Anak Sekolah di Luar Negeri? Ini Cara Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri - KangMasroer.Com

Anak Sekolah di Luar Negeri? Ini Cara Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri

Anak Sekolah di Luar Negeri? Ini Cara Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri
(Image source: https://www.freepik.com/free-photo/female-students-stand-stairs-hold-books_9295116.htm)

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal pendidikan, sehingga banyak orang tua yang memutuskan untuk mengirim anaknya ke luar negeri untuk menempuh pendidikan yang lebih baik. Ketika anak sekolah atau kuliah di luar negeri, peran orang tua masih dibutuhkan salah satunya dalam hal pembiayaan. Anda harus tahu cara kirim uang ke luar negeri untuk membantu membiayai pendidikan anak di luar. 

Pasalnya saat ini ada banyak pelajar Indonesia yang memilih untuk sekolah atau kuliah di luar negeri. Selain bisa mendapatkan pengalaman luar biasa, kuliah di luar negeri juga dapat membuat anak lebih mandiri, bisa mengeksplorasi kehidupannya serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh UNESCO, pada tahun 2013 ke tahun 2019 telah terjadi pertumbuhan sebesar 21% siswa Indonesia belajar di luar negeri.

Cara Mengirim Uang ke Luar Negeri

Salah satu kendala yang sering ditemui saat anak kuliah di luar negeri yaitu kekurangan biaya kehidupan sehari-hari. Sehingga orang tua bisa membantu anak untuk kirim uang ke luar negeri. Bagi Anda yang belum paham bagaimana cara mengirim uang ke luar negeri, berikut hal yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Menggunakan Western Union

Cara mengirim uang ke luar negeri yang pertama yaitu dengan menggunakan western union. Pasalnya jasa western union merupakan salah satu metode pengiriman uang ke luar negeri yang cukup populer, di mana gerai penyedia jasa transfer ini tersebar di berbagai tempat, mulai dari di minimarket hingga kantor pos.

Adapun cara kirim uang ke luar negeri menggunakan western union cukup sederhana, dimana Anda hanya perlu datang ke outlet dengan logo perusahaan ini sembari membawa identitas yang lengkap. Selain itu, pastikan Anda juga mempunyai data identitas penerima lengkap. Dengan mengirim western union pengiriman tidak wajib mempunyai rekening bank tertentu untuk mentransfer uang ke luar negeri. 

Anda bisa menyerahkan dana yang ingin dikirimkan melalui western union, lalu dalam jangka waktu tertentu (relatif tidak terlalu lama) penerima akan diberikan notifikasi untuk mengambil uang kiriman nya di agen western union terdekat. Kirim uang ke luar negeri melalui western union terdapat biayanya. Ketika transaksinya sedikit seperti dibawah dua juta, maka biaya jasa transaksinya sekitar belasan persen dari yang ditransfer.

2. Transfer Antar Bank

Cara kirim uang ke luar negeri selanjutnya yaitu dengan transfer antar bank. Pasalnya beberapa bank yang ada di Indonesia menyediakan layanan nasabah untuk mentransfer dana ke luar negeri dengan mendatangi teller di kantor cabang terdekat. 

Nasabah yang ingin kirim uang ke luar negeri akan diminta data identitas lengkap dari penerima serta mengeluarkan rekening penerima. Pengirim juga perlu mengetahui SWIFT code dari bank penerima.

3. Melalui Moneygram

Moneygram juga menjadi salah satu cara untuk mengirim uang ke luar negeri. Adapun cara kerja MoneyGram ini hampir sama dengan western union di mana Anda hanya perlu mendatangi gerai atau outlet dengan logo MoneyGram terdekat serta menyertakan identitas pengirim dan identitas penerima dengan lengkap

Setelah Moneygram mendapatkan dana dari pengirim, maka pihak penerima nantinya akan diberitahu untuk mengambil uangnya. Adapun perhitungan biaya jasa menggunakan skema berdasarkan jumlah uang yang dikirim serta negara tujuannya.

4. Menggunakan Saldo Paypal

Cara kirim uang ke luar negeri selanjutnya yaitu dengan menggunakan saldo Paypal. Pasalnya Paypal sendiri merupakan fasilitas yang beroperasi secara virtual untuk menyimpan saldo dari rekening pribadi. Anda bisa mengisi saldo di akun PayPal Anda, lalu mengirim uang ke pengirim melalui aplikasi Paypal miliknya. Nanti si penerima bisa menerima saldo yang Anda kirim lalu dicairkan melalui rekening bank pribadinya.

Dengan kata lain, cara ini mengharuskan si penerima dan pengirim memiliki akun PayPal untuk transfer. Nanti saldo yang masuk ke Paypal bisa dipindahkan ke rekening untuk dicairkan. Adapun syarat untuk mendaftar Paypal yaitu Anda perlu memiliki kartu berlogo Visa atau MasterCard yang divalidasi.

Kirim Uang ke Luar Negeri Lebih Mudah dan Aman di digibank by DBS Saja!

Kirim Uang ke Luar Negeri Lebih Mudah dan Aman di digibank by DBS Saja!
(Image source: https://www.freepik.com/free-photo/female-students-stand-stairs-hold-books_9295116.htm)

Ternyata ada banyak sekali cara mengirim uang ke luar negeri bukan? Bagi Anda yang ingin mengirim uang ke luar negeri dengan mudah dan praktis Anda bisa menggunakan fitur transfer valas di Aplikasi digibank by DBS.

Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan Transfer Valas digibank by DBS, seperti:

1. Akses 24/7 tanpa harus ke cabang

Melalui digibank by DBS Anda bisa transfer kapan saja dan dimana saja selama 24/7 tanpa harus ke cabang atau hanya perlu mengklik Aplikasi digibank by DBS. 

2. Free Biaya Transfer

Hanya melalui Aplikasi digibank by DBS Anda bisa mendapatkan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 tujuan negara dengan 7 mata uang mulai dari GBP, CAD, HKD, EUR, AUD, SGD, USD.

3. FX Rate Terkini

Aplikasi digibank by DBS nilai tukar atau FX rate juga terkini dan kompetitif sehingga transfer menjadi ringan.

4. Sampai di Hari yang Sama

Kirim uang ke luar negeri melalui Aplikasi digibank by DBS tidak membutuhkan waktu yang lama bahkan bisa sampai dihari yang sama dengan syarat sebelum melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Itulah beberapa cara kirim uang ke luar negeri yang bisa Anda ketahui. Ayo gunakan Aplikasi digibank by DBS sekarang juga, dan rasakan segudang manfaatnya!


0 Tanggapan untuk " Anak Sekolah di Luar Negeri? Ini Cara Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel