5 Tempat Wisata Alam di Jakarta Selatan - Kang Masroer

5 Tempat Wisata Alam di Jakarta Selatan

Jika berbicara tentang tempat wisata yang bertema alam, pasti banyak di antara kita yang mengira jika di kota-kota besar tidak memiliki destinasi wisata alam yang menarik. Akan tetapi, siapa sangka kalau ternyata banyak juga lho kota-kota besar yang memiliki destinasi wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Jakarta Selatan.

Selama ini, Jakarta Selatan memang lebih dikenal sebagai salah satu kota penyokong aktivitas ekonomi di ibu kota. Pasalnya, di Jakarta Selatan memang banyak sekali berdiri gedung-gedung tinggi yang digunakan sebagai kantor modern dan pusat perbelanjaan.

Namun, di tengah hiruk-pikuknya ibu kota, ternyata Jakarta Selatan kerap juga dijadikan sebagai pelarian kala liburan tiba. Ya, di tengah gemerlap gedung-gedung yang tinggi, ternyata Jakarta Selatan menyimpan tempat-tempat wisata alam yang mampu mengusir rasa penat siapapun yang mengunjunginya. Penasaran tempat-tempat wisata alam yang ada di jakarta Selatan? Berikut adalah 5 tempat wisata alam di Jakarta Selatan.

Kebun Binatang Ragunan

Dibangun pada tahun 1864, kebun binatang Ragunan merupakan kebun binatang yang tertua di Indonesia. Memiliki luas sekitar 140 hektar, kebon binatang yang beralamat di Jl. Harsono No. 1, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memiliki koleksi aneka satwa yang sangat lengkap, mulai dari harimau, gajah, beruang, jerapah, hingga berbagai macam reptil. 

Kebun Binatang Ragunan
(Image source: wowkeren)

Selain aneka satwa, kebun binatang yang dibuka mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB ini juga memiliki koleksi pepohonan yang rindang. Dijamin, suasana kebun binatang yang asri dan sejuk ini seketika akan menghilangkan rasa penat kita setelah bekerja seharian selama sepekan.

Taman Anggrek Ragunan

Kalian termasuk pecinta anggrek? Jika iya, Taman Anggrek Ragunan ini bak surga yang wajib kamu kunjungi. Pasalnya, di taman anggrek yang dibuka untuk umum sejak tahun 1973 ini terdapat sekitar 5.000 spesies anggrek yang tertata rapi dengan warna-warna cantik. Beberapa spesies anggrek yang ada di sini di antaranya adalah anggrek bulan, anggrek hutan, anggrek ungu, dan berbagai jenis anggrek lainnya.

Taman Anggrek Ragunan
(Image source: alamtani)

Selain menikmati keindahan pemandangan taman bunga anggrek yang luar biasa indahnya, di tempat wisata yang terletak di Kebagusan Raya, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini kalian juga bisa membeli tanaman anggrek yang kalian sukai untuk ditanam di rumah.

Setu Babakan

Terletak di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Setu Babakan menjadi destinasi wisata alam selanjutnya yang recomended untuk kalian kunjungi saat berada di Jakarta Selatan. Setu Babakan merupakan sebuah danau yang luasnya mencapai kurang lebih 30 hektare.

Setu Babakan
(Image source: citraindonesia)

Dengan suasana alam sekitar danau yang masih asri, di tempat ini kalian bisa menikmati keindahan alam sambil mengunjungi pusat perkampungan budaya Betawi dengan berbagai pertunjukannya, seperti tanjidor, tari topeng, lenong, marawis dan gambang kromong. Kalau mengunjungi tempat wisata ini, jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner khas Betawi seperti kerak telor, bir pletok dan soto Betawi ya!

Taman Spathodea

Tempat wisata alam di Jakarta Selatan berikutnya yang bisa kalian kunjungi saat liburan tiba adalah Taman Spathodea yang terletak di Gg. Kriep No.13, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sesuai dengan namanya, di taman ini ditumbuhi oleh banyak bunga Spathodea, bunga berbentuk segitiga kerucut dengan ukuran yang lumayan besar.

Taman Spathodea
(Image source: wartakota.tribunnews)

Terletak di tengah-tengah padatnya pemukiman, ruang terbuka hijau ini menjadi oasis yang cukup menyejukkan di tengah panasnya udara ibu kota. Dengan luas sekitar satu hektar, taman ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk bersantai ria. Mulai dari jogging track dengan panjang kurang lebih 100 meter, taman bermain untuk anak-anak dengan berbagai ayunan, hingga danau kecil.

Taman Tabebuya

Tak jauh beda dengan Taman Spathodea, nama Taman Tabebuya juga berasal dari nama tanaman yang banyak terdapat di area taman. Pohon Tabebuya merupakan pohon dengan bunga berwarna merah muda dan kuning. Saat musim berbunga tiba, pohon yang berasal dari Brasil ini akan tumbuh lebat dan mekar dalam waktu yang cukup lama.

Taman Tabebuya
(Image source: intisari.grid)

Di taman yang terlatak di Jalan Muhammad Kafi No.1, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini, selain bisa berpiknik di ruang terbuka hijau, kalian juga bisa mengisi waktu dengan memberi makan ikan, seperti ikan mas, lele, mujair, dan gabus yang berada di kolam. Aktivitas ini tentu akan membuat pikiran kita menjadi lebih segar.

Nah, itulah rekomendasi 5 tempat wisata alam di Jakarta Selatan. Sebenarnya, masih banyak tempat-tempat wisata lain di Jakarta Selatan yang layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Karena begitu banyaknya, maka kalau kalian ingin menjelajah tempat-tempat wisata yang tersebar di seluruh penjuru Jakarta Selatan, ada baiknya jika kalian tinggal sementara waktu di Jakarta Selatan dengan menyewa sebuah apartemen.

Menyewa apartemen di Jakarta Selatan merupakan pilihan praktis bagi kalian yang ingin menginap di kamar dengan ukuran yang besar dan fasilitas lengkap. Bagi kalian yang ingin menyewa apartemen di Jakarta Selatan, ada banyak sekali apartemen yang bisa dipilih, baik dengan skema sewa apartemen bulanan maupun harian. Selain dekat dengan tempat-tempat wisata di atas, dengan menyewa apartemen, kalian juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang tersebar di seluruh sudut kota Jakarta Selatan. Oh iya, untuk saat ini jika ingin menjelajah tempat-tempat wisata, pastikan kalian mengikuti protokol kesehatan ya!


0 Tanggapan untuk "5 Tempat Wisata Alam di Jakarta Selatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel