Beberapa Peralatan Senam Lantai untuk Olahraga di Rumah - Kang Masroer

Beberapa Peralatan Senam Lantai untuk Olahraga di Rumah

Beberapa Peralatan Senam Lantai untuk Olahraga di Rumah

Selain dapat menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan pikiran, senam lantai juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Tak hanya itu, dengan melakukan senam lantai secara rutin, daya imun kita juga akan meningkat, sehingga kita tidak mudah terpapar virus yang menyebabkan berbagai penyakit. Tentu saja, termasuk virus Covid-19 yang saat ini sedang menjadi pandemi di seluruh belahan dunia. 

Senam lantai sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, hanya dengan matras dan beberapa peralatan senam lantai yang sederhana lainnya, kamu sudah bisa melakukan berbagai gerakan senam lantai. Mulai dari sikap lilin, sikap kayang, roll depan serta belakang, headstand ataupun handstand, lompat, hingga salto.

Selain peralatannya yang tidak ribet dan mudah untuk didapatkan, senam lantai juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk di rumah tentunya. Jadi, bisa dibilang senam lantai ini sangat cocok untuk kita lakukan di kala kita harus banyak menghabiskan waktu di rumah karena pandemi. Nah, berikut ini adalah beberapa peralatan senam lantai yang bisa kita gunakan untuk olahraga di rumah.

Matras Senam Lantai

Matras untuk alas senam lantai memang bermacam-macam jenisnya. Selain matras busa yang dibungkus kain atau bahan kulit sintetis, ada pula matras pompa atau tiup, seperti halnya air tumble mat yaitu matras yang berbahan double wall fabric (DWF) yang berisi udara. Bahan DWF sendiri terdiri dari dua lapisan vinyl yang dihubungakan dengan ribuan benang.

Air tumble mat

Untuk membuat DWF, setiap meter perseginya dibutuhkan lebih dari 80 ribu benang. Tak ayal saja, matras jenis ini sangat kuat dan aman, sehingga kamu tak perlu khawatir ketika terjatuh saat melakukan gerakan dalam senam lantai. Air tumble mat ini tersedia dalam ukuran panjang dan lebar yang berbeda, kamu tinggal menyesuaikannya menurut kebutuhan.

Alat untuk Rolling dan Lompat

Selain matras, peralatan senam lantai yang perlu untuk dimiliki adalah gymnastics track air roll atau air tumble mat roll, yaitu alat bantu senam lantai yang biasanya digunakan untuk melakukan gerakan rolling, baik ke depan maupun ke belakang. Bentuknya bulat tabung dengan berbagai ukuran, namun biasanya berukuran 1,2 meter x 0,9 meter.

Air tumble mat roll

Adapun untuk tumpuan saat melompat, kamu bisa menggunakan gymnastics air spots, yaitu matras yang berbentuk bulat dengan diameter dan ketebalan yang berbeda-beda. Sama seperti matras pompa atau matras tiup, kedua peralatan senam lantai ini juga terbuat dari bahan DWF sehingga sangat kuat dan aman. Tentu saja, saat melakukan gerakan rolling atau melompat, kamu tetap harus menggunakan matras sebagai alasnya sehingga saat terjatuh, kamu tidak akan merasakan sakit.

Nah, itulah beberapa peralatan senam lantai untuk olahraga di rumah. Untuk mendapatkannya, kamu juga tak perlu ke luar rumah, karena semuanya bisa dibeli secara online di Tumblemat, yaitu salah satu pemasok terbesar di dunia yang memproduksi matras dan berbagai peralatan senam lantai lainnya.

Harga beberapa peralatan senam tersebut saat saya cek di tumble track mat prices relatif terjangkau. Namun meski relatif terjangkau, kualitasnya tentu tak perlu dipertanyakan. Pasalnya, sebelum proses produksi sudah dilakukan ratusan pengujian sehingga aman, tahan lama, dan terjamin kualitasnya.


0 Tanggapan untuk "Beberapa Peralatan Senam Lantai untuk Olahraga di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel