5 Tipe Jam Tangan Masa Kini - KangMasroer.Com

5 Tipe Jam Tangan Masa Kini

5 Tipe Jam Tangan Masa Kini
(Image source: pixabay)

Jam tangan sekarang ini tampaknya tak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu saja. Namun rupanya penggunaan jam tangan di masa kini juga difungsikan sebagai aksesoris tambahan untuk pergelangan tangan. Maka dari itu berbagai macam jenis jam tangan selalu dipilih secara selektif oleh banyak orang. Pemilihan secara selektif dilakukan sebelum membeli produk sehingga nantinya jenis jam tangan yang dipilih bisa tepat dan sesuai selera. 

Tipe Jam Tangan Masa Kini

1. Jam tangan chronograph

Jam tangan berjenis chronograph memiliki perpaduan antara penunjuk wkatu dan juga stopwatch. Jam tangan ini umumnya memiliki tiga tombol di sebelah samping kanan. Untuk tombol paling atas digunakan untuk mengukur detik. Sedangkan untuk tombol tengah digunakan untuk menyetel jam dan menit seperti halnya pada jam tangan biasa. Untuk tombol yang paling bawah biasanya digunakan untuk dapat menghentikan detik yang sedang dinyalakan oleh tombol atas lalu mengembalikannya ke posisi semula. 

2. Jam tangan automatic

Jenis jam tangan yang selanjutnya adalah jenis automatic. Jenis yang satu ini biasanya disebut pula dengan self winding watch atau bisa juga disebut jam tangan mekanik. Jadi jenis ini tidak memerlukan baterai untuk sumber tenaga penggeraknya. Namun saat memakai jam tersebut maka nantinya setiap gerakan si pemakainya bisa menggerakkan komponen yang biasanya disebut dengan istilah rotor. Pada akhirnya rotor ini akan menghasilkan tenaga yang kemudian disalurkan pada per sehingga dapat menyimpan tenaga. Maka jam tangan ini akan tetap bekerja selama digunakan. 

3. Jam tangan analog

Untuk jenis jam tangan yang selanjutnya adalah jam tangan analog yang juga biasa disebut dengan jam tangan standart. Jam tangan berjenis analog ini umumnya memiliki 3 buah jarum penunjuk. Jarum yang panjang menunjukkan bagian menit sedangkan jarum yang pendek menunjukkan bagian jam. Untuk jarum yang tipis menunjukkan bagian detik. Namun terkadang ada pula produk yang hanya memiliki dua jenis jarum saja. Biasanya jenis ini dilengkapi pula dengan adanya tampilan tanggal dan bulan. 

4. Jam tangan digital

Hadir pula jenis lainnya dari jam tangan yaitu jenis digital. Produk yang seperti ini rupanya menggunakan sistem numerisasi atau angka sehingga Anda bisa mendapatkan informasi mengenai waktu yang lebih akurat. Biasanya jenis jam tangan ini juga menggunakan sistem LCD sehingga pada tampilannya ditunjukkan pula hari dan tanggal serta penunjuk bagian waktu siang dan malam. Terkadang ada pula produk yang dilengkapi dengan lampu. 

5. Jam tangan pintar

Yang terakhir adalah jennis jam tangan pintar atau biasa disebut dengan istilah smartwatch. Produk jenis ini rupanya sangat canggiih dan juga paling diminati. Selain itu smartwatch ini merupakan jenis jam tangan yang memiliki fitur hampir sama dengan smartphone. Dengan kecanggihannya maka produk ini bisa digunakan pula untuk melakukan panggilan dan bahkan untuk melakukan browsing ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Jam tangan yang hadir dengan berbagai macam model tipe atau jenis atau varian seperti di atas mungkin sekilas tampak membingungkan. Memilih jam tangan jadi semakin repot karena banyaknya jenis yang hadir. Untuk itu pilihlah produk yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu pilihlah produk yang sekiranya memang sesuai dengan tangan Anda. Mulai dari bentuk dan warna jam tangan hingga sampai ukuran jam tangan yang memang harus disesuaikan dengan penggunanya. 


0 Tanggapan untuk " 5 Tipe Jam Tangan Masa Kini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel