5 Cara Mencegah Gangguan pada Sistem Gerak - KangMasroer.Com

5 Cara Mencegah Gangguan pada Sistem Gerak

5 Cara Mencegah Gangguan pada Sistem Gerak
(Image source: pixabay/geniusvv)

Gangguan pada sistem gerak pada umumnya terjadi karena fungsi sistem otot dan sistem rangka atau tulang manusia tidak berjalan sebagaimana mestinya. Agar sistem-sistem gerak tersebut bisa tetap berfungsi secara maksimal, maka perlu diupayakan berbagai cara untuk mencegah gangguan gangguan pada sistem gerak.

Sebagai informasi awal, sistem otot manusia merupakan salah satu elemen penting dalam sistem gerak. Sistem otot manusia sendiri terbagi atas tiga jenis, yaitu otot polos dan otot jantung yang pergerakannya tidak bisa kita atur, serta otot rangka, yaitu otot yang melekat pada susunan tulang di seluruh tubuh yang pergerakannya bisa kita atur.

Fungsi lain dari otot rangka adalah untuk melindungi organ dalam tubuh, khususnya organ yang terdapat di dalam area perut serta menopang berat dari organ-organ tersebut. Sistem rangka ini meliputi berbagai organ, mulai dari tulang, sendi, ligamen, tendon, hingga tulang rawan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gangguan pada sistem gerak pada manusia terjadi ketika fungsi tulang, sendi, ligamen, tendon, dan otot tidak bekerja sebagaimana mestinya. Biasanya, gangguan pada sistem gerak manusia ini bersifat degeneratif. Artinya, gangguan ini menyebabkan berbagai fungsi tubuh mengalami kerusakan secara perlahan namun pasti.

Selain itu, gangguan pada sistem gerak ini biasanya juga dapat menyebabkan rasa sakit serta mengurangi kemampuan kita untuk bergerak. Hal ini tentu akan membatasi kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Agar terhindar dari gangguan pada sistem gerak, maka kita perlu mengupayakan pencegahan sejak dini. nah, berikut ini adalah 5 cara mencegah gangguan pada sistem gerak yang bisa kita lakukan.

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Bergizi

Kelainan dan gangguan pada sistem gerak, baik pada tulang maupun otot sebenarnya bisa dicegah sejak dini, yaitu dengan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan sistem gerak manusia adalah makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan otot, yaitu makanan yang memiliki kandungan kalsium, protein, serta vitamin D. Jika dirasa perlu, kita juga bisa mengonsumsi susu yang memiliki kandungan kalsium, protein, serta vitamin D yang tinggi.

2. Menjaga Metabolisme Tubuh 

Biasanya, seseorang memiliki penyakit asam lambung, metabolisme tubuhnya juga akan terganggu. Jadi, agar kesehatan tulang dan otot tetap terjaga, sebaiknya kita juga membatasi makanan yang dapat memicu asam lambung. 

Misalnya saja, udang, kembang kol, jeroan ayam, dan buncis. Boleh mengonsumsi, tetapi tidak boleh berlebihan.

3. Olahraga Secara Teratur

Cara mencegah gangguan pada sistem gerak yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan rajin berolahraga secara teratur. Denagn berolahraga secara teratur, maka otot-otot tubuh kita menjadi lebih kuat, sehingga akan memberi tekanan pada tulang. Pada akhirnya, tulang pun menjadi lebih padat. 

Olahraga yang teratur juga mampu membuat metabolisme tubuh dan peredaran darah yang mendistribusikan kalsium serta mineral lain yang bermanfaat dalam pembentukan tulang menjadi lebih lancar.

4. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Menjaga berat badan agar tetap idela juga sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan sistem pada gerak. Pasalnya, jika berat badan kita berlebihan, maka tulang dan otot akan bekerja lebih ekstra untuk menopang berat badan. 

Menjaga berat badan agar tetap idela ini bisakita lakukan dengan berbagai cara, misalnya olahraga secara rutin, selalu menjaga pola makan, mengurangi makan makanan yang banyak mengandung lemak, serta selalu istirahat yang cukup.

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari 

Selain beberapa cara di atas, ada juga cara mencegah gangguan pada sistem gerak yang sangat mudah untuk kita lakukan, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari. 

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, sinar matahari mengandung vitamin D yang memiliki fungsi untuk merangsang penyerapan kalsium serta fosfor yang mampu memperkuat tulang. Agar memperoleh vitamin D yang maksimal, kita bisa berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 09.00 pagi.

Nah, itulah 5 cara mencegah gangguan pada sistem gerak yang bisa ita lakukan. Dengan menerapkan 5 cara tersebut, maka tulang dan otot kita pun akan menjadi kuat, sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


0 Tanggapan untuk " 5 Cara Mencegah Gangguan pada Sistem Gerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel