Pribadi)

Sebagai informasi, kawasan Candi Prambanan memang dibuka sepanjang hari mulai jam 06.00 pagi hingga 18.00 petang. Namun, untuk menghindari sengatan matahari serta untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal, jika kalian hendak menjelajah Candi Prambanan, datanglah menjelang sore hingga matahari terbenam.

Kala mentari mulai beranjak ke peraduan, gugusan Candi Prambanan akan terlihat keemasan karena tertimpa sinar matahari. Dari sisi timur, warna lembayung saat senja di balik kokohnya gugusan candi yang menjulang tinggi juga akan membuat suasana semakin terlihat eksotis.

(Lembayung senja di balik Candi Prambanan/Dok. Pribadi)

Sungguh, waktu senja yang tercipta menjelang malam di sisi timur Yogyakarta kala itu memang terasa amat indah. Sayangnya, ia hanya berlangsung begitu singkat. Saat terdengar suara azan maghrib berkumandang, kami cepat-cepat melangkah keluar dari kompleks Candi Prambanan. Di sepanjang perjalanan pulang ke rumah, saya pun terus membatin. Suatu saat nanti, saya akan berburu senja-senja yang lain di Yogyakarta.


Berburu senja di beberapa tempat wisata merupakan salah satu pengalaman seru yang bisa kita lakukan saat liburan tiba. Tentu saja, masih banyak aktivitas seru lain yang bisa kita lakukan. Di zaman yang serba digital ini, untuk mendapatkan inspirasi sekaligus merencanakan sebuah aktivitas seru tersebut tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Pasalnya, semua hal tentang perencanaan liburan, mulai dari mencari inspirasi aktivitas saat liburan, destinasi, hingga membeli tiket masuk dan segala akomodasinya bisa dilakukan hanya dari smartphone yang ada di genggaman. Ya, apalagi kalau bukan melalui menu Traveloka Xperience sebagaimana saat saya berburu senja di Candi Prambanan? Oh iya, kalian sudah kenal dengan Traveloka Experience?


Traveloka Xperience adalah platform digital yang menawarkan berbagai produk dan aktivitas liburan serta gaya hidup yang ada di seluruh dunia. Fitur baru dari Traveloka ini memiliki beberapa keunggulan yang sangat berguna bagi siapa pun yang akan menghabiskan waktu liburannya dengan berbagai pengalaman seru. Apa saja keunggulan Traveloka Xperience?

Pertama, Pesan Segala Aktivitas Terasa Cepat dan Praktis

Pastinya kamu pernah merasa tidak nyaman karena antrean panjang saat membeli tiket masuk ke tempat-tempat wisata kan? Dengan Traveloka Xperience, pengalaman menyebalkan tersebut tak akan pernah terjadi lagi, Guys! Pasalnya, Traveloka Xperience memiliki fitur Easy Access yang menjadikan proses pesan segala aktivitas liburan dan gaya hidup terasa sangat cepat dan praktis.


Selain tak perlu melakukan konfirmasi saat pembayaran, dengan fitur Traveloka Easy Access ini kita juga langsung dapat memasuki tempat wisata tanpa perlu mengantre panjang di loket penjualan tiket. Sehingga, aktivitas liburan pun akan lebih terasa nyaman dan mengesankan.

Kedua, Menyediakan Berbagai Cara Pembayaran yang Mudah

Selain kemudahan dalam pemesanan tiket serta saat memasuki destinasi, Traveloka Xperience juga memberikan kemudahan dalam hal pembayaran semua layanannya. Ya, sama seperti produk Traveloka lainnya, di Traveloka Xperience juga tersedia berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih dengan mudah.


Kamu bisa memilih pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank, Direct Debits, hingga transfer di ATM yang bisa dilakukan selama 24 jam non stop. Tak hanya itu, kita juga bisa membayarnya melalui Indomaret, Alfamart, Saldo UANGKU dan PayLater. Benar-benar mudah, bukan?

Ketiga, Bebas Cemas dan Tak Perlu Was-was

Rencana baik memang tak selalu berjalan dengan baik. Demikian juga dalam perencaan liburan, kadangkala kita masih menemui kendala seperti halnya saat pemesanan tiket. Namun, jangan cemas! Sebagai situs pencarian dan pembelian segala aktivitas liburan dan gaya hidup terbesar di Indonesia, Traveloka berkomitmen untuk melayani reservasi selama 24 jam non stop. Bahkan, termasuk ketika hari besar dan hari libur nasional.


Jika kita menemui kendala saat pemesanan, Tim Customer Service juga siap melayani kita di manapun dan kapanpun. Kehadiran Traveloka Xperience memang terbukti tak hanya memudahkan siapapun yang sedang merencanakan pengalaman seru saat liburan. Namun lebih dari itu, dengan Traveloka Xperience, kita pun akan lebih merasa nyaman dan tenang, karena tak perlu merasa cemas dan was-was lagi.

Dan Keempat, Tersedia Ribuan Pengalaman Seru di Seluruh Dunia

Sadar atau tidak, masih banyak di antara kita yang sering merasa bingung saat harus memilih aktivitas apa yang akan dilakukan saat liburan tiba. Nah, dengan Traveloka Xperience, hal tersebut tak perlu terjadi lagi, Guys. Pasalnya, di sana kita dapat berburu pengalaman seru di antara 15 ribuan pilihan aktivitas liburan dan gaya hidup yang ada di lebih dari 60 negara.


Berbagai #XperienceSeru tersebut tersusun rapi dalam 12 kategori yang mengintegrasikan aktivitas traveling dengan gaya hidup. Penasaran kan, apa saja ke-12 layanan Traveloka Xperience tersebut?

1. Atraksi

Melalui menu ini, kita bisa memesan tiket masuk berbagai atraksi. Mulai dari atraksi yang terdekat di sekitar kita hingga yang ada di luar kota, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Tak hanya yang bertema permainan, di sini kita juga bisa menemukan berbagai tempat wisata seru yang bertema keindahan alam, sejarah dan budaya, bahkan tempat-tempat wisata yang instagramable.

2. Bioskop

Siapa yang punya hobby nonton film di bioskop? Nah, di Traveloka Xperience, kalian bisa memesan tiket menonton film favorit di bioskop baik CGV, Cinemaxx, ataupun Flix yang ada di berbagai kota di seluruh Indonesia dengan mudah. Cukup dengan membuka Traveloka Xperience, pilih film favorit, jumlah tiket, serta posisi tempat duduk yang nyaman, kalian pun sudah bisa menonton film kesukaan tanpa perlu antrean panjang untuk membeli tiket sebelumnya.

3. Event

Kalian suka menonton konser musik, pertunjukan teater, atau gelaran balap motor? Di menu Event, kalian bisa mendapatkan e-tiket untuk beragam acara seru tersebut dengan sangat mudah. Kalian juga tak perlu mencetak tiket, karena Traveloka memiliki fitur Easy Access yang memberikan kemudahan bagi penggunanya saat akan memasuki tempat digelarnya event tersebut.

4. Hiburan

Ingin menghabiskan akhir pekan dengan aktivitas ringan? Buka saja menu Hiburan untuk memesan tiket berbagai aktivitas ringan namun terasa seru, seperti karaoke, berenang, ice skating, ataupun escape room di berbagai kota di Indonesia.

(Tanpa hiburan, seseorang tak akan bahagia/Dok. Pribadi)

5. Olahraga

Olahraga kini memang menjadi gaya hidup bagi banyak orang ya? Di Traveloka Xperience, kalian yang gemar berolahraga bisa banget loh memesan tiket masuk ke tempat-tempat untuk berolahraga, baik in door maupun out door. Berbagai aktivitas yang bisa kalian pilih, antara lain adalah berenang, fitness, climbing, rafting, bela diri, hingga bermain trampoline.

6. Spa dan Kecantikan

Bagi yang ingin memanjakan tubuh dengan melakukan relaksasi, menu inilah yang sepertinya menjadi pilihan tepat untuk diakses sebelum berakhir pekan. Pasalnya, di sini tersedia berbagai tiket tempat Spa dan Kecantikan, mulai dari yang menawarkan layanan perawatan kulit, rambut, pijat yang autentik hingga pijat ala Thailand. 

7. Taman Bermain

Si kecil mulai bosan dengan rutinitas hariannya? Tenang, kembalikan moodnya dengan berkunjung ke tempat-tempat bermain saat akhir pekan tiba. Tiket masuknya juga bisa dipesan dengan mudah di Traveloka Xperience loh. Dijamin, sepulang dari taman bermain ini, si kecil pun akan semangat lagi menjalani hari-harinya.

8. Transportasi

Kalian punya rencana liburan ke luar kota? Atau bahkan ke luar negeri? Pastikan sudah mengakses Traveloka Xperience terlebih dahulu ya, untuk kemudahan segala transportasi publik. Mulai kereta, bus, sepeda, speedboat, hingga penyewaan berbagai kendaraan lain di destinasi wisata.

(Mari, mengambil pelajaran dari setiap perjalanan/Dok. Pribadi)

9. Tur

Bagaimana kalau ingin menghabiskan waktu liburan dengan menjelajah banyak tempat wisata dalam sekali perjalanan? Tenang! Ikuti saja tur perjalanan di Traveloka Xperience yang memadukan beberapa kategori, seperti jelajah alam, kuliner, hingga ke tempat-tempat yang menawarkan keindahan seni dan budaya. Pasti akan terasa sangat seru dan mengesankan!

10. Pelengkap Perjalanan

Mengabadikan perjalanan dan membagikannya ke social media saat ini memang telah menjadi hal yang wajib dilakukan saat liburan. Nah, kalian yang tak mau dipusingkan dengan seperangkat kamera dan akses internet saat liburan, Traveloka juga menyediakan jasa fotografer, sewa WiFi, dan pembelian kartu sim lokal loh, sebagai pelengkap sebuah perjalanan.

11. Makanan & Minuman

Sering merasa bingung saat memilih jajanan khas sebagai oleh-oleh saat berwisata ke luar kota atau ke luar negeri? Pesan saja berbagai voucher jajanan khas di kota destinasi wisata melalui Traveloka Xperience. Lebih mudah dan praktis.

12. Kursus & Workshop

Bagi yang ingin mengisi akhir pekan dengan aktivitas meningkatkan kualitas diri, Traveloka Xperience juga memiliki beragam rekomendasi Kursus & Workshop yang menarik untuk kita loh. Mulai dari kursus kesenian hingga programming yang ada di berbagai tempat.

(Meningkatkan kualitas diri itu penting/Dok. Pribadi)

Nah, itulah beberapa keunggulan Traveloka Xperience yang akan memudahkan segala kebutuhan wisata dan gaya hidup kita. Tentu saja, masih banyak keunggulan-keunggulan lainnya, seperti banyaknya diskon dan promo yang akan membuat anggaran liburan kita jadi semakin hemat. Menarik sekali, bukan?

Itulah sebabnya, setelah pekan lalu berburu senja di Candi Prambanan, saat ini pun saya tengah merencanakan dua buah perjalanan berburu senja di tempat lain bersama Traveloka Xperience.



Pertama adalah berburu senja di Candi Boko, dan yang kedua adalah tur ‘Night Culture Jogja’ selama 7 jam yang salah satu aktivitasnya adalah berburu senja di Candi Ijo. Kedua candi yang terletak di sisi timur Yogyakarta ini, kabarnya juga menawarkan pesona senja yang memesona. Penasaran dengan keseruannya? Tunggu kisah berburu senja edisi selanjutnya, yaitu di Candi Boko dan di Candi Ijo, Yogyakarta.

Oh iya, kalian tentu juga memiliki rencana menghabiskan waktu liburan dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang seru, bukan? Pastikan mengakses Traveloka Xperience terlebih dahulu ya, untuk mencari inspirasi aktivitas saat liburan, destinasi, hingga membeli tiket masuk dan segala akomodasinya. Traveloka Xperience dulu, dapatkan pengalaman seru kemudian!



***

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog #XperienceSeru dengan Traveloka

9 Tanggapan untuk "Berburu Senja di Sisi Timur Yogyakarta"

  1. Kok keren ya hasil fotonya. Wah kalo pake Traveloka Experience, liburan jadi lebih menyenangkan, karena tiketnya lebih murah dan pesannya juga gampang ya... Luas amat ya, 56 x lapangan bola

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian test lensa, Mas hehehe.. Iya, lebih mudah dan murah pake traveloka.... Area wisata candi Prambanan memang luas banget, Mas. Tapi umumnya pengunjung cuma mengeksplore candi Prambanan saja, tidak sampai ke candi Sewu dll..

      Delete
  2. Belum pernah ke Candi Prambanan. Kayaknya menarik sekali untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke Candi Prambanan. Kayaknya menarik sekali untuk dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kapan-kapan ke sini, Mas. Istrinya diajak juga.. hehehe.. Akses transportasinya mudah banget kok.. Kalau dari Kebumen bisa ke Kutoarjo terus naik Prameks turun Maguwo, terus oper trans Jogja ke Prambanan.

      Delete
  4. keren artikelnya dan gambar pelengkapnya jadi semakin paham apa itu traveloka xperience

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mas. Selamat berburu pengalaman seru juga ya!

      Delete
  5. Saya pasti akan balik lagi ke Jogja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu, Kak. Yogya memang selalu istimewa dan ngangenin...

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel