Karies Gigi Adalah Masalah Gigi Paling Umum, Berikut Cara Pencegahannya

karies gigi adalah
(Image Source: pixabay.com)

Karies gigi adalah masalah gigi paling umum yang paling sering dijumpai di seluruh dunia. Penyakit berupa kerusakan gigi ini tidak mengenal batasan usia dan jenis kelamin. Karies gigi bisa terjadi pada anak-anak, dewasa bahkan lanjut usia, baik laki-laki maupun perempuan.

Karies gigi adalah kondisi di mana gigi berlubang akibat penguraian mineral pada bagian putih gigi yang tampak di dalam rongga mulut. Agar gigi tidak menjadi berlubang, karies harus dicegah sedini mungkin. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah karies yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah faktor terpenting untuk mencegah penyakit-penyakit dalam mulut, termasuk karies atau radang pada gusi. Untuk menjaga kebersihan mulut, gosoklah gigi setiap selesai makan. Atau setidaknya lakukanlah minimal dua kali dalam sehari, yaitu setiap setelah sarapan dan sebelum tidur.

Agar hasilnya maksimal, lakukan penyikatan gigi dengan benar dan tepat. Gunakanlah sikat gigi yang berbulu halus serta pasta gigi yang mengandung fluorida yang telah disetujui oleh Ikatan Dokter Gigi Indonesia. Kandungan fluorida pada pasta gigi ini mampu menguatkan enamel gigi dan mencegah karies gigi.

Menjaga Pola Makanan

Menjaga pola makanan juga sangat penting untuk mencegah karies. Makanan yang kaya kandungan gula lebih berpotensi mengundang bakteri sehingga memicu terjadinya plak di gigi. Oleh karena itu, batasi makan makanan manis, seperti caramel, kue kering, kue basah serta roti. Usahakan juga selalu berkumur atau menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluorida setelah makan makanan manis tersebut.

Selain makanan yang manis, makan makanan yang mengandung asam secara berlebihan juga dapat memicu karies. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan berasam seperti limau atau lemon, tomat dan acar karena makanan yang berasam ini dapat mengikis enamel layaknya asam dari minuman ringan. Sebenarnya boleh saja makan makanan-makanan ini, asalkan setelah makan, Anda langsung membersihkan mulut.

Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Untuk mencegah karies, makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya serat. Serat yang terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran ini akan berfungsi sebagai self cleansing yang baik bagi mulut. Tak hanya itu, vitamin yang terkandung di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran juga dapat memperkuat gigi serta jaringan yang ada di dalamnya.

Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, Anda juga bisa mencegah gigi berlubang dengan mengonsumsi air mineral dan teh hijau. Sebagian besar, air mineral di Indonesia mengandung fluoride yang dapat menguatkan enamel gigi. Sedangkan teh hijau mengandung zat yang dapat mencegah pembentukan plak.

Pemberian Fluor

Pemberian fluor ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara lokal maupun sistemik. Pemberian fluor secara lokal dapat dilakukan dengan aplikasi topikal pada gigi serta pemakaian pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluorida. Sedangkan pemberian fluor dengan cara sistemik dapat dilakukan dengan mengonsumsi tablet yang mengandung fluor.

Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Pencegahan karies selanjutnya, adalah dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi. Pasalnya, terkadang karies itu tidak dapat dideteksi hanya dengan mata telanjang. Sehingga, Anda pun perlu bantuan seorang dokter gigi untuk mendeteksinya. Oleh karena itu, agar gigi tetap bersih dan sehat, periksakan gigi ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali. Ketika Anda mengunjungi dokter gigi, mintalah juga kepada dokter gigi untuk melakukan pembersihan gigi.

Nah, itulah beberapa cara untuk mencegah karies yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat ya!


0 Tanggapan untuk "Karies Gigi Adalah Masalah Gigi Paling Umum, Berikut Cara Pencegahannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel