Benarkah Stres Bisa Picu Asam Lambung Naik? - Kang Masroer

Benarkah Stres Bisa Picu Asam Lambung Naik?

Benarkah Stres Bisa Picu Asam Lambung Naik?
(Image source: pixabay
)

Naiknya asam lambung dapat membuat jadwalmu berantakan bahkan merusak aktivitasmu. Selama ini mungkin kamu mendengar bahwa banyak hal yang dapat memicu asam lambung, seperti pola makan yang tidak terkontrol, jenis asupan yang sembarangan, hingga kebiasaan buruk seperti berbaring setelah makan. Namun, tahukah kamu bahwa asam lambung bisa dipicu oleh adanya stres?

Stres yang berkepanjangan dapat menjadi momok bagi tubuh. Banyak penyakit yang dapat dipicu oleh stres, termasuk naiknya asam lambung. Seseorang yang memiliki beban hidup atau pekerjaan yang berat lebih berisiko mengalami naiknya asam lambung. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang menyebutkan bahwa sebagian besar orang yang mengalami kenaikan asam lambung mengaku mengalami stres dalam hidupnya.

Apa Hubungannya Stres dengan Asam Lambung?

Belum diketahui secara pasti apakah stres dapat membuat produksi asam lambung meningkat atau memperburuk asam lambung itu sendiri. Namun, ketika stres menyerang, seseorang menjadi lebih sensitif terhadap kadar asam yang rendah di kerongkongan serta sensitif pula terhadap paparan asam. 

Asam lambung yang dipicu stres memiliki keluhan yang lebih parah dibanding naiknya asam lambung yang diakibatkan oleh kesalahan makan atau kebiasaan buruk lainnya. Meskipun demikian, tidak ada data yang menunjukkan bahwa kadar asam lambung meningkat ketika seseorang sedang mengalami stres.

Penelitian lain menunjukkan bahwa ketika sedang stres, terjadi perubahan pada bagian otak sehingga dapat memicu reseptor rasa sakit. Hal inilah yang akhirnya membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit, termasuk lebih sensitif terhadap meningkatnya asam lambung meskipun dalam jumlah yang kecil. 

Cara Mengelola Stres

Seseorang yang pernah mengalami kenaikan asam lambung karena dipicu stres sebaiknya belajar mengelola stres dengan baik. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres agar tidak mengalami penyakit asam lambung naik.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan pola hidup sehat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya dapat menstabilkan berat badan, olahraga secara rutin juga dapat membuat otot tidak tegang sehingga stres berkurang. Meskipun demikian, hindari olahraga berat seperti angkat beban karena dapat memicu naiknya asam lambung

Menghindari Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung

Beberapa makanan diisukan dapat mengurangi stres, salah satunya adalah cokelat. Padahal, cokelat memiliki kandungan kafein yang dapat memicu asam lambung naik. Beberapa jenis makanan lain yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung adalah tmat, makanan yang mengandung asam tinggi (jeruk, lemon), kopi, makanan pedas hingga berlemak.

Tidur yang Cukup

Selain dapat meredakan semua rasa lelah akibat aktivitas yang padat, tidur juga dapat meredakan stres. Secara tidak sadar, tidur merupakan pereda stres alami terbaik. Jika kamu mulai stres, istirahat dan tidurlah. Namun, ketika kamu stres dalam kondisi sedang makan, pastikan beri jeda antara makan dan tidur agar tidak memicu naiknya asam lambung.

Belajar Mengatakan Tidak atau Jujur tentang Apa yang Dirasakan

Buatlah skala prioritas dalam hidupmu. Belajarlah untuk menolak segala hal yang tidak termasuk ke dalam daftar prioritasmu. Jangan sampai kamu selalu berkata “iya” hanya karena rasa tidak enak atau merasa kasihan terhadap orang lain. Padahal sebenarnya dirimu terbebani. So, selamatkan dirimu terlebih dahulu agar bisa menyelamatkan orang lebih banyak.

Melakukan Hobi

Beberapa orang melampiaskan stres kepada sesuatu yang telah menjadi hobinya. Seperti bermain game, menonton film komedi, hingga berbelanja. Eits, pastikan dompetmu aman ya untuk dibawa keliling pusat perbelanjaan.

Selain melakukan hal-hal di atas, tidak ada salahnya jika kamu tetap siap sedia obat antasida untuk mengatasi naiknya asam lambung yang mungkin saja tiba-tiba terjadi. Kamu bisa mengkonsumsi promag atau obat sejenisnya untuk selalu dibawa kemanapun kamu pergi. 




0 Tanggapan untuk "Benarkah Stres Bisa Picu Asam Lambung Naik?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel