5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid - KangMasroer.Com

5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid

5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid
(Image source: pixabay/Saranya7)

Menstruasi memang seringkali membuat kaum hawa merasa tidak nyaman. Pasalnya, saat menstruasi kebanyakan wanita akan mengalami yang namanya kram perut atau nyeri haid. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan rasa sakit di bagian perut, punggung bawah, ataupun paha bagian atas.

Kram perut atau nyeri haid sendiri terjadi karena saat haid otot-otot rahim akan berkontraksi melepaskan lapisan pembuluh darah yang menumpuk. Lantas, bagaimana cara mengatasi nyeri haid? Untuk nyeri haid yang termasuk ringan, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah 5 cara mudah mengatasi nyeri haid.

1. Kompres Air Hangat 

Cara pertama untuk mengatasi nyeri haid yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres bagian perut atau bagian lain yang terasa sakit. Caranya, bisa dilakukan dengan mengisi air hangat ke dalam botol ataupun bantal pemanas untuk kemudian ditempelkan ke bagian perut atau bagian lain yang terasa sakit.

Dengan mengompres ke bagian tubuh tersebut, maka otot-otot akan menjadi sehingga kram pun akan reda. Selain itu,mengompres dengan air hangat juga akan membantu otot rahim serta organ yang ada di sekitarnya menjadi rileks, sehingga secara otomatis akan meredakan kram dan rasa tidak nyaman.

2. Pijat Perut dengan Minyak Esensial

Selain mengompres dengan air hangat, untuk mengatasi nyeri hadi juga bisa dilakukan dengan memijat bagian perut dengan memakai minyak esensial seperti minyak lavender, kayu manis, mawar, cengkeh yang dicampur dengan minyak jojoba atau minyak kelapa. 

Menurut beberapa penelitian, pijatan dengan menggunakan campuran minyak esensial ini terbukti bisa mengurangi kram perut atau nyeri haid. Adapun cara memijatnya, yaitu dengan melakukan gerakan melingkar selama lima menit setiap hari. Lakukan pemijatan ini menjelang dan selama periode haid, agar sirkulasi darah di perut meningkat dan kram perut atau nyeri haid mereda.

3. Makan Makanan yang Bersifat Antiinflamasi

Cara mengatasi nyeri haid selanjutnya, adalah dengan makan makanan yang berisfa antiinflamasi. Makanan yang bersifat antiinflamasi ini berguna untuk meningkatkan aliran darah serta mengendurkan rahim, sehingga bisa membantu meredakan kram perut serta rasa nyeri dan tidak nyaman yang timbul saat haid.

Beberapa makanan yang bersifat antiinflamasi, di antaranya adalah tomat, nanas, serta berbagai rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan bawang putih. Selain itu, beberapa sayuran berdaun hijau, walnut, almond, serta ikan berlemak semisal salmon, juga terbukti dapat membantu mengurangi rasa nyeri atau peradangan.

4. Melakukan Olahraga Ringan

Banyak orang yang berpikir bahwa olahraga seharusnya dihindari saat nyeri haid. Padahal faktanya, olahraga ringan justru dianjurkan saat nyeri terasa, karena mampu mengurangi rasa sakit. Pasalnya, saat berolahraga, seseorang akan melepas hormon endorfin yang memiliki efek untuk mengurangi rasa nyeri serta memicu perasaan senang.

Oleh karena itu, saat terasa nyeri haid, cobalah melakukan olehraga ringan seperti jalan-jalan, senam aeorbik, atau melakukan yoga selama 60 menit. Penelitian juga mengungkapkan, bahwa yoga dan aerobik bisa mengurangi kram menstruasi. Terbukti, wanita yang melakukan yoga setiap minggu selama 12 minggu cenderung berkurang rasa nyerinya saat menstruasi.

5. Mengurangi Rasa Stres

Selain beberapa cara di atas, cara lain untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan mengurangi rasa stres. Ya, stres ternyata termasuk salah satu hal yang dapat memperburuk kram. Untuk mengurangi stres, kita bisa melakukan beberapa hobi yang disenangi, misalnya menonton film, meditasi, minum teh hangat, ataupun pergi ke tempat-tempat favorit.

Nah, itulah 5 cara mudah mengatasi nyeri haid yang bisa diterapkan saat kram perut terjadi. Jika beberapa cara tersebut sudah diterapkan, namun masih saja terasa nyeri, bahkan nyerinya cenderung bertambah, silakan untuk periksakan diri ke dokter terdekat.


0 Tanggapan untuk " 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel