Tips Menjaga Berat Badan Ideal di Masa Pandemi - Kang Masroer

Tips Menjaga Berat Badan Ideal di Masa Pandemi

Tips Menjaga Berat Badan Ideal di Masa Pandemi
(Image source: pixabay)

Pandemi virus Covid-19 yang telah melanda dunia lebih dari setahun ini memang telah mengubah banyak hal. Tak hanya dalam beraktifitas, cara bekerja, dan gaya hidup saja, pandemi Covid-19 juga telah mengubah perilaku sehari-hari masyarakat. Termasuk, dalam mengkonsumsi camilan.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei bertajuk The State of Snacking 2020 yang dirilis Mondelez International beberapa waktu yang lalu. Survei yang dilakukan terhadap 6.292 responden yang tersebar di 12 negara di dunia—termasuk Indonesia—itu mengungkap berbagai fakta seputar tren ‘ngemil’ atau makan camilan yang dilakukan masyarakat ketika pandemi Covid-19 bergulir.

Di Indonesia sendiri, survei tersebut dilakukan terhadap 555 orang. Dari jumlah tersebut, tercatat bahwa 60% di antaranya mengaku lebih banyak makan camilan selama pandemi jika dibandingkan dengan sebelumnya. Dari survei yang digelar pada tanggal 6 hingga 20 Oktober 2020 itu juga terungkap, bahwa masyarakat Indonesia setiap harinya rata-rata mengkonsumsi 3 kali makanan ringan. Fakta yang menarik, bukan?

Meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap camilan selama pandemi ini sebenarnya memang bisa dimaklumi. Pasalnya selama pandemi ini bergulir, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan—mulai dari ‘lockdown’ hingga berbagai pembatasan kegiatan sosial—yang mengharuskan para karyawan bekerja dari rumah.

Secara tidak langsung, rutinitas semacam ini tentu menjadikan seseorang merasa stres dan bosan kemudian melampiaskannya pada makan camilan. Akibatnya, sudah pasti berat badan pun mengalami kenaikan yang signifikan. Kalian juga mengalami kenaikan berat badan selama pandemi ini? Tenang, kalian tidak sendirian kok!

Makanan ringan
(Image source: pixabay)

Pasalnya, hampir semua lembaga survei mengatakan bahwa secara tidak langsung, pandemi memang berdampak pada bertambahnya berat badan seseorang. The National Center for Biotechnology Information (NCBI) misalnya, yang merilis data bahwa selama pandemi ini sejumlah 22 persen orang dewasa mengalami kenaikan berat badan.

Bahkan, dari hasil survei lainnya—sebagaimana dilansir oleh Metro UK—65 persen dari 800 orang dewasa di Inggris menyatakan sulit untuk mengatur berat badan mereka ketika pandemi Covid-19 ini. Mereka mengaku kesulitan menjaga kenaikan berat badan di masa pandemi virus Covid-19 ini. Di Amerika, perusahaan bioteknologi Gelesis juga merilis data hasil surveinya yang menerangkan bahwa selama pandemi Covid-19 ini, terdapat sekitar 71 juta orang Amerika yang mengalami kenaikan berat badan.

Selain minim bergerak serta merasa stress, rutinitas di rumah yang menghabiskan banyak waktu di depan laptop tentu lebih cenderung membuat seseorang untuk makan dan minum berlebihan. Oleh karena itu, kalian yang juga sering menghabiskan hari-hari dengan bekerja dari rumah di depan laptop, ada baiknya menerapkan beberapa tips menjaga berat badan agar tetap ideal di masa pandemi Covid-19 ini.

1. Rajin Olahraga di Rumah

Berapa berat badanmu saat ini, apakah sudah ideal? Coba cek dulu dengan Ideal Weight Calculator atau kalkulator berat ideal ini. Caranya, cukup dengan memasukkan jenis kelamin, berat badan dan tinggi badan kamu saat ini. Jika berat badanmu ternyata kelebihan, bisa jadi kamu memang kurang dalam berolahraga. Jadi, mulai saat ini rajin-rajinlah dalam berolahraga ya!

Jogging di sekitar rumah
(Image source: pixabay)

Rajin berolahraga memang menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain memperlancar peredaran darah, berolahraga secara teratur juga mampu membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Alhasil, berat badanmu pun akan menjadi ideal.

Di masa pandemi seperti saat ini, untuk bisa mencapai berat badan yang ideal, kamu juga tidak perlu melakukan olahraga yang berat di luar rumah kok. Cukup lakukan olahraga yang ringan di rumah, seperti jogging di sekitar rumah, senam, dan yoga. Jika membutuhkan panduan tentang berbagai gerakan senam ataupun yoga, kalian juga bisa melihat video tutorial di Youtube, Instagram, atau platform kebugaran lannya.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat

Selain kurangnya olahraga, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga bisa menjadi faktor penyebab naiknya berat badan. Jika kamu menginginkan berat badan yang ideal, sebaiknya kamu memperbanyak mengkonsumsi sayuran. Nah, agar tidak terlalu sering keluar rumah, kamu bisa memilih sayuran yang tahan lama seperti kembang kol, brokoli, kacang hijau, wortel, jagung, dan bayam.

Selain selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, pada umumnya untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, kamu juga harus menerapkan pola makan diet kalori. Kamu bisa mengecek berapa jumlah kalori yang perlu dikonsumsi setiap hari dengan menghitungnya melalui Calorie Calculator

Diet kalori
(Image source: pixabay)

Dengan kalkulator kalori tersebut, kamu juga bisa memasukkan jumlah berat badan ideal yang kamu inginkan, jangka waktu yang akan kamu tempuh untuk mencapainya, sekaligus dengan jumlah kalori yang perlu untuk dikonsumsi. Sebagai tambahan informasi, rata-rata manusia setiap harinya mengkonsumsi 2.250 kalori hingga 3.000 kalori. Adapun menurut ilmu kesehatan, diet kalori yang disarankan adalah sekitar 1.000 kalori hingga 1.700 kalori perhari.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Anjuran ahli kesehatan agar kita minum delapan gelas air putih sehari ternyata memang bukan sekadar imbauan semata. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika minum air putih dalam jumlah yang cukup. Selain mampu menghindarkan kita dari dehidrasi, minum air putih yang cukup setiap hari juga menghindarkan kita dari asupan gula serta kalori yang berlebih.

Lebih dari itu, selain mampu melancarkan kerja ginjal dan sistem pencernaan, menurut ahli kesehatan, minum air putih juga sangat bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh bekerja dengan baik ketika proses pembakaran lemak. Minum 8 gelas air putih secara rutin mampu membakar hingga 100 kalori per harinya. Sebagai tambahan rekomendasi, jika kalian ingin menurunkan berat badan dengan air putih, setelah bangun tidur pagi hari kalian bisa mengkonsumsi 2 gelas air putih.

Nah, itulah sedikit tips menjaga berat badan ideal di masa pandemi ini. Cukup mudah untuk diterapkan, bukan?

***

Referensi data:

- https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7241331/
https://metro.co.uk/2020/09/02/us-struggled-weight-gain-lockdown-says-study-13210450/
https://www.mondelezinternational.com/stateofsnacking


0 Tanggapan untuk " Tips Menjaga Berat Badan Ideal di Masa Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel