Pentingnya Memiliki NAS, Cloud Pribadi untuk Penyimpanan Data Keluarga - KangMasroer.Com

Pentingnya Memiliki NAS, Cloud Pribadi untuk Penyimpanan Data Keluarga

Pentingnya Memiliki NAS, Cloud Pribadi untuk Penyimpanan Data Keluarga

Dewasa ini, memposting foto dan video di media sosial memang sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Tidaklah mengherankan jika produsen smartphone kemudian saling berlomba menawarkan fitur kamera dengan kualitas terbaik. Resolusi foto dan video yang dihasilkannya juga semakin tinggi, sehingga tentu saja akan memakan memori yang cukup besar. Tak jarang, setelah menjepret ratusan foto dan merekam beberapa video, memori smartphone pun sudah penuh.

Untuk mengatasinya, sebagian besar orang saat ini menyimpan foto dan videonya menggunakan beberapa memori eksternal, mulai dari SD card yang dipasangkan di smartphone hingga hard disk eksternal. Sebagian yang lain, menggunakan penyimpanan cloud gratis semacam Google Foto untuk menyimpan berbagai koleksi foto dan videonya. Namun, tahukah kalian jika berbagai penyimpanan tersebut memiliki banyak kekurangan? 

Ya, selain mengurangi kinerja smartphone, beberapa partisi memori eksternal SD card juga sering mengalami error, sehingga tidak terbaca di smartphone. Hard disk mungkin memang cukup bandel, namun tidak efisien dalam hal penggunaan. Selain aksesnya yang terbatas, hard disk juga rentan terhadap virus sehingga mengakibatkan file corrupted.

Sementara untuk kekurangan Google Foto, penyimpanan gratis untuk foto berkualitas tinggi di Google Foto telah dihentikan oleh Google sejak tanggal 1 Juni kemarin. Google juga mengumumkan, bahwa mereka akan menghapus foto bagi akun yang tidak aktif atau akun yang melebihi batas penyimpanan 15GB selama 2 tahun. Sebagai alternatif, jika kita kehabisan ruang penyimpanan di Google Foto, maka kita harus membayar sejumlah uang untuk biaya berlangganan.

Selain Google Foto, sebenarnya masih ada beberapa layanan cloud lainnya yang bisa dijadikan alternatif penyimpanan. Sebut saja, OneDrive, Dropbox, ataupun iCloud. Namun sayangnya, cloud-cloud tersebut juga tidak ada yang menawarkan penyimpanan hingga 15GB secara gratis. Artinya, apapun cloudnya, untuk menyimpan koleksi multimedia lebih dari 15 GB, kita tetap diharuskan membayar biaya langganan.

Lantas, bagaimana solusinya? Membangun perangkat on-premise atau server multimedia pribadi tentu saja menjadi solusi terbaik untuk masalah penyimpanan. Ya, dengan cloud pribadi berupa Network Attached Storage atau yang kerap disebut NAS, kita bisa menyimpan berbagai koleksi file multimedia, mulai dari foto, video, hingga audio dengan aman.

Mengenal NAS, Cloud Pribadi Gratis untuk Penyimpanan

NAS (Network Attached Storage) merupakan perangkat penyimpanan cerdas yang terhubung dengan jaringan rumah maupun kantor. Perangkat ini dikembangkan oleh Synology Inc., sebuah perusahaan industri teknologi dan informasi yang berkantor pusat di New Taipei City, Taiwan.

Mengenal NAS, Cloud Pribadi Gratis untuk Penyimpanan

Dengan menggunakan NAS, kita dapat menyimpan berbagai jenis file, mulai dari koleksi foto, video, audio atau musik, hingga berbagai dokumen penting milik keluarga. Hebatnya, semua file yang tersimpan di NAS tersebut bisa kita akses dengan mudah hanya melalui browser web ataupun aplikasi seluler yang terhubung dengan internet.

Tak hanya itu, Synology NAS juga memiliki aplikasi gratis yang didukung oleh sistem operasi DSM atau DiskStation Manager. Aplikasi ini sangat berguna bagi penggunanya untuk membackup file foto, video, dan audio musik di berbagai perangkat, seperti smartphone, PC, dan laptop. Selain memiliki fitur backup data, Synology NAS juga bisa menjadi tempat penyimpanan yang aman, karena perlindungan serta kepemilikan semua data berada di tangan pengguna NAS sepenuhnya.

Synology DS220j, Solusi untuk Penyimpanan Data Keluarga

Synology NAS sendiri terdiri dari beberapa macam produk. Adapun produk NAS yang paling sesuai untuk keluarga atau pengguna rumahan adalah DiskStation DS220j. Tipe ini dilengkapi dengan fitur yang lumayan lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan penyimpanan data, baik berupa file multimedia maupun dokumen penting seluruh anggota keluarga.

Synology DS220j, Solusi untuk Penyimpanan Data Keluarga

DiskStation DS220j dibekali dengan CPU Realtek RTD1296 yang memungkinkan penggunanya dapat mengkategorikan foto serta mengelola file-file apapun yang ada di seluruh smartphone maupun komputer dengan sangat mudah. Sebagai server multimedia pribadi, DiskStation DS220j juga memungkinkan semua anggota keluarga dapat berbagi data dengan mudah tanpa harus mengirimkannya melalui platform messenger.

Berbagai Fitur Synology DS220j

Synology DS220j memiliki berbagai fitur unggulan. Selain sebagai solusi manajemen foto yang aman sehingga penggunanya tak perlu lagi memikirkan biaya langganan cloud publik, Synology DS220j juga memiliki fitur backup data yang komprehensif, baik data itu berupa foto, video, audio, maupun dokumen penting lainnya.

Dengan fitur backup otomatis tersebut, pengguna tak perlu merasa khawatir akan kehilangan data. Pasalnya, seluruh data digital milik keluarga bisa dicadangkan dari smartphone ataupun laptop yang berbeda ke dalam sebuah NAS secara terpusat. Jadi, kejadian smartphone yang tiba-tiba saja mati total atau hard disk eksternal yang tiba-tiba rusak tidak lagi masalah karena seluruh data sudah tersimpan secara aman di dalam Synology NAS. 

Berbagai Fitur Synology DS220j

Tak hanya fitur backup data, Synology DS220j juga memungkinkan seluruh anggota keluarga dapat membuat layanan media streaming sendiri secara gratis. Ya, Synology DS220j dapat digunakan sebagai aplikasi streaming rumahan, sehingga pengguna dapat melakukan streaming konten digital secara langsung ke berbagai perangkat elektronik favoritnya, mulai dari komputer, smartphone, Apple TV, Samsung TV, Google Chromecast, hingga perangkat DLNA. Keren ya?

Itulah pentingnya memiliki NAS, cloud pribadi untuk penyimpanan data keluarga. Dengan berbagai fitur yang sangat bermanfaat bagi penggunanya, Synology NAS, seperti halnya tipe DiskStation DS220j ini sangat tepat untuk dijadikan server multimedia pribadi di rumah. Sistem operasinya yang intuitif sehingga sangat mudah untuk digunakan, serta biayanya yang lebih efisien dalam jangka waktu yang panjang, tentu menjadikan Synology NAS jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan penyimpanan eksternal maupun cloud publik. Nah, bagi yang ingin memiliki DS220j sebagai solusi penyimpanan data terbaik, silakan kunjungi link: https://sy.to/awv6f ya!


0 Tanggapan untuk "Pentingnya Memiliki NAS, Cloud Pribadi untuk Penyimpanan Data Keluarga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel