5 Cara Lindungi Si Kecil dari Virus Covid-19 - Kang Masroer

5 Cara Lindungi Si Kecil dari Virus Covid-19

5 Cara Lindungi Si Kecil dari Virus Covid-19
(Image source: pixabay)

Pandemi Virus Covid-19 memang telah menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Bagaimana tidak, penyebaran virus ini terasa begitu cepat. Mengutip data Worldometers per 24 September 2020, kasus Virus Covid-19 di seluruh dunia sudah mencapai angka 32.140.822 dengan 982.748 orang di antaranya harus berakhir dengan kematian. Terlebih, hingga hari ini belum ditemukan antivirus serta vaksin untuk menangkalnya.

Untuk mengatasi semakin bertambahnya korban jiwa, sejumlah negara pun telah berlomba-lomba untuk menciptakan vaksin dan antivirus Covid-19 ini. Menurut data WHO per 17 September 2020 yang lalu, setidaknya ada sekitar 36 kandidat vaksin Virus Covid-19 dari berbagai negara yang telah masuk ke tahap uji coba pada manusia. Bahkan, 9 kandidat vaksin Virus Covid-19 di antaranya sudah masuk dalam uji klinis fase 3.

Salah satu vaksin Covid-19 yang cukup menjanjikan, menurut WHO, adalah vaccine astrazeneca yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan farmasi terbesar di Inggris, AstraZeneca bersama Universitas Oxford. Sayangnya, belakangan ini sempat tersiar kabar bahwa uji klinis vaksin ini dihentikan untuk sementara waktu karena seorang relawannya mengalami peradangan pada sumsum tulang belakang. Hmm, rupanya kita harus sedikit bersabar lagi ya?

Sambil menunggu vaksin Virus Covid-19 yang tepat benar-benar ditemukan, maka mau tidak mau kita pun harus mencegah diri kita, anggota keluarga kita—termasuk Si Kecil tentunya—agar tidak terpapar virus Covid-19. Mengingat, tak hanya orang dewasa saja, penyebaran virus Covid-19 juga terjadi pada anak-anak. Nah, berikut adalah 5 cara untuk melindungi Si Kecil dari Virus Covid-19.

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara untuk menangkal virus Covid-19 adalah dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Langkah-langkah yang harus kita lakukan agar anak-anak memiliki imunitas yang baik yaitu dengan selalu menerapkan pola hidup sehat. So, pastikan Si Kecil dan seluruh anggota di rumah selalu mengonsumsi makanan sehat serta istirahat yang cukup ya. Jangan lupa juga untuk memberikan vaksin dan imunisasi kepada Si kecil sesuai dengan tahapan usia agar daya tahan tubuhnya menjadi lebih kebal.

2. Tidak Mengajak Si Kecil Keluar Rumah

Sebagaimana kita ketahui, virus ini bisa menyebar dari satu orang ke orang lain kapan saja dan di mana saja melalui kontak fisik. Oleh karena itu, untuk meminimalisir Si Kecil terpapar Virus Covid-19, sebisa mungkin kita tidak mengajak mereka pergi ke tempat-tempat umum terlebih dahulu. Cobalah berkreasi agar kegiatan anak saat belajar dan bermain di rumah tetap menyenangkan dan tidak terasa membosankan.

3. Selalu Kenakan Masker Saat Harus Keluar Rumah

Tetap berada di rumah memang cara paling mudah untuk melindungi Si Kecil dari Virus Covid-19. Namun jika karena suatu hal Si Kecil harus ikut pergi ke luar rumah, anak yang berusia 2 tahun atau lebih wajib dikenakan masker yang menutupi hidung dan mulutnya. Jangan lupa, ajarkan kepada anak cara menggunakan masker yang benar, seperti tidak menurunkan masker saat berada di tempat umum serta mengurangi intensitas memegang masker. Beri pengertian juga, agar anak selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

4. Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan Si Kecil secara umum, mencuci tangan juga terbukti mampu mencegah infeksi virus Covid-19. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air selama 20 detik dapat melindungi Si Kecil dari virus Covid-19. Jadi, pastikan Si Kecil rajin membersihkan tangannya ya. Paling tidak mencuci tangan setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah makan, setelah memegang benda-benda di tempat umum, serta selepas pulang bepergian dari luar rumah.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan di Sekitar Si Kecil

Selain membersihkan tangan, membersihkan permukaan benda-benda yang sering dipegang oleh Si Kecil di rumah juga penting untuk dilakukan. Misalnya saja gagang pintu, lantai rumah, hingga alat-alat permainan si Kecil. Sebelum dipakai oleh Si kecil, sebisa mungkin Anda sudah membersihkan permukaan benda-benda tersebut dengan mengelapnya menggunakan disinfektan untuk mematikan virus-virus dan bakteri yang menempel.

Nah, itulah informasi kesehatan tentang 5 cara untuk melindungi Si Kecil dari Virus Covid-19 yang sangat penting untuk diterapkan. Terlebih pada saat kondisi antivirus dan vaksin Covid-19 belum ditemukan seperti sekarang ini. Untuk update informasi lain seputar kesehatan, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Halodoc di smartphone ya!

Halodoc merupakan aplikasi yang memungkinkan kita bisa mendapatkan berbagai informasi tentang kesehatan. Mulai dari gejala penyakit, penyebab-penyebabnya, cara pengobatannya, hingga berbagai informasi seputar antivirus dan vaksin bisa kita dapatkan secara update kapan saja dan di mana saja melalui Halodoc.

Bahkan tak hanya informasi kesehatan saja, dengan Halodoc kita juga bisa bertanya secara langsung kepada dokter, beli obat, cek lab, mencari dokter ataupun rumah sakit, serta membuat janji untuk kunjungan dokter dan rumah sakit. So, tetap gunakan fitur aplikasi Halodoc untuk membantu Anda sekeluarga, termasuk Si Kecil tetap fit ya! Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?


1 Tanggapan untuk "5 Cara Lindungi Si Kecil dari Virus Covid-19"

  1. Pandemi ini mendidik kita biar menjalani pola hidup sehat tanpa ditunda lagi ya. Semoga keberadaan vaksin nantinya enggak buat masyarakat abai sama kebersihan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel