Sebelum Menentukan BBM yang Tepat untuk Mobil Anda, Perhatikan Hal Berikut - Kang Masroer

Sebelum Menentukan BBM yang Tepat untuk Mobil Anda, Perhatikan Hal Berikut

BBM yang Tepat untuk Mobil

Seperti halnya manusia yang membutuhkan makanan dan minuman sebagai sumber energi untuk beraktivitas, kendaraan bermotor seperti mobil juga membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan mesinnya.

Mobil memang tak jauh beda dengan manusia. Jika manusia tidak boleh sembarangan dalam makan dan minum, kita juga tidak boleh asal-asalan dalam menentukan BBM mana yang tepat untuk mobilnya. Nah, sebelum menentukan BBM yang tepat untuk mobil Anda, ada baiknya jika Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

Jenis Mesin Mobil

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menentukan BBM yang tepat untuk mobil Anda adalah mengetahui terlebih dahulu jenis mesin yang terpasang di mobil Anda. Sebagaimana kita ketahui, jenis mesin mobil yang umum kita temui di Indonesia sendiri ada dua, yaitu mesin bensin dan mesin diesel.

Pada umumnya, mesin diesel mempunyai kapasitas mesin yang lebih besar jika dibandingkan dengan mesin bensin. Maka tak heran, jika mesin diesel ini biasanya terpasang di kendaraan-kendaraan yang besar seperti bis dan truk. Meskipun, ada juga mobil kecil semacam sport utility vehicle (SUV) yang menggunakan mesin ini.

Selain memiliki titik nyala api yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin, rata-rata mesin diesel juga sudah dilengkapi dengan turbo untuk mendongkrak tenaganya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki mobil bermesin diesel, Anda wajib mengisinya dengan BBM khusus diesel.

Rasio Kompresi Mesin Mobil

Asal tahu saja, setiap mesin kendaraan itu memiliki rasio kompresi yang berbeda-beda. Demikian juga dengan BBM yang memiliki kandungan nilai oktan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita perlu menyesuaikan antara rasio kompresi mesin dengan nilai oktan dari BBM. Cara sangat mudah, Anda tinggal melihat rasio kompresi mobil yang terdapat pada buku manual kendaraan. Atau, kalau buku manualnya sudah tidak ada, Anda bisa mencari informasi rasio kompresi mobil melalui internet.

Sebagai tambahan informasi, rasio kompresi ini merupakan nilai perbandingan antara volume silinder saat piston berada pada titik terendah dengan posisi piston pada titik yang paling tinggi. Semakin tinggi perbandingannya, maka udara yang terkompresi makin banyak. Itu artinya bahan bakar yang terbakar juga semakin banyak.

Nilai Oktan BBM

Hal selanjutnya yang harus Anda ketahui sebelum menentukan BBM yang tepat untuk mobil adalah mengetahu nilai oktan pada BBM. Nilai oktan atau yang sering dikenal sebagai Research Octane Number (RON) adalah nilai yang menunjukkan tingkatan seberapa kuat bahan bakar menerima kompresi kompresi mesin. Semakin tinggi nilai oktan sebuah BBM, maka semakin besar pula tekanan yang dibutuhkan BBM untuk terbakar.

Itulah alasannya, mengapa rasio kompresi juga menentukan kandungan Research Octane Number (RON) dalam bahan bakar minyak yang akan digunakan. Semakin tinggi nilai rasio kompresi, maka sebuah mobil butuh RON yang semakin besar. Pasalnya, jika tidak sesuai maka rentan terjadi penumpukan kerak di ruang bakar, sehingga akan terjadi knocking atau detonasi pada mesin.

Nah, setelah memperhatikan beberapa hal sebelum menentukan BBM yang tepat untuk mobil tersebut, alangkah baiknya jika mulai sekarang Anda mulai BBM sesuai kebutuhan mobil. Hal tersebut perlu dilakukan agar kondisi mesin mobil Anda tetap bisa bekerja secara efisien dan menghasilkan performa yang optimal. Ya, menyesuaikan penggunaan BBM dengan kebutuhan mobil Anda merupakan salah satu bentuk perawatan terhadap mesin mobil itu sendiri.

Jika Anda mempunyai mobil bermesin diesel, sebagai rekomendasisebaiknya Anda menggunakan BBM berkualitas tinggi seperti Pertamina Dex. Pertamina Dex merupakan BBM untuk mesin diesel dengan Cetane Number tertinggi 53, sehingga mampu menjaga kondisi mesin serta meningkatkan tenaga mesin secara maksimal.

Kandungan sulfur yang rendah juga akan menjadikan mesin diesel mobil Anda tidak memiliki endapan yang dapat mengurangi performa kendaraan. Dengan Pertamina Dex, pembakaran BBM di dalam mesin pun jadi lebih sempurna, sehingga kinerja mesin jadi lebih bertenaga dan suara mesin yang dihasilkan terdengar jauh lebih halus. Keunggulan lain dari Pertamina Dex adalah sesuai dengan standar Euro 3, sehingga ramah lingkungan.


0 Tanggapan untuk "Sebelum Menentukan BBM yang Tepat untuk Mobil Anda, Perhatikan Hal Berikut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel