Mudah Dirawat, 7 Jenis Tanaman Hias Ini Cocok Untuk Pemula - Kang Masroer

Mudah Dirawat, 7 Jenis Tanaman Hias Ini Cocok Untuk Pemula

Mudah Dirawat, 7 Jenis Tanaman Hias Ini Cocok Untuk Pemula

Selain mengisi waktu luang, hobi merawat tanaman hias juga bisa meningkatkan mood, mengurangi stres dan mempercantik tampilan rumah. Itu sebabnya tidak heran banyak orang mulai menggandrungi hobi merawat tanaman hias di tengah masa pandemi Covid-19 ini. 

Lagipula tidak selalu membutuhkan area lahan yang luas, kamu bisa merawat tanaman hias cukup dengan menggunakan pot dan memakai rak gantung atau meletakkannya di rak bunga. Jadi, nggak perlu khawatir lagi jika area halaman di rumah kamu terbatas. 

Meski begitu, jika masih pemula ada baiknya kamu memulai hobi ini dengan memilih jenis tanaman hias yang mudah dirawat agar kamu tidak berakhir kewalahan atau semakin tidak sabar untuk melanjutkan hobi tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh jenis tanaman hias yang cocok untuk kamu para pemula.

Lidah Mertua 

Sudah sering melihat tanaman Lidah Mertua ini kan? Tanaman ini memiliki bentuk seperti pedang yang tumbuh tegak memanjang dengan corak garis di tiap daunnya. 

Lidah mertua atau Sansevieria trifasciata termasuk dalam jenis tanaman hias yang cocok untuk pemula. Selain dapat ditanam indoor atau outdoor, tanaman hias ini juga bisa bertahan hidup di lingkungan yang relatif kering. Cocok untuk kamu yang terlalu sibuk atau sering lupa menyiram tanaman. 

Monstera 

Tanaman hits yang belakangan populer dicari banyak orang ini juga termasuk jenis tanaman hias yang mudah dirawat loh. Kamu cukup menyiramnya minimal 2 atau 3 kali seminggu. 

Tanaman dengan daun lebar berwarna hijau berlubang dan mengkilap ini juga tidak memerlukan cahaya matahari yang terlalu banyak sehingga aman jika ditempatkan di dalam ruangan. 

Sirih Gading 

Mau memulai hobi merawat tanaman hias tapi nggak mau ribet? Sirih Gading jawabannya! Sirih Gading termasuk jenis tanaman hias yang tahan banting karena bisa hidup di berbagai lingkungan, bahkan dengan cahaya yang minim. 

Kamu bahkan tidak perlu repot menyiapkan media tanam tanah karena Sirih Gading bisa ditanam di dalam air. Tidak perlu juga punya keahlian khusus untuk membudidayakannya. Cukup potong daun dan batangnya lalu pindahkan ke media tanah atau air saja. 

Sukulen 

Jenis tanaman hias berikut ini bisa jadi pilihan lainnya untuk kamu pemula. Selain bentuk dan jenisnya yang lucu-lucu, tanaman berukuran mini yang sekilas mirip kaktus ini mudah dirawat karena tidak memerlukan banyak air. Cukup siram setiap satu atau dua minggu sekali, tergantung kelembapan dan keringnya tanaman. 

Untuk menanamnya kamu butuh pot dengan bagian bawah yang berlubah untuk mencegah air siraman menggenang dan membuat akar sukulen membusuk. Tanaman ini juga bisa tumbuh di dalam atau luar ruangan loh.

Palem Kuning 

Dypsis lutescnes atau palem kuning biasanya dicari untuk mempercantik interior ruangan. Jenis tanaman hias ini juga sangat mudah dirawat karena tidak membutuhkan cahaya langsung dan hanya disiram secukupnya saja. 

Untuk merawatnya kamu hanya perlu memangkas atau memotong bagian daun jika kering atau terlalu lebat. Gampang kan?

Tillandsia 

Berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya, Tillandsia bahkan dapat ditanam tanpa media tanah atau air lohKarena dikenal sebagai air plant, kamu cukup menanam Tillandsia dengan menempatkannya di dalam wadah kaca atau toples dan membiarkan bagian atasnya terbuka. Tanaman ini akan mendapatkan nutrisi dengan menangkap oksigen dan uap air yang ada di udara. 

Jadi kamu tidak perlu sering menyiramnya. Cukup biarkan Tillandsia tumbuh sendirinya lalu semprot dengan air pada bagian akar dan daunnya sekali dalam 2 hingga 3 minggu dan bersihkan bagian daun dari debu sesekali. 

Peace Lily 

Peace lily adalah pilihan yang tepat untuk pemula. tanaman hias yang memiliki daun lebat dengan bunga putih berbentuk sendok ini dapat tumbuh dengan minim perawatan. Kamu cukup menyiramnya jika media tanam terlihat kering. 

Peace lily juga dapat bertahan di ruangan dengan pencahayaan yang minim, jadi tidak perlu khawatir jika kamu ingin menempatkannya di dalam ruangan. 

Itu dia beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk pemula. Nggak perlu lagi takut repot memulai hobi menanam tanaman hias kalau pilihan tanaman yang kamu tanam mudah dirawat seperti beberapa contoh jenis tanaman tadi kan. Jadi, tanaman hias mana yang paling ingin kamu tanam?


0 Tanggapan untuk " Mudah Dirawat, 7 Jenis Tanaman Hias Ini Cocok Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel