Menikmati Pesona Keindahan Pantai Jatimalang di Purworejo


Jawa Tengah kini memang telah menjadi salah satu provinsi tujuan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Banyaknya objek wisata yang ada menjadi daya tarik tersendiri bagi provinsi yang berada di tengah pulau Jawa ini. Objek-objek wisata tersebut tersebar di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Purworejo. Kalian sudah pernah melancong ke Purworejo?

Purworejo merupakan kabupaten yang terletak di sebelah barat Provinsi Yogyakarta. Tak hanya tempat wisata yang bertema sejarah, situs budaya, dan spot yang instagramable, kabupaten yang juga menjadi kampung halaman saya ini juga memiliki beragam tempat wisata menarik yang bertema alam, baik yang menawarkan keindahan panorama pegunungan maupun pantai.

Salah satu keindahan panorama pantai yang sayang sekali untuk dilewatkan saat kalian berkunjung ke daerah ini adalah Pantai Jatimalang. Pantai Jatimalang merupakan salah satu pantai yang terletak sekitar 17 km sebelah selatan dari pusat kota Purworejo. Tepatnya, berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

(Pantai Jatimalang Purworejo/Dok. Pribadi)

Dari pusat kota Yogyakarta, jarak pantai ini juga tidak begitu jauh, kurang lebih 60-an km di sebelah barat dayanya. So, jika sedang berlibur ke Yogyakarta, tak ada salahnya jika kalian juga mencari pengalaman di tempat-tempat baru, seperti di pantai Jatimalang ini. Terlebih, akses transportasi ke tempat wisata ini juga cukup mudah.

Untuk menuju ke lokasi pantai Jatimalang, kita bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, kalian bisa menaiki angkutan jalur 20. Rute perjalanannya adalah dari Terminal Purworejo – Nampurejo – Pantai Jatimalang. Akan tetapi, tidak semua angkutan jalur 20 berakhir di Pantai Jatimalang ya?

Oleh karena itu, jika kalian hendak melancong kemari, demi kemudahan perjalanan, saya lebih merekomendasikan untuk naik kendaraan pribadi saja, baik roda dua maupun roda empat. Nah, jika sedang berlibur di Yogyakarta dan hendak mampir ke pantai Jatimalang, kalian bisa menyewa mobil secara harian untuk menuju lokasi. Dengan menyewa mobil, tak hanya pantai Jatimalang, kalian juga mengeksplore tempat-tempat wisata lain yang ada di Purworejo.

(Pantai Jatimalang, salah satu rekomendasi destinasi wisata di Purworejo/Dok. Pribadi)

Di zaman yang serba digital ini, tak perlu bingung mencari tempat persewaan mobil ya! Pasalnya, semua hal termasuk sewa mobil bisa dilakukan dengan sangat mudah secara online. Cukup dengan memanfaatkan smartphone yang ada di genggaman, kemudian buka situs yang menyediakan layanan sewa mobil seperti di  https://www.trac.astra.co.id/, kalian sudah bisa mendapatkan mobil sewaan sesuai keinginan untuk menuju ke pantai Jatimalang.

Sebelum memasuki area pantai Jatimalang, kita akan disambut oleh patung Dewaruci yang berdiri dengan gagahnya. Dewaruci sendiri konon merupakan tokoh pewayangan yang menjadi guru sejatinya Bima saat ditipu oleh Durna untuk mencari air perwita sari. Tak hanya sebagai ikon pantai Jatimalang, patung ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung kemari.

Pantai Jatimalang ini mungkin memang tak setenar pantai-pantai yang ada di pesisir Gunungkidul. Namun, soal keindahan pemandangan dan panorama alamnya tentu tak perlu diragukan lagi. Cukup hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp4.000 saja, kita sudah bisa menimati eksotisnya hamparan pasir hitam yang berlatar hijaunya pepohonan cemara.

(Keindahan pantai Jatimalang Purworejo/Dok. Pribadi)

Keberadaan patung Dewaruci di tepi pantai juga semakin membuat pantai ini terlihat unik loh. Belum lagi, deburan ombaknya yang akan membuat siapapun akan betah berlama-lama di pantai ini. Itulah sebabnya, jika akhir pekan tiba, pantai ini selalu ramai oleh wisatawan.

Oh iya, sebagaimana di objek wisata lainnya, di Pantai Jatimalang ini juga tersedia fasilitas yang menjadi pembeda dengan pantai-pantai lainnya. Yaitu, fasilitas kolam air tawar yang terdapat di dekat bibir pantai. Kolam-kolam ini tentu akan menjadi tempat favorit bagi si kecil yang ikut berwisata ke pantai Jatimalang ini.

(Patung Dewaruci yang menjadi ikon pantai Jatimalang/Dok. Pribadi)

Selain kolam renang, fasilitas di pantai Jatimalang ini juga sudah bisa dibilang cukup memadai. Beberapa fasilitas dan pelayanan yang ada di tempat ini di antaranya adalah area parkir kendaraan, tempat istirahat, penginapan, kamar mandi, masjid, dan warung makan yang menyediakan berbagai menu seafood. Mulai dari ikan, lobster, kepiting, hingga menu ekstrim yaitu daging hiu yang diolah menjadi makanan yang lezat.

Tertarik untuk berkunjung ke Jatimalang dan mencicipi lezatnya daging hiu? 


0 Tanggapan untuk "Menikmati Pesona Keindahan Pantai Jatimalang di Purworejo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel