11 Bisnis Menjelang Idul Adha yang Laris Manis - KangMasroer.Com

11 Bisnis Menjelang Idul Adha yang Laris Manis

11 Bisnis Menjelang Idul Adha yang Laris Manis
(Image source: pixabay)

Ada beberapa ide bisnis menjelang Idul Adha atau lebaran haji yang bisa Anda lakukan untuk mencari uang tambahan. Seperti hari lebaran Idulfitri, pada lebaran haji orang-orang juga memiliki berbagai persiapan.

Selagi masih ada waktu sebelum hari lebaran tiba, Anda bisa mempersiapkan bisnis yang akan dijalankan. Berikut ini beberapa ide bisnis yang pastinya akan laris manis nanti:

1. Menjual Hewan Kurban

Tentunya hewan kurban hal yang paling dicari menjelang Idul Adha. Anda dapat jual kambing dan sapi dengan kualitas baik dan sehat.

Carilah peternak dengan hewan-hewan yang sehat. Anda bisa membelinya untuk dijual kembali atau menjadi perantara antara peternak dan pembeli dan mengambil komisi dari hasil penjualan.

2. Oleh-oleh Haji

Saat lebaran haji artinya umat muslim akan melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekah. Sudah menjadi tradisi untuk memberikan oleh-oleh khas ibadah haji sepulang dari tanah suci. Keterbatasan bawaan membuat orang-orang lebih memilih membeli oleh-oleh di tanah air. 

Berbagai oleh-oleh khas ibadah haji berupa air zam-zam, kismis, kurma, tasbih, dan berbagai pernak pernik khas arab. Anda bisa mencari oleh-oleh ini dari pasar grosir khusus oleh-oleh haji seperti di Tanah Abang.

3. Bumbu Jadi

Menjual bumbu jadi atau siap pakai bisa menjadi ide bisnis menjelang Idul Adha yang menarik. Buatlah berbagai macam bumbu olahan siap pakai untuk memasak daging kurban. Anda bisa menyiapkan bumbu khas olahan daging sapi dan kambing seperti bumbu gulai, kari, sate, dan lainnya.

4. Peralatan Membuat Sate

Idul Adha biasanya identik dengan membakar sate dan menyantapnya bersama keluarga dan kerabat. Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual berbagai kebutuhan membakar sate seperti tusuk sate, alat pemanggang, arang, kipas, dan lainnya.

5. Jasa Dokumentasi

Banyak perusahaan mengadakan pemotongan hewan kurban. Perusahaan umumnya membutuhkan dokumentasi untuk kelengkapan data pelaporan acara.

Tidak hanya perusahaan, bahkan acara kurban di perumahan warga juga terkadang membutuhkan jasa dokumentasi. Apabila Anda memiliki kemampuan fotografi, manfaatkanlah momen ini untuk memberikan jasa dokumentasi acara kurban. 

6. Perlengkapan Salat

Seperti perayaan Idulfitri, pada perayaan Idul Adha juga akan diadakan salat ied. Orang akan menggunakan pakaian dan alat salat terbaiknya untuk melakukan ibadah salat ied. Hal ini bisa menjadi peluang usaha untuk menjual berbagai perlengkapan salat seperti mukena, sarung, sajadah, baju koko, dan peci.

7. Pakaian Muslim

Di Indonesia tradisi bersilaturahmi tidak hanya pada hari raya Idulfitri saja. Momen lebaran haji juga identik dengan tradisi berkeliling untuk silaturahmi. Saat bersilaturahmi ke saudara atau tetangga tentunya ingin menggunakan pakaian terbaik. 

Tidak jarang yang menyiapkan pakaian baru untuk bersilaturahmi pada hari raya. Anda bisa menggunakan momen ini untuk berjualan pakaian muslim seperti baju koko, kerudung, gamis, kaftan, dan lainnya. 

8. Jasa Penitipan Hewan Kurban

Biasanya banyak orang yang ingin berkurban namun tidak memiliki cukup tempat untuk hewan kurbannya sebelum disembelih saat hari raya. Apabila Anda memiliki lahan kosong atau halaman yang luas, maka membuka jasa penitipan hewan bisa menjadi usaha yang menguntungkan.

9. Jasa Mengolah Masakan

Ide bisnis menjelang Idul Adha lainnya adalah membuka jasa mengolah daging kurban. Saat hari raya biasanya orang mendapatkan banyak daging kurban dan terkadang kebingungan untuk mengolahnya.

Anda akan mengolah daging kurban para pelanggan untuk dimasak menjadi menu yang diinginkan. Kemudian Anda akan meminta pembayaran berupa uang bumbu dan biaya jasa masak. 

10. Minuman Segar  

Setelah puas menyantap daging kurban, orang biasanya mencari minuman segar untuk melengkapinya. Anda bisa menjual berbagai hidangan minuman segar seperti es boba, thai tea, es jeruk peras, atau minuman segar yang sedang hits.

11. Pembungkus Daging

Penggunaan kantong plastik sebagai pembungkus daging kurban sudah banyak dilarang terutama di perkotaan. Sebagai alternatifnya daging kurban dapat dibungkus dengan besek anyaman bambu dan daun pisang.

Anda dapat berjualan pembungkus daging seperti besek atau pembungkus ramah lingkungan lainnya. Selain mendapat keuntungan Anda juga turut membantu menyelamatkan lingkungan dari gunungan sampah plastik.

Berbagai ide bisnis menjelang Idul Adha tadi bisa Anda coba. Selain mempromosikan bisnis Anda lewat teman dan tetangga, Anda juga bisa mempromosikannya melalui sosial media dan website. Perluas target pasar Anda dengan membuat website bisnis sendiri.

Anda bisa membuat website gratis di TokoTalk. Proses pembuatan website mudah dan cepat hanya dalam 3 menit. Selain itu website di TokoTalk memiliki desain yang menarik serta lebih cepat loadingnya dibandingkan pada platform lain. Hal tersebut tentunya akan mempermudah konsumen dalam berbelanja, sehingga senang berbelanja di tempat Anda.

Yuk segera manfaatkan momen hari raya yang sebentar lagi datang untuk berbisnis. Jangan lupa untuk buat website bisnis Anda hanya di TokoTalk!

***

Referensi:


0 Tanggapan untuk " 11 Bisnis Menjelang Idul Adha yang Laris Manis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel