Deretan Lontong Balap Enak di Surabaya, Alternatif Lain yang Tidak Suka Rawon - Kang Masroer

Deretan Lontong Balap Enak di Surabaya, Alternatif Lain yang Tidak Suka Rawon

Deretan Lontong Balap Enak di Surabaya
(Image source: www.lontongbalap-aslipakgendut.com)

Selain rawon, kuliner khas Surabaya yang wajib kamu coba saat ke Kota Pahlawan ini adalah lontong balap. Unik ya namanya. Pada awal dijualnya, hanya disebut lontong saja. Singkat cerita, dahulu para penjual lontong kebanyakan berjualan di area Kebun Binatang, nah para penjual lontong yang naik sepeda ini sembari kebut-kebutan dengan penjual lainnya, dan dari fenomena tersebut disebutlah lontong balap.

Lontong balap ini sebenarnya adalah perpaduan antara irisan lontong yang ditambah tauge, tahu, lentho, dan disiram dengan kuah. Ciri khasnya adalah sambal petis, citarasanya makin mak nyuss. Jika menjadikan Surabaya, Jawa Timur sebagai destinasi wisata selanjutnya, inilah tempat-tempat terkenal dengan lontong balap enaknya.

Lontong Balap Pak Gendut

Bisa dibilang Lontong Balap Pak Gendut ini paling kondang di Surabaya. Jika kamu bertanya lontong balap yang enak, pastinya tempat ini masuk ke dalam salah satu daftarnya. Sudah ada beberapa cabang, namun yang asli sudah berdiri sejak 1958. Lokasinya berada di Jl. Prof. Dr. Moestopo yang buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Tempat ini memang benar-benar sudah kondang, pelanggannya datang dari berbagai kalangan. Masyarakat biasa sampai dengan para pejabat. Namu bagi yang kurang suka dengan tauge, minta saja porsinya dikurangi. Karena tauge di sini benar-benar melimpah. Biasanya, lontong balap ini akan dipadukan dengan sate kerang, memanjakan lidah.

Lontong Balap Pak Dul

Pilihan lontong balap dengan rasa menggugah selera lain ada di Villa Bukit Mas, Surabaya. Lokasinya tepat berada di depan JK Lensa. Citarasa lontong balap di tempat ini mendapat pujian banyak orang. Tidak hanya enak, harganya juga sangat terjangkau. Untuk menambah rasanya makin enak, bisa tamah lentho dan juga sate kerang ya. Jam bukanya mulai dari pukul 08.30-17.00 WIB, setiap Minggu tutup.

Lontong Balap Rajawali

Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1965, dan menjadi salah satu yang banyak direkomendasikan. Porsi lontong balap di tempat ini juga akan membuat kamu kekenyangan. Untuk isiannya tidak jauh beda dengan tempat lainnya. Dan keunggulannya, setelah selesai dimakan juga tidak membuat enek. Tertarik untuk mencicipi? Langsung datang saja ke Jl. Krembangan Timur, No. 32 A, Surabaya. Jam Bukanya mulai dari pukul 06.00-16.30 WIB.

Lontong Balap Cak No

Khusus bagi kamu yang suka makanan porsi jumbo, Lontong Balap Cak No bisa dituju. Tempat ini memang kondang dengan porsinya yang melimpah dengan harga yang murah meriah. Untuk isinya juga tidak jauh beda dengan lontong balap lainnya, namun kuahnya menggunakan kaldu udang. Semakin menambah citarasa. Nah, alamatnya berada di Jl. Bromo, No.7, Sawahan, tepatnya berada di sebelah SPBU Arjuno.

Itulah tempat berburu lontong balap yang kondang di Surabaya. Jangan lewatkan kesempatan mencicipi lontong balap jika jelajah Kota Pahlawan. Jadi kapan rencananya untuk jalan-jalan ke Surabaya? Sebagai kota metropolitan kedua, Surabaya menawarkan sarana dan prasarana yang sudah jauh maju. Ada jalur darat, laut, dan juga udara.

Untuk jalur udara, Surabaya telah memiliki Bandar Udara Juanda yang sudah kelas internasional. Tentunya, fasilitas sudah sangat memadai. Citilink sebagai maskapai di  bawah naungan Garuda Indonesia membuka penerbangan ke Surabaya. Tiketnya dapat dengan mudah didapatkan melalui aplikasi Traveloka. Yuk pesan Citilink di sini.

Jangan sia-siakan kemudahan yang ditawarkan oleh Surabaya ya. Bagi kamu yang belum pernah jelajah Surabaya, segera berkunjung ya. Puas jalan-jalan di Surabaya, bisa banget keliling ke wilayah Jawa Timur lainnya. Mulai dari Malang, Batu, Sidoarjo, Pasuruan, dan lain-lain.



0 Tanggapan untuk " Deretan Lontong Balap Enak di Surabaya, Alternatif Lain yang Tidak Suka Rawon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel