Manfaat Cek Kesehatan Kandungan yang Harus Bunda Ketahui - Kang Masroer

Manfaat Cek Kesehatan Kandungan yang Harus Bunda Ketahui

Cek Kesehatan Kandungan
(Image source: pixabay)

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa salah satu cara untuk menjaga kehamilan itu adalah dengan rutin memeriksa kandungan sesuai jadwal. Pasalnya, pemeriksaan kandungan tersebut tentunya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan ibu hamil maupun janin. Lantas, seperti apa sajakah manfaat cek kesehatan kandungan bagi ibu hamil? Nah, biar bunda gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Untuk Mendeteksi Adanya Masalah Pada Kehamilan

Selama menjalani masa kehamilan, bukan tidak mungkin akan mengalami beragam masalah, entah itu masalah kecil maupun masalah yang serius. Salah satunya seperti masalah tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan pre eklampsia. Dengan selalu melakukan cek kesehatan, tentunya masalah tersebut akan terdeteksi sejak dini sehingga dokter akan langsung memberikan penanganan yang tepat. 

Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan ibu hamil, yakni berupa pemeriksaan darah untuk mengetahui kesehatannya, pemeriksaan kaki untuk memastikan apakah terjadi pembengkakan yang berpotensi pre eklampsia, pemeriksaan urine untuk mengetahui ada tidaknya kandungan protein dan kadar gula, pemeriksaan berat badan, dan masih banyak lagi pemeriksaan lainnya. 

2. Untuk Memonitor Keadaan Janin Dalam Kandungan

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan selama kehamilan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, bunda pun dapat mengetahui kondisi janin serta mengetahui gerakan janin. Umunya pemeriksaan janin dalam kandungan akan meliputi beberapa tahap, mulai dari pemeriksaan detak jantung, pemeriksaan posisi janin, pemeriksaan jumlah air ketuban dalam rahim, dan pemeriksaan lainnya. 

3. Untuk Menambah Referensi dan Informasi Seputar Kehamilan

Dengan rutin melakukan cek kesehatan kandungan, maka bunda akan mendapatkan banyak referensi serta pengetahuan seputar kehamilan. Bunda pun dapat mengambil langkah-langkah dalam meperispakan proses persalinan. Tak hanya itu, bunda juga bisa mengetahui hal apa yang harus dilakukan dan hal apa yang tidak boleh dilakukan selama menjalani masa kehamilan, dengan melihat hasil pemeriksaan dari bidan maupun dokter kandungan. Misalnya tips-tips kesehatan bagi ibu hamil seperti berikut:

Mengonsumsi Makanan-makanan Bergizi

Biasanya dokter kandungan akan menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan bergizi yang diantaranya adalah:

  • Protein : daging tanpa lemak, ayam, telur matang, tahu, produk kedelai, dan kacang-kacangan
  • Vitamin C : buah jeruk, buah strowberri, dan tomat
  • Kalsium : susu yang sudah dipasteurisasi, susu kedelai, sawi, dan kangkung
  • Zat besi : ikan salmon, kacang merah, kale, dan brokoli
  • Lemak sehat : minyak zaitun, buah alpukat, dan biji-bijian
  • Asam folat : kacang polong, bayam, buah pepaya, dan buah pisang
  • Zinc : udang, kepiting, tiram, dan jahe.

Melakukan Olahraga Ringan

Meski pada dasarnya ibu hamil dianjurkan untuk lebih banyak beristirahat, namun bukan berarti juga bahwa bunda harus tidur seharian penuh lho! Ya, dokter kandungan akan menyarankan ibu hamil untuk melakukan olahraga ringan. Selain aman dilakukan, olahraga ringan pun tentunya sangat bagus untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Berolahraga selama 30 menit dalam sehari memiliki berbagai manfaat bagi ibu hamil, yang di antaranya adalah:

  • Meningkatkan sirkulasi dan pernafasan
  • Memperkuat otot dan daya tahan tubuh
  • Mengurangi stress
  • Meningkatkan energy
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Mengurangi sakit di bagian punggung
  • Meringankan masalah sembelit.



0 Tanggapan untuk " Manfaat Cek Kesehatan Kandungan yang Harus Bunda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel