5 Cara Mudah Perawatan Rambut Kering - Kang Masroer

5 Cara Mudah Perawatan Rambut Kering

5 Cara Mudah Perawatan Rambut Kering

Semua orang pasti mendambakan memiliki rambut yang sehat dan terawat. Terlebih wanita, bagi mereka rambut adalah mahkota. Semakin tebal, panjang, berkilau, dan sehat sebuah rambut, semakin bertambah pula daya pesona serta kepercayaan bagi pemiliknya. Maka tidaklah mengherankan jika banyak sekali para wanita yang rela menghabiskan uangnya hanya untuk merawat rambutnya.

Tak jauh beda dengan kulit wajah yang mempunyai banyak jenis, rambut juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada yang normal, kering, dan berminyak. Oleh karena itu, perawatan jenis rambut yang satu dengan yang lainnya pun tidak bisa disamakan. Misalnya saja, jika jenis rambutmu adalah rambut kering, maka kamu tidak boleh menyamakan perawatannya dengan mereka yang memiliki rambut normal ataupun berminyak.

Nah, tak perlu repot-repot pergi ke salon untuk perawatan rambut, jika jenis rambutmu termasuk rambut kering, berikut ini adalah 5 cara mudah perawatan rambut yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Gunakan Minyak Alami Sebelum Keramas

Kamu tentu pernah mendengar tentang manfaat alpukat dan kelapa untuk kesehatan bukan? Ya, tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit, minyak alpukat dan kelapa ternyata juga sangat baik loh untuk kesehatan rambut. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat meluruskan, melembutkan, serta melembapkan rambut. Sedangkan minyak alpukat mengandung protein, vitamin, serta mineral yang sangat penting untuk memperkuat dan menutrisi rambut.

Selain minyak alpukat, kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai alternatif untuk menutrisi rambut kering. So, dengan minyak alpukat ataupun minyak zaitun, pastikan sebelum keramas kamu sudah mengoleskan minyak ke seluruh bagian rambut dari akar hingga ujungnya ya! Jangan lupa, tutup dengan topi dan diamkan sejenak sebelum kamu membilasnya.

Pilih Sampo yang Tepat untuk Keramas

Perawatan rambut kering yang kedua adalah memilih dan menggunakan sampo yang tepat. Jika rambutmu termasuk jenis rambut yang kering, pastikan kamu menggunakan sampo dan kondisioner yang memang khusus untuk jenis rambut kering. Pasalnya, sampo untuk rambut normal kebanyakan tidak akan mampu memberikan kelembapan untuk jenis rambutmu yang kering.

Berbeda dengan sampo untuk rambut normal ataupun rambut berminyak, sampo untuk rambut kering selain memiliki kandungan nutrisi untuk rambut, biasanya juga memiliki kandungan pH yang lebih rendah, sehingga mampu menjaga kelembapan rambut. Oh iya, setelah keramas jangan lupa untuk memakai kondisioner ya, Guys!

Gunakan Masker Penutrisi Rambut

Selain kondisioner, masker rambut juga bisa dijadikan salah satu cara perawatan rambut kering loh. Ya, penggunaan masker rambut secara rutin 1 kali atau 2 kali dalam seminggu terbukti efektif untuk melembutkan rambut yang kasar serta menambahkan kelembapan rambut dan kulit kepala. Masker rambut ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti Greek yogurt, madu, serta minyak zaitun.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Panaskan 1 sendok minyak zaitun dan 1 sendok madu di panci kecil, kemudian tuangkan pada campuran yogurt dan 2 sendok makan minyak zaitun di mangkuk kecil, kemudian aduk hingga rata. Adapun cara penggunaannya, oleskan dan ratakan masker ke seluruh rambut setelah kamu keramas, kemudian biarkan sekitar 30 menit sebelum dibilas.

Sisir Rambut Secara Rutin

Menyisir rambut merupakan cara perawatan rambut kering yang efektif dan sangat mudah untuk dilakukan. Sayangnya, cara ini terkadang banyak dilupakan oleh mereka yang memiliki rambut kering. Padahal dengan menyisir rambut secara rutin, persebaran minyak pada kulit kepala akan menjadi lebih maksimal, sehingga minyak akan meresap pada setiap helai rambut.

Namun, tak sekadar rutin, menyiri rambut juga ada aturannya ya, Guys! Sebaiknya, hindari langsung menyisir rambut setelah keramas, karena rambut yang masih basah biasanya lebih rentan patah daripada ketika sudah kering. Selain itu, sebisa mungkin kalian juga memilih sisir bergigi jarang. Pilah terlebih dahulu bagian rambut yang kusut dari ujung rambut hingga ke akar secara perlahan guna menghindari rambut yang patah.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Selain perawatan rambut dari dari luar, jika ingin memiliki rambut yang sehat, kamu juga perlu memberi nutrisi pada rambut dari dalam loh. Terlebih jika rambutmu termasuk jenis rambut yang kering. So, sebisa mungkin kamu juga menjaga pola makan. Selain membiasakan minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk memastikan tubuh selalu terhidrasi, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan rambut.

Beberapa makanan yang mampu menutrisi rambut di antaranya adalah makanan yang mengandung protein, omega 3, serta antioksidan. Protein dan omega 3 bisa kamu dapatkan dari makanan laut, seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, ikan kembung serta tiram. Sedangkan, antioksidan bisa kamu dapatkan dari kacang tanah, kacang kenari, blueberi, tomat, dan brokoli.

Nah, itulah 5 cara perawatan rambut kering yang bisa kamu lakukan. Sangat mudah dilakukan, bukan? So, tak perlu repot-repot pergi ke salon, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.



0 Tanggapan untuk " 5 Cara Mudah Perawatan Rambut Kering"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel