Tips Memilih Situs Belajar Online yang Ideal - Kang Masroer

Tips Memilih Situs Belajar Online yang Ideal

Tips Memilih Situs Belajar Online yang Ideal

Jika ditinjau dari kacamata kesehatan, kebijakan pemerintah untuk memberlakukan pembelajaran dari rumah (BDR) di masa pandemi seperti saat ini memang lebih ramah anak. Pasalnya, dengan pembelajaran jarak jauh secara daring, guru dan siswa tetap bisa melaksanakan physical distancing sesuai dengan anjuran pemerintah. Selain lebih ramah anak, kebijakan ini memang terbukti cukup efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Sayangnya, perubahan paradigma “rumah menjadi sekolah kedua” ini ternyata juga menyisakan banyak kendala. Salah satunya, terlihat dari survei yang digelar oleh UNICEF pada 18 Mei hingga 8 Juni 2020 yang lalu. Dari hasil survei yang dilakukan terhadap lebih dari 4.000 siswa yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia itu diperoleh data bahwa 66 persen siswa ternyata mengaku tidak nyaman ketika belajar dari rumah.

Kebijakan BDR menyisakan banyak kendala

Hmm, kira-kira apa penyebabnya ya? Ya, ketidaknyamanan siswa belajar dari rumah tersebut ternyata memang bukannya tanpa alasan, Teman-teman. Sejumlah 35 persen dari siswa yang menjadi responden tersebut menyebutkan bahwa mereka terkendala dengan akses internet. Sementara 38 persen lainnya mengungkapkan bahwa mereka kurang mendapatkan bimbingan dari guru.

Persoalan akses internet memang sudah mulai terselesaikan. Para siswa telah mendapat bantuan kuota internet gratis dari pemerintah. So, kita—para pelaku dunia pendidikan—kini tinggal mencari solusi bersama untuk mengatasi masalah kurangnya bimbingan dari guru, agar pembelajaran dari rumah terasa nyaman bagi siswa. Salah satunya, adalah dengan memanfaatkan platform atau situs belajar online untuk menunjang pembelajaran siswa di rumah.

Lantas, platform atau situs belajar online seperti apa yang ideal? Sebagaimana kita tahu, di era digital seperti saat ini ada banyak sekali platform belajar online yang tersedia. Sehingga, kita pun perlu memilih situs belajar online yang tepat untuk para siswa. Nah, berikut ini adalah beberapa tips memilih situs belajar online yang ideal.

Bisa Diakses Kapan Saja dan di Mana Saja

Namanya saja situs belajar online, jadi sudah seharusnya ya situs tersebut harus bisa diakses tanpa batas? Ya, selama ada gadget yang tetap terhubung dengan internet, semestinya situs belajar online bisa diakses oleh siswa, guru, dan orang tua kapan saja dan di mana saja.

Tidak Terbatas pada Gadget Tertentu

Situs belajar online yang ideal tentu juga tidak cukup hanya sebatas bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Lebih dari itu, materi dan media yang ada di situs tersebut juga harus accessible alias bisa diakses dari semua gadget, baik PC, tablet, ataupun smartphone.

Bisa Diakses oleh Semua

Saat memilih situs belajar online, ada baiknya jika kita memilih situs yang memungkinkan semua pihak yang terkait dengan pendidikan anak bisa mengaksesnya. Jadi, tidak hanya sebatas siswa dan guru saja yang bisa mengaksesnya, akan tetapi juga orang tua. Dengan demikian, proses belajar anak melalui situs belajar online tersebut bisa terpantau dengan baik.

Menggunakan Kurikulum Terbaru

Selain bisa diakses melalui oleh semua pihak melalui berbagai jenis gadget kapan saja dan di mana saja, situs belajar online yang ideal juga seharusnya menggunakan kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013 Revisi. Sehingga, materi yang diajarkan pun sesuai dengan apa yang dipelajari oleh siswa di sekolah.

Pembelajaran yang Menyenangkan

Menurut pakar pendidikan, salah satu strategi untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan adalah dengan menggunakan berbagai metode yang interaktif. Jadi, guru tak sekadar menjelaskan dan siswa tak hanya mendengarkan. So, situs belajar online yang ideal adalah situs yang tak hanya menghadirkan sumber belajar berupa teks saja, melainkan juga gambar ataupun video yang menarik bagi siswa.

Rekomendasi Situs Belajar Online yang Ideal

Nah, sebagai rekomendasi, jika Anda—baik orang tua, guru, serta para siswa—masih merasa bingung dalam menentukan situs belajar online mana yang ideal, maka Anda bisa menggunakan KelasPintar.id. Kelas Pintar merupakan sebuah portal belajar online berbasis web dan aplikasi yang berkomitmen untuk menjadi solusi belajar online bagi semua siswa mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA dengan metode Pintar, Personal, serta Terintegrasi.

Metode Pintar, Personal, serta Terintegrasi

Metode Pintar yang ditawarkan Kelas Pintar tersebut mencakup 3 pendekatan: Learn, Practice, dan Test. Learn, mengandung arti bahwa siswa terlebih dahulu mempelajari materi pelajaran dalam bentuk media yang menarik, seperti melalui media audio visual, video animasi, dan buku pelajaran elektronik atau e-book. Practice, berarti siswa diberikan penguatan konsep melalui berbagai jenis soal latihan. Sedangkan melalui pendekatan Test, siswa diberikan evaluasi proses pembelajaran melalui soal tes yang interaktif.

Tak hanya dengan metode Pintar, Kelas Pintar juga menggunakan pendekatan personal dalam pembelajarannya loh. Ya, sebagaimana kita ketahui, setiap siswa memiliki preferensi dan cara belajarnya masing-masing. Oleh karena itu, metode penyampaian materi di Kelas Pintar pun disesuaikan dengan beragam karakter siswanya.

Mata pelajaran di Kelas Pintar

Selain memudahkan para siswa, portal belajar online ini juga memudahkan guru untuk melakukan aktivitas belajar mengajar secara online, berinteraksi dengan siswa secara virtual, memberikan tugas, project, serta ujian secara online. Bahkan, Kelas Pintar juga memungkinkan para orang tua dapat memantau perkembangan belajar anak secara detail.

Dengan terintegrasinya peran guru dan orang tua dalam pembelajaran siswa melalui portal Kelas Pintar ini, maka motivasi belajar serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran pun secara otomatis akan bertambah. Hasilnya, prestasi serta nilai akademis siswa pun akan ikut meningkat.

Situs belajar online

Nah, itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat kita akan memilih situs belajar online yang ideal, sekaligus rekomendasi situs belajar online yang ideal. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, maka kita pun akan terhindar dari salah pilih situs belajar online. Pasalnya, jika salah pilih situs belajar online, bisa jadi anak tetap merasa tidak nyaman saat belajar dari rumah, sehingga belajar online melalui situs belajar online pun akan tetap terasa sia-sia.


0 Tanggapan untuk " Tips Memilih Situs Belajar Online yang Ideal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel