Inilah 5 Peluang Usaha Minim Modal di Tengah Pandemi Global - Kang Masroer

Inilah 5 Peluang Usaha Minim Modal di Tengah Pandemi Global

Usaha Pembuatan Masker Kain
(Image source: pixabay)

Tak bisa dimungkiri, virus Corona Covid-19 yang telah menjadi pandemi global memang nyaris berdampak pada semua lini kehidupan manusia. Tak hanya persoalan kesehatan saja, virus yang konon berasal dari Wuhan ini juga meluluh-lantakkan sektor ekonomi. Ya, selama pandemi ini, banyak sekali pelaku usaha yang harus gulung tikar.

Bahkan tak hanya pelaku UMKM, pelaku usaha yang berskala besar pun ikut terganggu dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Terbukti banyak sekali para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Kondisi semacam ini sudah pasti berdampak pada turunnya penghasilan bulanan masyarakat. Tak heran, banyak di antara mereka yang kemudian ingin memiliki penghasilan tambahan.

Nah, berbicara tentang penghasilan tambahan, salah satu usaha yang paling mudah untuk kita lakukan adalah dengan berjualan. Sayangnya, untuk bisa berjualan, biasanya kita terbentur oleh yang namanya modal. Namun jangan khawatir, Gaes! Ternyata ada beberapa usaha dengan minim modal yang bisa kita jalankan di tengah pandemi global Covid-19 ini lho. Apa saja?

Usaha Pembuatan Masker Kain

Meskipun tidak seefektif masker medis, menurut ahli kesehatan—masker kain cukup bermanfaat untuk meminimalisir penularan virus Covid-19 saat beraktivitas di luar ruangan. Tak ayal, kebutuhan masyarakat akan masker kain semakin hari semakin meningkat. Fenomena tersebut tentu bisa menjadi peluang tersendiri untuk membuka usaha pembuatan masker kain bagi siapapun yang memiliki keterampilan dalam menjahit.

Pembuatan masker kain dengan berbagai model, mulai tie-up yang diikat sendiri, earloop, hingga headloop yang untuk hijab ini tentu sangat menguntungkan untuk dijalankan dengan minim modal. Agar banyak dilirik pembeli, tak ada salahnya jika kita melakukan inovasi dalam pembuatan masker. Sebagai contoh saja, dengan menggunakan beragam warna kain dan motif kain.

Usaha Catering Makanan

Sebagaimana kita tahu, wabah virus Covid-19 ini secara tidak langsung telah membuat sebagian masyarakat kita mulai peduli dalam hal menjaga kesehatan. Termasuk, dalam menjaga pola makan yang lebih sehat. Nah, hal ini tentu menjadi peluang bagi kita untuk membuka usaha catering yang menghadirkan makanan dengan menu sehat dan bergizi.

Usaha catering makanan ini, bisa dibilang modalnya cukup minim, yakni hanya bahan-bahan makanan dan kemampuan memasak yang mumpuni. Agar sukses berbisnis catering makanan ini, sebisa mungkin kita bisa menciptakan keunikan sehingga pembeli akan tertarik dengan makanan yang kita tawarkan. Untuk promosi sendiri bisa dilakukan melalui platform berbasis digital, semisal media sosial.

Jualan Camilan Handmade

Di saat pandemi seperti saat ini, sesuai anjuran pemerintah—aktifitas di luar rumah sangat dibatasi dan sebisa mungkin kita tidak bepergian kemana-mana, kecuali untuk hal yang memang mendesak. Hal ini tentu menjadikan seseorang lebih cenderung menyimpan stok makanan untuk mengurangi aktifitas keluar rumah. 

Sebagai salah satu makanan ringan yang tahan lama, camilan handmade tentu menjadi salah satu peluang usaha dengan minim modal yang bisa dikembangkan di dalam kondisi seperti saat ini. Nah, untuk menambah daya tarik, carilah inovasi baru dalam pembuatan camilan handmade. Misalnya saja, dengan menciptakannya dalam bentuk-bentuk makanan yang unik serta menambahkan bahan-bahan yang bergizi.

Membuat Ramuan Herbal

Hingga saat ini, obat atau vaksin untuk menangkal virus Covid-19 memang belum ditemukan. Namun, sejumlah riset menyebutkan, bahwa dampak buruk virus Covid-19 ini dapat dicegah jika seseorang memiliki sistem imun yang baik. Oleh karena itu, kita juga bisa mencoba untuk membuka usaha ramuan herbal berupa minuman siap saji.

Modalnya cukup terjangkau, karena bahan untuk pembuatan minuman herbal ini sangat mudah didapat dengan harga yang juga terbilang murah. Sebut saja,  kencur, temulawak, kunyit, jahe, dan daun sereh yang bisa didapatkan di sekitar tempat tinggal kita. Degan pemasaran yang baik, usaha minuman herbal tentu akan menjadi usaha yang menjanjikan. Pasalnya, kebutuhan masyarakat untuk menjaga sistem imun di situasi seperti sekarang ini memang sangatlah tinggi.

Jualan Bibit Hidroponik

Selain usaha makanan dan minuman, usaha yang patut untuk dicoba di saat pandemi seperti saat ini adalah jualan bibit tanaman hidroponik. Usaha dengan modal yang relatif kecil, yakni hanya bibit, media tanam, pupuk, dan air ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak, saat ini sebagian besar masyarakat melakukan work from home (WFH), sehingga lebih memiliki banyak waktu luang untuk berkebun.

Selain secara offline, bibit hidroponik ini juga kita pasarkan via online dengan memanfaatkan keberadaan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan berbagai marketplace. Tidak hanya dijual sendiri, kita juga bisa bekerjasama dengan reseller untuk meningkatkan pemasaran.

Nah, itulah 5 peluang usaha minim modal di tengah pandemi global. Jika tertarik untuk membuka usaha tersebut, untuk memulainya tentu kita harus menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Hitunglah terlebih dahulu kira-kira berapa anggaran yang akan dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut, untuk kemudian periksalah apakah jumlah tabungan saat ini memungkinkan untuk melaksanakannya.

Jika masih kurang, namun usaha yang akan dibuka tersebut memang dirasa cukup menguntungkan, kita juga bisa melakukan pinjaman modal usaha. Ya, saat ini banyak sekali lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman dana untuk modal usaha dengan mudah. Salah satunya, adalah PT Bank Amar Indonesia Tbk dengan produknya berupa Tunaiku.

Tunaiku merupakan salah satu situs fintech penyedia kredit tanpa agunan (KTA) yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Selain pengajuan KTA mudah, secara umum beda Tunaiku dengan situs fintech lainnya terletak pada sisi keamanan dan fleksibilitasnya. Berbeda dengan situs fintech lainnnya, Tunaiku berdiri di bawah naungan bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Alhasil, dari segi keamanan data nasabah Tunaiku tentu tak perlu diragukan lagi.

Soal fleksibilitas, Tunaiku juga berbeda dengan fintech lain karena produk digital yang juga berbasis aplikasi mobile ini menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang, yakni hingga 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah. Sedangkan situs fintech lain biasanya memberikan limit kecil dengan tenor yang pendek.

Selain tidak membutuhkan jaminan atau agunan, pinjaman modal usaha di Tunaiku juga tidak membutuhkan NPWP dan kartu kredit. Proses pengajuan KTA-nya benar-benar mudah, karena syaratnya hanya cukup dengan KTP dan rekening bank. Prosesnya juga cukup cepat, karena setelah mengisi formulir pengajuan, sekitar 24 jam kemudian pihak Tunaiku akan mengkonfirmasi status peminjaman untuk kemudian mengirimkan surat kontrak peminjaman. 

Setelah kontrak tersebut ditandatangani, tak lebih dari tiga hari, dana pun akan dicairkan ke rekening. Untuk selanjutnya, kita tinggal membelanjakannya untuk modal usaha. Seberapa pun besar modal usaha, semua orang sebenarnya bisa sukses jika ia mampu mengambil peluang dan memiliki keseriusan serta ketekunan dalam menjalankan usahanya.


0 Tanggapan untuk "Inilah 5 Peluang Usaha Minim Modal di Tengah Pandemi Global"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel