Mengenal Mekanisme dan Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap - KangMasroer.Com

Mengenal Mekanisme dan Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap

Mengenal Mekanisme dan Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap
(Image source: https://www.freepik.com/free-photo/asian-pretty-happy-ladies-sisters-chatting-by-mobile-phones_6695872.htm)

Segala macam investasi akan sangat menggiurkan jika Anda melihat dari segi keuntungannya. Seperti Reksadana Pendapatan Tetap yang menawarkan keuntungan seperti bebas pajak sehingga keuntungan yang yang diperoleh bisa lebih maksimal. Keuntungan lainnya adalah bersifat likuid karena waktu pencairannya fleksibel. 

Anda sebagai investor pun bisa mencairkan dana kapan saja ketika dibutuhkan. Selain keuntungannya, Anda perlu tahu apa itu Reksadana serta mekanismenya yang termasuk di dalamnya adalah faktor risiko. Mengetahui mekanisme dan risiko ini mempermudah Anda mencari strategi mengatasinya demi untung maksimal. 

Risiko Reksadana Pendapatan Tetap Lengkap dengan Cara Mengatasinya 

Mengenali apa itu Reksadana adalah kewajiban bagi seorang investor. Secara mekanisme, Reksadana adalah wadah untuk mengumpulkan dana investor. Nantinya dana dikelola oleh Manajer Investasi. Khusus Reksadana Pendapatan Tetap produk investasinya paling besar berada di obligasi yakni 80%. 

Sisa dana akan diinvestasikan pada instrumen investasi lainnya oleh Manajer Investasi. Jangka waktu investasi dari jenis Reksadana ini adalah 1 hingga 3 tahun baru Anda bisa mendapatkan potensi return yang stabil. Dalam mekanismenya juga ada beberapa risiko yang jadi bahan acuan. 

Berikut ini risiko dan cara untuk mengatasinya dengan tepat. 

1. Risiko Wanprestasi 

Semua investor harus tahu bahwa investasinya berisiko terhadap wanprestasi yaitu ketika perusahaan penerbit obligasi mengalami gagal bayar. Risiko ini disebabkan perusahaan yang tidak mengalami keuntungan dan kesulitan membayar hutang berupa pinjaman dari investor.

Risiko ini bisa menimbulkan kerugian berupa pokok investasi yang berkurang dengan bertambahnya waktu. Ada dua cara mengatasi wanprestasi ini yaitu pertama Anda bisa memilih obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Setidaknya perusahaan penerbit dari pemerintah lebih terjamin dibandingkan swasta. 

Kedua Anda juga harus memperhatikan portofolio dari perusahaan penerbit tersebut. Setidaknya dalam beberapa tahun terakhir mereka selalu tidak pernah mengalami gagal bayar ke investor. 

2. Sulit Melakukan Withdraw Bersamaan 

Risiko gagal bayar juga bisa terjadi ketika Anda melakukan penarikan dana dalam jumlah besar atau penarikan bersamaan. Dalam hal ini yang kesulitan untuk mencairkan adalah Manajer Investasi. Risiko ini biasanya bisa terjadi ketika Anda tidak merencanakan dengan baik kapan akan mencairkan dana. 

Cara mengatasinya adalah dengan merencanakan secara matang kapan waktu yang tepat untuk melakukan penarikan dana. Waktu yang tepat tentu saja ketika jatuh tempo sehingga keuntungan dan pokok investasi bisa kembali secara bersamaan. Sebelum jatuh tempo Manajer Investasi pasti sudah mempersiapkan dananya. 

3. Penurunan Harga dari Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Adanya penurunan NAB juga menjadi risiko yang harus dialami oleh para investor. NAB bisa mengalami naik turun karena adanya pergerakan suku bunga acuan Bank Indonesia. Selain itu juga adanya pemeringkatan surat utang. 

Menghindari risiko ini Anda sebagai investor harus lebih jeli dalam mencermati pergerakan suku bunga. Dengan begitu Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli, menjual atau switching Reksadana Pendapatan Tetap.

Mengharapkan keuntungan dari investasi ini, investor wajib memilih aset yang berperingkat baik dalam hal ini adalah surat utang. Selain itu aset juga sebaiknya memiliki likuiditas tinggi. 

Tidak kalah penting adalah mencari perusahaan penyedia Reksadana yang akan memberikan transaksi secara transparansi dan jelas. Cirinya adalah perusahaan akan melaporkan semua informasi mengenai perkembangan aset kepada investor. Apa perusahaan penyedia yang bisa Anda pilih? 

Layanan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures 

Layanan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures
(Image source: https://www.freepik.com/free-photo/enthusiastic-young-asian-woman-pointing-finger-smartphone-screen-showing-advertisement-mobile-phone-white-background_23728419.htm)

Anda yang sudah yakin dengan Reksadana jenis pendapatan tetap bisa memilih perbankan prioritas DBS Treasures yang akan memberikan beberapa kemudahan. Kemudahan yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

1. Aset Investasi Akan Dikelola Profesional 

Usai menentukan produk investasi Reksadana Pendapatan Tetap, Anda bisa menyerahkan pengelolaannya kepada Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures. Manajer Investasi yang ditunjuk sudah profesional dan berpengalaman dalam hal mengoptimalkan kinerja produk. Anda pun bisa merasa tenang menyerahkan pengelolaan kepada ahlinya. 

2. Memperoleh Wawasan Mengenai Investasi 

Anda yang tidak memiliki banyak waktu apalagi menghitung risiko secara detail tidak perlu khawatir. Tim ahli finansial dari DBS Treasures yang andal akan memberikan analisa pasar dan peluang investasi terkini sesuai kebutuhan dan preferensi Anda. Jadi Anda sudah mendapat gambaran mengenai produk mana yang potensial membawa keuntungan. 

3. Menerapkan Sistem Diversifikasi 

Demi mengoptimalkan keuntungan dan mengurangi risiko kerugian, DBS Treasures juga akan menerapkan diversifikasi yaitu penyebaran dana investor ke beberapa jenis aset investasi sekaligus. 

Satu lagi yang diberikan adalah kemudahan dalam bertransaksi, Anda hanya perlu menggunakan satu aplikasi yaitu Aplikasi digibank by DBS. Semua akses seperti proses analisa Reksadana dengan data dari infovesta maupun aktivitas jual, beli serta switching. Semuanya bisa Anda dilakukan dari satu aplikasi saja. 

Tidak ketinggalan, bagi Anda yang merupakan investor baru juga bisa membuat Single Investor Identification dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. Cara registrasinya juga bisa melalui satu aplikasi, jadi tidak perlu berpindah ke aplikasi lainnya. 

Selama berinvestasi selalu pantau terus perkembangan suku bunga bank yang akan memberikan pengaruh besar terhadap Reksadana. Begitu juga produk dengan kinerja terbaik dan hasil analisis Infovesta. 

Siapa saja bisa berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap termasuk Anda yang ingin menjadi nasabah prioritas. DBS Treasures sudah menyediakan fasilitas dan solusi lengkap untuk mempermudah aktivitas investasi Reksadana. Bukan hanya pendapatan tetap tetapi juga jenis Reksadana lainnya. 

Anda juga akan selalu memperoleh strategi manajemen kekayaan yang secara konsisten dikomunikasikan. Keputusan akurat dan tepat dalam menempatkan dana investasi pun akan selalu Anda peroleh. Jadi tunggu apalagi, segera investasi dengan yakin melalui DBS Treasures.


0 Tanggapan untuk "Mengenal Mekanisme dan Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel