5 Manfaat Kesehatan dari Bermain Bulutangkis - Kang Masroer

5 Manfaat Kesehatan dari Bermain Bulutangkis

bulutangkis
(Image source: pixabay)

Bulutangkis tidak diragukan lagi adalah salah satu olahraga paling populer karena dapat dimainkan siapa pun yang bisa menggunakan raket. Sebagai olahraga untuk semua usia, bulutangkis tidak hanya menyenangkan, tapi juga memberi banyak manfaat kesehatan, tak hanya fisik, tetapi juga psikologis.

Selain manfaat umumnya, bulutangkis juga memiliki beberapa keuntungan spesifik yang membedakannya dari olahraga lain. Nah, simak beberapa alasan utama berikut mengapa bulutangkis baik untuk Anda!

1. Mempertahankan Kebugaran

Meski terlihat mudah, bulutangkis adalah olahraga yang sangat melelahkan dan mengharuskan Anda menggunakan seluruh kelompok otot utama. Berlari, melompat, menerjang, dan memukul smash, semuanya memerlukan tenaga. Bermain bulutangkis dapat membakar lemak sekitar 450-500 kalori per jam.

Tinggi net bulutangkis sekitar 1,5 meter, lebih tinggi daripada olahraga tenis, bola ping pong, atau squash. Jadi, Anda harus membuat pukulan yang lebih tinggi dibandingkan olahraga raket lainnya. Untuk mempertahankan shuttlecock di ketinggian itu, permainan membutuhkan banyak lompatan untuk menghasilkan pukulan di atas kepala.

Melompat adalah gerakan balistik yang membutuhkan pengerahan tenaga sepenuhnya secara singkat. Itu berarti, selama permainan, Anda melakukan latihan HIIT (latihan interval berintensitas tinggi) yang membakar kalori dengan cepat dan efektif, dan meningkatkan metabolisme Anda, bahkan setelah Anda meninggalkan lapangan. Jenis latihan kardiovaskular ini membantu Anda mempertahankan kondisi prima.

2. Menguatkan Otot

Bulutangkis adalah latihan untuk seluruh tubuh. Permainan ini membantu pertumbuhan dan mengencangkan paha depan, paha belakang, pantat, dan betis. Selain itu, otot inti, otot lengan, dan punggung juga ikut berolahraga. Serat otot yang Anda gunakan juga berbeda dengan serat otot untuk permainan level rendah, dan kekuatan yang Anda bangun di otot membuatnya lebih ramping, lebih kuat, dan lebih bugar.

Semakin banyak Anda bergerak, fleksibilitas Anda akan semakin tinggi, terutama dalam olahraga seperti bulutangkis yang membutuhkan ayunan dan jangkauan. Selain meningkatkan fleksibilitas, seiring waktu, keseimbangan Anda juga akan meningkat. Pertambahan panjang dan tinggi juga akan disertai postur tubuh dan stabilitas yang lebih baik.  Semua itu adalah komponen penting untuk gaya hidup sehat.

3. Mencegah Penyakit Berbahaya

Seiring bertambahnya usia, mobilitas Anda menjadi terbatas. Tetap aktif dengan bulutangkis dapat membantu menjaga sendi Anda tetap terlumasi, mencegah artritis dan kondisi serupa berkembang. Bermain bulutangkis meningkatkan aktivitas sel pembentuk tulang dan membantu asimilasi kalsium dalam matriks tulang, sehingga memperkuatnya. Osteoporosis pun dapat dicegah atau ditunda.

Seperti latihan fisik lainnya, bulutangkis juga dapat mengurangi atau menghilangkan risiko terhadap banyak masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas. Latihan secara teratur akan memperkuat otot jantung, menjaga pembuluh darah agar tidak tersumbat, dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Studi dari Program Pencegahan Diabetes menemukan bahwa olahraga menurunkan kejadian pengembangan diabetes hingga 58%, bahkan lebih baik daripada pengobatan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati tidur malam yang lebih nyenyak, meminimalkan kejadian penyakit yang sudah ada sebelumnya, yang semakin parah karena kurang tidur.

4. Mempertajam Pikiran

Dalam bulutangkis, shuttlecock tidak boleh memantul. Anda harus menjaganya tetap di udara, dan itu berarti lebih sedikit waktu untuk berpikir. Permainan ini membutuhkan kecerdasan untuk menyusun strategi dan membuat keputusan dalam waktu sepersekian detik. Anda harus memikirkan bagaimana mesti melakukan servis, di mana harus berdiri di lapangan, atau bereaksi cepat terhadap pukulan.

Bulutangkis juga melibatkan banyak observasi dan interpretasi untuk mengalahkan lawan. Gabungan antara ketangkasan pikiran dan tubuh akan menghasilkan refleks yang baik dan meningkatkan kemampuan berpikir. Pikiran Anda akan menjadi lebih tajam.

Konsentrasi, fokus, kewaspadaan, dan ketangkasan Anda pun akan meningkat. Selain itu, jika Anda bermain ganda, Anda dapat mengasah keterampilan untuk bekerja sama dalam tim dan meningkatkan kesadaran tentang apa yang terjadi di sekitar Anda.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Tak hanya fisik, bermain bulutangkis juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Olahraga akan meningkatkan endorfin, yang merupakan neurotransmiter perasaan nyaman di otak, dan terbukti memperbaiki suasana hati. Permainan ini dapat membuat Anda merasa sehat, kuat, termotivasi, antusias, dan muda.

Ini membantu Anda menangkal depresi, kecemasan, stres, dan meningkatkan harga diri. Interaksi sosial dalam permainan juga akan menghasilkan perasaan yang positif setelah sesi di lapangan. Bergabung dengan liga juga dapat membantu Anda menjadi bagian dari komunitas.

Kesimpulannya, ada banyak alasan mengapa Anda perlu bermain bulu tangkis atau bergerak aktif dalam aktivitas fisik lainnya. Selain membangun kekuatan, keseimbangan, koordinasi, hingga meningkatkan kebugaran dan mengurangi risiko penyakit, aktivitas fisik juga menunjukkan pengaruh positif terhadap kesehatan mental dengan membantu Anda merasa lebih bahagia dan rileks.

0 Tanggapan untuk " 5 Manfaat Kesehatan dari Bermain Bulutangkis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel