Tips Merayakan Idul Fitri 2021 - Kang Masroer

Tips Merayakan Idul Fitri 2021

Tips Merayakan Idul Fitri 2021
(Image source: pixabay)

Suasana Hari Raya Idul Fitri 2021 ini diperkiraan tidak akan jauh berbeda dengan suasana Idul Fitri tahun yang lalu. Bagaimana tidak, hingga kini pandemi virus Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan segera usai. Padahal, hari raya umat Islam yang dirayakan setiap 1 Syawal itu tak lebih dari dua bulan lagi akan tiba.

Dulu sebelum virus Covid-19 menjadi pandemi, umat Muslim akan berbondong-bondong mudik ke kampung halaman menjelang Idul Fitri tiba. Saat hari kemenangan tiba, mereka datang ke masjid untuk mengikuti jamaah sholat Id. Biasanya, perayaan Idul Fitri juga diisi dengan tradisi saling mengunjungi sanak saudara untuk saling bersilaturahmi, makan opor bersama, serta dilanjutkan dengan berpiknik ke tempat-tempat wisata.

Namun sejak pandemi bergulir, seperti halnya pada Idul Fitri tahun kemarin, pada Idul Fitri 2021 ini kemungkinan besar juga akan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dibatasi bahkan ditiadakan. Tujuannya sudah pasti untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa merayakan hari kemenangan ya! Masih banyak kok kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan agar Idul Fitri 2021 ini tetap bermakna. 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips merayakan Idul Fitri 2021 agar tetap bermakna walaupun di tengah situasi pandemi Covid-19.

Takbir dan Sholat Id

Bagi yang berada di zona hijau, kamu bisa mengawali perayaan Idul Fitri dengan melaksanakan takbiran dan sholat Id di masjid terdekat. Namun bagi yang berada di zona kuning dan merah, sebagaimana tahun lalu tentu tidak dapat melaksanakan takbiran dan jamaah solat Id di masjid. Sebagai gantinya, MUI menganjurkan agar seluruh umat Muslim yang berada di zona tersebut untuk melaksanakan takbiran dan sholat Id bersama keluarga di rumah masing-masing.

So, jika di hari raya Idul Fitri tahun 2021 besuk MUI juga memberi rekomendasi yang sama dengan tahun lalu, agar Idul Fitri tetap terasa bermakna, kita bisa melaksanakan sholat Id di rumah bersama keluarga. Sebelum sholat Id dilaksanakan, bertakbirlah untuk menghidupkan semangat di hari raya sekaligus menyambut datangnya hari kemenangan setelah sebulan lamanya kita berpuasa.

Silaturrahmi dan Halal bi Halal 

Sebelum pandemi, setelah menjalankan sholat Id, biasanya kita mengisi hari-hari awal di bulan Syawal dengan mengunjungi sanak saudara untuk bersilaturrahmi serta berhalal bi halal dengan tetangga, teman, atau rekan kerja dengan berkumpul di suatu tempat. Namun sejak pandemi, untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19, pemerintah memberikan himbauan kepada masyarakat yang berada di zona kuning dan merah agar tetap di rumah saja.

Namun jangan khawatir, meski harus di rumah saja, kita tetap bisa kok melaksanakan silaturrahmi dengan sanak saudara serta berhalal bi halal dengan tetangga, teman, ataupun rekan kerja melalui video call. Sebagaimana kita tahu, saat ini sudah banyak banget aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan video call dengan banyak orang sekaligus. Mulai dari zoom, meet, hanghout, hingga whatsapp. Dengan melakukan video call ini, kita tetap bisa bermaaf-maafan, sehingga setelah lebaran kita benar-benar bisa kembali kepada kesucian.

Berpiknik ke Tempat Wisata Terdekat

Sejak dulu, mengunjungi tempat-tempat wisata memang sudah menjadi tradisi tersendiri saat libur hari raya tiba. Di liburan hari raya Idul Fitri 2021 besuk, kamu juga bisa kok mengunjungi tempat-tempat wisata terdekat. Namun harus dipastikan tempat yang akan kamu kunjungi berada di zona hijau ya! Jangan lupa juga untuk selalu menaati protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, jaga jarak, tidak memegang barang-barang di tempat umum, hingga rajin cuci tangan dengan sabun.

Sebisa mungkin, sebelum bepergian kamu juga sudah melakukan tes bebas virus Covid-19 agar aman di perjalanan dan tidak menularkan virus kepada orang lain. Bagi kamu yang berada di zona kuning dan merah, sebaiknya rencana piknik ke tempat-tempat wisatanya ditunda dulu ya, agar tidak terpapar virus Covid-19. Untuk sementara waktu, kamu bisa mengisi liburan Idul Fitri 2021 dengan hal-hal lain yang positif. Misalnya saja, memasak makanan favorit bersama keluarga di rumah.

Nah, itulah beberapa tips merayakan Idul Fitri 2021 agar tetap bermakna walaupun di tengah situasi pandemi Covid-19. Jaga kesehatan ya!


0 Tanggapan untuk " Tips Merayakan Idul Fitri 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel