Cara Cepat Menurunkan Demam pada Anak - KangMasroer.Com

Cara Cepat Menurunkan Demam pada Anak

Cara Cepat Menurunkan Demam pada Anak
(Image source: pixabay/guvo59)

Demam pada anak merupakan kondisi ketika suhu tubuh anak mengalami kenaikan dari biasanya. Seorang anak bisa dikatakan demam jika diukur dengan termometer di ketiak suhu tubuhnya berada di atas 37,2 derajat Celcius, atau jika diukur dengan termometer di mulut berada di atas 37,8 derajat Celcius, sedangkan jika diletakkan di anus suhu tubuhnya berada di atas 38 derajat Celcius.

Menurut ahli kesehatan, demam bukanlah penyakit, melainkan gejala atau tanda bahwa di dalam tubuh anak sedang terjadi infeksi. Infeksi ini biasanya terjadi karena adanya virus, bakteri, ataupun parasit yang masuk ke dalam tubuh anak. Nah, jika anak sedang mengalami demam, berikut ini adalah cara cepat menurunkan demam pada anak.

Kompres dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menurunkan demam pada anak adalah dengan cara mengompresnya dengan air hangat. Langkah ini bisa kita lakukan dengan menggunakan kain yang sebelumnya sudah direndam di dalam air hangat selama 20 hingga 30 menit. Adapun bagian tubuh yang perlu dikompres adalah bagian dahi, perut, dada, serta ketiak anak.

Berikan Minuman yang Cukup

Cara selanjutnya agar demam anak segera turun adalah dengan memastikan anak mendapat minuman yang cukup. Ya, hal ini sangat penting agar anak terhindar dari dehidrasi. Pasalnya, saat demam, tubuh anak biasanya akan lebih banyak mengeluarkan cairan baik melalui urin maupun keringat. Nah, agar tdak terjadi dehidrasi atau kekuragan cairan tubuh, maka cairan yang keluar tersebut perlu diganti, yaitu dengan memberikan minuman yang cukup.

Hindari Sesuatu yang Bisa Menyebabkan Demam Lebih Parah

Hal lain yang tak boleh kita abaikan agar demam anak cepat turun adalah dengan menghidari sesuatu yang bisa menyebabkan demam anak menjadi lebih parah. Selain baju yang tebal serta suhu ruangan yang panas, hal lain yang harus dihindari adalah memberikan makanan dan minuman yang menjadi pantangan saat anak demam. Ya, ada beberapa pantangan makanan saat demam, di antaranya adalah junkfood, makanan kemasan, makanan berminyak, makanan pedas, minuman yang mengandung kafein, dan minuman yang bersoda.

Berikan Obat Penurun Demam Jika Diperlukan

Jika diperlukan, kita juga bisa menurunkan demam anak secara cepat dengan obat penurun panas anak, misalnya saja paracetamol atau ibuprofen. Namun sebelum memberikan obat penurun demam, pastikan dosis paracetamol atau ibuprofen yang akan kita berikan harus sesuai dengan usia serta berat badan anak ya? Untuk itu, jangan lupa baca dengan seksama petunjuk penggunaan obat yang tertera pada kemasan.

Nah, itulah beberapa cara cepat menurunkan demam pada anak. Selain dengan cara-cara tersebut di  atas, agar demam anak segera turun, jangan lupa berikan asupan makanan dan minuman yang bergizi serta pastikan anak bisa istirahat dengan cukup ya?


0 Tanggapan untuk "Cara Cepat Menurunkan Demam pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel