Cara Membuat Tas dari Bungkus Deterjen - KangMasroer.Com

Cara Membuat Tas dari Bungkus Deterjen

Cara Membuat Tas dari Bungkus Deterjen

Pernah nggak sih terlintas di benak kalian sebuah ide untuk menyulap sampah plastik menjadi sesuatu yang unik semisal tas, dompet, atau kerajinan tangan yang lain? Jika pernah, berarti kalian termasuk orang-orang yang kreatif! Ya, banyak sekali jenis sampah plastik bekas yang memang dapat disulap menjadi sebuah kerajinan tangan. Misalnya saja, plastik bekas kopi, bekas wadah minyak goreng, plastik bekas bungkus pembersih lantai, plastik bekas deterjen, dan berbagai plastik bekas bungkus kebutuhan rumah tangga lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat tas dari bungkus deterjen.

Cara membuat tas dari bungkus deterjen sebenarnya tidaklah susah lho, Guys! Cukup dengan menerapkan beberapa langkah saja, kita pun sudah bisa membuat tas dari bungkus deterjen. Akan tetapi sebelum membuat tas dari bungkus deterjen, terlebih dahulu kita harus menyiapkan bahan-bahan serta peralatannya ya!

Alat dan Bahan Membuat Tas dari Bungkus Deterjen

1. Kemasan Plastik Bekas Bungkus Deterjen

Bahan baku utama dari tas bungkus deterjen ini adalah empat kemasan plastik bekas deterjen dengan corak dan warna yang senada. Keempat plastik bekas bungkus deterjen ini nantinya yang dua buah untuk menyusun bagian tas pada sisi depan dan belakang, sementara dua bungkus yang lain digunakan untuk menyusun tas bagian sisi kiri dan kanan.

2. Bisban

Untuk menyusun tas dari bungkus deterjen ini kita membutuhkan biasban bisban dengan lebar 2 cm dan panjang 1 m. Oh iya, bisban atau yang biasa disebut sebagai kain serong ini fungsinya sebagai pita yang digunakan untuk menutup pinggiran kain agar kelihatan rapi. Agar lebih mudah, kalian bisa menggunakan bisban komersial, yaitu bisban yang sudah siap pasang.

3. Perekat

Agar mudah saat menutup tas, kita juga membutuhkan perekat dengan panjang sekitar 4cm.

4. Renda katun

Renda katun dengan panjang sekitar 30 cm juga kita butuhkan untuk menambah kesan cantik pada tas. Tapi kalau tika tidak ada renda katun, kalian juga bisa kok menggunkan renda jenis lain.

5. Jarum dan Benang Jahit

Untuk menjahit tas dari bungkus deterjen ini kita bisa menggunakan gunakan jarum dengan ukuran 16 cm. Adapun untuk benangnya, kita bisa menggunakan benang yang warnanya sama dengan warna plastik bungkus deterjen, sehingga tasnya akan terlihat rapi.

6. Kain Beludru

Kain beludru yang kita butuhkan kurang lebih 1 m, yang nantinya kita gunakan sebagai pelapis tas bagian dalam agar tas lebih bersih dan rapi. Jika tidak menemukan kain beludru, kalian juga bisa menggantinya dengan kain jenis lainnya. Setelah semua bahan dan peralatannya sudah siap, kita pun tinggal melakukan beberapa langkah berikut ini.

Cara Membuat Tas dari Bungkus Deterjen

1. Bersihkan bungkus deterjen dari kotoran. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan kertas tisu ataupun lap yang bersih. Namun jika ada noda yang memang sulit untuk dibersihkan, kita bisa merendam bungkus deterjen tersebut di dalam air hangat terlebih dahulu baru kemudian membersihkannya menggunakan kertas tisu ataupun lap.

2. Potong dua buah bungkus deterjen serta bahan kain beludru atau kain jenis lainnya yang akan kita gunakan sebagai pelapis tas bagian dalam menggunakan gunting sesuai dengan ukuran tas yang akan buat.

3. Setelah bungkus deterjen untuk bagian sisi depan dan belakang sudah terpotong, lanjutkan dengan memotong bungkus deterjen untuk sisi kanan dan kiri dengan lebar masing-masing sekitar 7cm. Setelah itu, jahitlah bisban pada sisi lebar masing-masing bungkus deterjen yang sudah dipotong.

4. Pasang dan jahitlah perekat pada bagian dalam pada masing-masing sisi depan dan belakang. Untuk pemasangannya, kalian bisa menggunakan mesin jahit.

5. Setelah perekat terpasang, tambahkanlah tali tas pada bagian sisi depan dan belakang. Tali tas ini juga bisa menggunakan bisban dengan 3 cm.

6. Setelah itu, pasang dan jahitlah renda katun atau renda lainnya yang kalian siapkan, kemudian pasanglah bisban pada sisi atas lembar bungkus deterjen untuk bagian sisi depan dan belakang.

7. Sambungkanlah kedua bungkus deterjen tersebut, sehingga membentuk lembaran panjang.

8. Sambunglah bagian tas sisi kiri dan kanan dengan bagian tas sisi depan den belakang dengan mesin jahit.

9. Langkah terakhir, pasanglah bisban pada bagian tepinya.

Nah, itulah cara membuat tas dari bungkus deterjen. Cukup mudah unruk dipraktikkan, bukan?


0 Tanggapan untuk "Cara Membuat Tas dari Bungkus Deterjen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel